Sponsors Link

Sakit Kepala dan Rambut Rontok: Penyebab dan Penanganannya

Rambut sangat erat kaitannya dengan kepala karena rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang terdapat pada area kepala manusia. Kerap kali manusia tidak selalu merasa sehat entah pada bagian tertentu yang berbeda beda setiap orangnya. Kali ini masalah yang seringkali dialami oleh seseorang adalah sakit kepala. Ya sakit yang satu ini dialami hampir sebagian besar orang dan merupakan penyakit yang umum dialami setiap orang.

ads

Sakit kepala juga ada berbagai macam mulai dari sakit  kepala tegang, sakit di belakang mata, sakit kepala belakang atau leher, migrain dan sakit kepala cluster. Sakit kepala tegang merupakan sakit kepala yang paling sering dialami. Dan bukan merupakan penyakit kepala yang serius kondisioner untuk rambut berminyak. Sakit kepala tegang dapat diatasi dengan obat sakit kepala yang bisa kita beli di apotik atau dapat diatasi dengan pereda sakit atau obat sejenis painkiller.

Penyebab Sakit Kepala dan Rambut Rontok

Sakit kepala yang kita alami juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok hal itu karena keadaan yang dialami dalam kepala kita serta kondisi kesehatan yang juga akan mempengaruhi hormon yang ada dalam kulit kepala sehingga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Namun tidak semua jenis sakit kepala dapat mempengaruhi kerontokan pada rambut. Kerontokan pada rambut akibat sakit kepala bisa terjadi pada sakit kepala migrain sampai sakit kepala cluster. Penyebab kerontokan akibat sakit kepala ini ada beberapa yang diantaranya adalah

  1. Sakit kepala akan mempengaruhi hormon yang ada pada kulit kepala
  2. Stress yang dialami juga dapat mempengaruhi kerontokan
  3. Terlalu sering keramas dan menyisir rambut
  4. Mengikat rambut terlalu kencang
  5. Obat yang dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala bisa jadi memberikan efek samping salah satunya adalah kerontokan rambut

Penanganan Sakit Kepala dan Rambut Rontok

Untuk mencegah kerontokan tersebut tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah datu yang harus diperhatikan adalah perawatan terhadap sakit kepala dan kerontokan tersebut. Karena apabila kita salah dalam melakukan perawatan bisa jadi keadaan kerontokan yang kita alami akibat sakit kepala juga akan tetap rontok meskipun sakit kepala kita sudah sembuh mewarnai rambut dengan wortel. Untuk itu beberapa hal dibawah ini merupakan perawatan yang tepat untuk merawat rambut rontok akibat sakit kepala:

  • Kurangi faktor penyebab stress

Stress merupakan salah satu penyebab adanya kerontokan  bagirambut serta penyebab sakit kepala. Faktor stress yang dialami setiap orang akan berbeda beda. Untuk itu kenali diri kita sendiri seminimal mungkin hindari stress karna itu akan berpengaruh pada kesehatan dan berpengaruh juga pada rambut serta bagian tubuh lainnya.

  • Konsultasikan obat sakit kepala tanpa efek samping kerontokan

Obat sakit kepala yang kita konsumsi untuk meredakan sakit kepala terkadang ada yang memiliki efek samping. Efek samping yang dimaksud salah satunya adalah kerontokan. Untuk menhindari kerontokan akibat efek samping konsumsi obat untuk sakit kepala sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai obat tersebut. Dan apabila memungkinkan mintalah saran kepada dokter untuk memberikan obat tanpa efek samping.

  • Menjaga pola makan

Dengan menjaga pola makan kita tetap teratur maka kesehatan kita juga akan tetap terjaga. Selain itu dengan menjaga pola makan tetap teratur masalah sakit kepala dan juga masalah kerontokan rambut akan berkurang. Karena asupan gizi yang cukup akan kita dapatkan dengan menjaga pola makan kita khasiat daun kari untuk rambut. Dengan itu maka sakit kepala dan juga masalah kerontokan akibat sakit kepala akan teratasi.

  • Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas saat kepala sakit justru akan semakin memperparah keadaan kita. Dan dengan keramas terlalu sering juga akan mempengaruhi kerontokan rambut. Pada kondisi normal saja kita tidak disarankan untuk keramas terlalu sering. Apalagi ditambah dengan keadaan kita yang sedang tidak sehat, dokter juga tidak menyarankan hal tersebut karena akan memperparah sakit kepala yang kita alami.

Sponsors Link

  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Kebiasaaan mengikat rambut akan membuat rambut gampang patah dan apabila hal itu sering dilakukan tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah kerontokan pada rambut. Selain itu dengan keadaan sakit kepala yang sudah menimbulkan kerontokan, dengan mengikat rambut terlalu kencang kepala kita justru akan terasa semakin sakit shampo untuk rambut berminyak. Apabila kita menghindari rambut kusut atau rambut terurai kita mengganggu saat kita sakit kepala cukup gunakan jepit atau ikat rambut namun jangan mengikat rambut terlalu kencang.

  • Berikan pelembab untuk rambut

Memberikan pelembab untuk rambut saat kita sakit kepala akan membantu merawat rambut kita agar tidak gampang kusut. Selain itu memberikan pelembab akan mencegah rambut tidak rontok berlebihan. Dengan memakai pelembab juga akan membantu karena kita tidak disarankan terlalu sering mencuci rambut. Untuk itu pemakaian pelembab akan menjadi solusi yang tepat untuk menghindari rambut rontok berlebihan karena sakit kepala.

Itu dia beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam hal perawatan rambut rontok dan sakit kepala. Kerontokan karena sakit kepala dapat kita minimalisir dengan perawatan yang benar buah buahan untuk penumbuh rambut. Dan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat sangat penting untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi dan juga pengaruh apa yang kita pikirkan. Sekian dan semoga bermanfaat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut