Sponsors Link

4 Suhu Yang Baik Untuk Mencatok Rambut Berdasarkan Jenis Rambut

Keindahan rambut merupakan dambaan setiap wanita. Sebab, rambut merupakan mahkota yang sangat berharga. Hal tersebut dikarenakan penampilan rambut seseorang dapat memberikan image pada orang lain. Contohnya, rambut yang lurus, mengkilap, dan juga terlihat menawan dapat menggambarkan aura positif serta kesan elegan pada orang lain. Maka dari itu tidaklah mengherankan jika banyak wanita yang berondong-bondong pergi ke salon kecantikan hanya untuk melakukan perawatan rambut saja.

ads

Sedangkan bagi wanita yang anggarannya tidak cukup untuk pergi ke salon, mereka lebih memilih untuk melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut. Contohnya seperti shampo, kondisioner, vitamin, dan bahkan sampai menggunakan alat catok rambut. Berbicara mengenai alat catok rambut, untuk Anda yang masih baru-baru ini menggunakan alat catok rambut, ada baiknya untuk lebih diperhatikan. Seperti yang kita tahu bahwa sistem catok rambut adalah menggunakan suhu dalam mengaur rambutnya.

Dengan mengatur suhu pada alat catok, Anda dapat mengubah tatanan rambut sesuai dengan keinginan. Contohnya saja cara memblow rambut dengan catokan, cara curly rambut pendek dengan catok, cara membuat rambut curly dengan catok, dan berbagai manfaat lainnya. Akan tetapi, banyak wanita yang tidak terlalu mengerti sistem suhu yang ada pada alat catok. Padahal bahaya sering mencatok rambut dengan suhu yang tidak pas dapat mengintai rambut Anda. Salah satu contohnya adalah rambut keriting setelah dicatok. Itupun belum dilakukan perawatan rambut sebelum dicatok yang mengakibatkan terjadinya masalah rambut. Oleh karena itu, agar Anda dapat maksimal dalam menggunakan fungsi alat catok,  berikut ini adalah 4 suhu terbaik dalam mencatok rambut berdasarkan jenis rambutnya.

  • Suhu 180 Derajat Celcius Untuk Rambut Yang Belum Di Catok

Untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan alat catok ini, maka suhu ideal yang digunakan adalah 180 derajat celcius. Suhu ini sangat cocok untuk rambut yang belum pernah sama sekali dilakukan catok rambut. Dengan menggunakan suhu tersebut perlu dilakukan maksimal satu hingga dua kali catokan dalam sekali digunakan. Dengan begitu, rambut Anda akan terhindar dari rambut kering maupun kerusakan rambut lainnya.

  • Suhu 160 Sampai 170 Derajat Celcius Untuk Rambut Yang Pernah Dicatok

Untuk Anda yang sebelumnya pernah dilakukan catok rambut dan sekarang ingin melakukan catok rambut untuk yang kedua kalinya, maka suhu yang tepat digunakan adalah dari 160 sampai 170 derajat celcius. Jangan meninggikan atau menurunkan suhu yang sudah ditetapkan. Sebab, jika Anda menggunakan suhu yang lebih dari itu, maka rambut justru akan mengalami kekeringan. Bahkan, hal terburuk lainnya adalah dapat membuat rambut menjadi patah dan rusak. Sebaliknya, jika suhu yang digunakan kurang dari suhu yang ditetapkan, maka rambut pun akan sulit dilakukan pencatokan. Akibatnya rambut akan sulit diatur sesuai dengan keinginan karena pengaturan suhu yang tidak sesuai.

  • Suhu 200-220 Derajat Celcius Untuk Rambut Tipis

Selain berdasarkan pernah atau tidaknya menggunakan alat catok, hal selanjutnya yang diperhatikan adalah jenis rambut Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis rambut setiap manusia itu berbeda-beda. Ada jenis rambut yang sangat tipis dan lembut dan ada juga jenis rambut yang sangat tebal maupun kasar. Untuk jenis rambut yang bertipe tipis dan lembut, maka suhu yang cocok digunakan saat mencatok rambut adalah 200-220 derajat Celcius. Sama halnya dengan poin sebelumnya, jika suhunya kurang dari suhu yang ditetapkan, maka proses pencatokan tidak akan sesuai dengan keinginan. Sebaliknya, jika suhu yang digunakan lebih dari suhu yang ditetapkan maka rambut akan mendapatkan panas yang berlebihan. Akibatnya rambut akan mengalami kekeringan hingga mencapai kerusakan yang parah pada rambut.

  • Suhu 220 Hingga 240 Derajat Celcius Untuk Rambut Tebal Dan Kasar

Jika sebelumnya untuk rambut tipis, maka sekarang ditujukan untuk rambut tebal dan kasar. Karena jenis rambutnya kasar dan tebal, otomatis suhu yang digunakan pun jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Sama halnya dengan beberapa poin sebelumnya, jika menggunakan suhu yang kurang dari yang sudah ditetapkan, maka rambut akan mengalami kesulitan untuk dilakukan pencatokan. Sebaliknya jika menggunakan suhu yang jauh lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan, maka rambut akan mengalami kepanasan yang berlebihan. Akibatnya, rambut akan mengalami masalah rambut yang lebih parah. Contohnya seperti rambut rontok, rambut patah, hingga rambut kering.

Itulah 4 suhu yang baik untuk mencatok rambut berdasarkan jenis rambut. Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya bahwa pada saat Anda menggunakan alat catok rambut namun hasilnya tidak sesuai dengan keinginan, maka hal tersebut bukan sepenuhnya salah alat catok. Bisa jadi Anda sendiri yang belum mengetahui pengaturan suhu yang pas untuk rambut Anda. Meskipun begitu, memang kualitas alat catok pun harus diperhatikan oleh Anda.

Sebab, meskipun Anda sudah mengatur suhu sesuai dengan jenis rambut, namun kualitas alatnya sendiri jelek, tetap saja tidak akan maksimal. Oleh sebab itu, Anda perlu membaca referensi mengenai tips memilih catok rambut yang bagus dan cocok bagi rambut anda. Janganlah hanya tergiur dengan harganya yang murah saja. perhatikan juga dengan merk yang digunakan, testimoni pelanggan (jika ada), serta fungsi pengaturan suhu yang digunakan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

, , , ,