Sponsors Link

15 Tanaman Penyubur Rambut Kepala Secara Alami

Rambut selalu menjadi bagian yang penting dalam penampilan seseorang, sehingga semua orang akan berupaya dengan baik untuk merawatnya dengan maksimal. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, mengapa sebagian wanita begitu senang menghabiskan waktu mereka di salon. Merawat rambut dan membuatnya terlihat lebih menawan, kedua hal ini tentu menjadi tujuan terbanyak saat mengunjungi salon-salon kecantikan. Hal ini biasanya akan dilakukan untuk menghindari masalah rambut yang kerap terjadi.

ads

Pada dasarnya, ada banyak cara merawat rambut yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, tanpa harus mendatangi salon kecantikan dan mengeluarkan biaya perawatan yang besar di sana. Cara merawat rambut Rusak dan membuatnya menjadi subur ini bahkan bisa saja dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan, sehingga tidak akan menyulitkan kamu untuk melakukannya pada rambutmu yang bermasalah. Daripada menghabiskan dana yang besar di salon, akan jauh lebih tepat jika kamu melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan penyubur rambut yang alami.

Baca juga:

Berikut ini adalah 15 jenis tanaman rambut yang bisa kamu andalkan untuk menyuburkan rambutmu:

1. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini menjadi salah satu tanaman penyubur rambut yang paling populer dan banyak digunakan. Sejak puluhan tahun yang lalu, lidah buaya dipercaya dapat menyuburkan rambut dan membuatnya lebih sehat dari sebelumnya. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam lidah buaya, dapat membantu rambut tumbuh sehat dan lebat. (Baca juga: cara membuat rambut bergelombang)

2. Zaitun

Siapapun akan setuju jika dikatakan bahwa tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi kesehatan rambutmu juga. Zaitun yang diolah menjadi minyak, bukan hanya bisa menyedapkan makanan saja, namun sangat ampuh untuk menyuburkan rambut juga. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan serta vitamin E yang sangat tinggi, sehingga bisa membuat rambut menjadi tumbuh sehat dan subur.

3. Kelapa

Setiap bagian dari tanaman ini akan memiliki manfaat yang sangat baik. Selain minyak kelapa, santan kelapa murni juga menjadi cairan yang kaya akan vitamin dan nutrisi bermanfaat bagi rambut. Santan kelapa murni akan membuat rambut tumbuh lebih sehat, hitam dan subur. Cairan kental ini juga akan membantu rambut untuk tumbuh dengan lembut dan lebih lentur dari biasanya.

Baca juga:

4. Seledri

Sponsors Link

Tanaman hijau yang lembut ini juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi rambut. Seledri yang telah dihaluskan dan diterapkan pada rambut, dapat membantu rambut menjadi tumbuh subur dan lebat. Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin yang tinggi, sehingga akan bisa membuat rambut lebih sehat dan tumbuh subur. (Baca juga: Cara mewarnai rambut)

5. Kacang-kacangan

Bukan hanya berupa pengobatan dari luar saja, rambut subur juga bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat dari dalam. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kamu makan dan membuat rambutmu lebih subur, antara lain: mete, almond, kacang tanah, kedelai dan beberapa jenis kacang lainnya. Protein alami di dalam kacang, akan membantu rambutmu tumbuh sehat dan subur sepanjang waktu.

6. Pisang

Bukan hanya lezat buahnya saja, namun tanaman yang satu ini juga bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Air yang terkandung dalam umbi batang pisang mengandung mineral alami yang berguna bagi rambutmu. Gunakan air umbi ini untuk menyuburkan rambutmu secara alami, yakni dengan cara menggunakannya untuk membasuh rambut tersebut. (baca juga: Cara Meluruskan Rambut Keriting)

7. Teh Hijau

ads

Selain nikmat untuk diminum, tanaman yang satu ini juga bisa digunakan untuk menyburkan rambut kamu. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga bisa mengatasi masalah rambut dan membantu rambut tumbuh dengan subur dan lebat. Gunakan air seduhan teh hijau yang telah diendapkan selama semalam pada rambut, dan rasakan khasiatnya pada rambutmu.

8. Daun Pandan

Tanaman penyubur rambut bukan hanya wangi dan bisa membuat masakan menjadi terasa lebih sedap dengan aroma yang menggoda, daun pandan juga bisa menyuburkan rambutmu. Air perasan daun pandan akan membuat rambutmu lebih sehat dan lebat dari sebelumnya, terutama jika kamu menggunakannya secara teratur pada rambutmu. (baca juga: Cara Menghilangkan Rambut Uban)

9. Kemiri

Buah kemiri juga bisa membantu untuk menyburkan rambut dan membuatnya tampak lebih berkilau dan sehat. Olah buah kemiri menjadi minyak dan terapkan pada rambut sebagai cem-ceman sebelum keramas. Minyak kemiri ini akan membuat rambut lebih hitam dan subur, sehingga mudah diatur dan terasa lebih lentur.

Baca juga:

10. Mengkudu

Meski aromanya tidak begitu menyenangkan, namun tanaman mengkudu bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Mengkudu yang dilumatkan bisa digunakan sebagai masker rambut sebelum kamu mencuci rambutmu. Masker ini akan membuat rambut lebih subur dan lebat, sehingga rambut menjadi sehat dan mudah diatur. (baca juga: Cara Menebalkan Rambut)

11. Daun Mangkokan

Daun mangkokan memiliki kandungan protein, lemak, serta vitamin yang lengkap untuk membantu menyehatkan rambut. Tanaman yang satu ini akan menyburkan rambut dan mengatasi masalah rambut tipis yang cukup mengganggu penampilan. Gunakan dengan teratur air perasan daun mengkokan, agar rambut tumbuh subur dan sehat.

12. Daun Babe Rawit

Tanaman yang satu ini juga bisa digunakan sebagai penyubur rambut, terutama bagi kamu yang mengalami masala rambut tipis. Gunakan segenggam daun cabe rawit, pilihlah hanya bagian pucuknya saja. Haluskan / remas dengan menggunakan sedikit air bersih, lalu terapkan pada rambut sebelum keramas. Tanaman ini akan membantu kamu mendapatkan rambut yang subur dan lebat. (Baca juga: Cara bleaching rambut)

13. Klerak / Lerak

Sponsors Link

Tanaman penyubur rambut yaitu tanaman lerak atau yang juga dikenal dengan naman klerak ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi rambut. Kamu bisa menggunakan air biji lerak yang direndam dengan menggunakan air panas untuk keramas. Air rendaman ini akan membuat rambut kemu lebih sehat dan tumbuh subur.

14. Urang-Aring

Tanaman yang banyak tumbuh liar ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat rambut kamu lebih subur dan tumbuh dengan hitam berkilau. Urang-aring memberikan nutrisi yang baik bagi rambut, terutama jika kamu mengunakannya secara teratur pada rambutmu. Endapkan terlebih dahulu urang-aring sebelum digunakan untuk keramas, agar nutrisinya meresap pada air endapan dengan baik dan maksimal.

15. Sayuran yang Mengandung Vitamin E dan Antioksidan

Selain berbagai jenis tanaman di atas, ada banyak jenis sayuran yang bisa membantu untuk menyuburkan rambutmu, seperti: bayam, brokoli, sawi, asparagus, dan yang lainnya. Sayuran yang mengandung vitamin E dan antioksidan yang tinggi ini sangat tepat untuk kamu konsumsi, sebab sayuran ini bisa menyuburkan rambutmu dengan maksimal. Jika selama ini kamu termasuk orang yang malas makan sayur, maka ada baiknya kamu mulai mengubah kebiasaan tersebut mulai sekarang, agar rambutmu tumbuh sehat dan subur.

Untuk mendapatkan rambut sehat, kamu tidak harus selalu ke salon, sebab ada banyak langkah mudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Rawat rambutmu dengan menggunakan berbagai tanaman alami, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan subur. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin, antioksidan dan juga protein alami yang sehat, sebab semua zat ini bisa menyuburkan rambutmu.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 09:34 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut