Sponsors Link

Rambut Tumbuh Setelah Smoothing: Penyebab dan Penanganannya

Siapa wanita yang tidak ingin memiliki rambut yang lurus, lembut dan bercahaya. Semuanya mungkin menginginkan hal tersebut atau jika pun tidak hanya sebagian kecil saja yang tidak menyukai tipe rambut seperti itu. Memang rambut lurus masih menjadi perhatian lebih untuk sebagian besar masyarakat kita. Namun karena tidak semua orang memiliki rambut lurus seperti yang mereka inginkan banyak diantara mereka yang menggunakan perawatan rambut untuk menjadikan rambut mereka lurus.

ads

Pilihan perawatan yang diberikan sangat beragam mulai dari obat yang dapat diminum, krim untuk dioles pada rambut serta perawatan umum yang dilakukan disalon seperti smoothing dan cara mengatasi rambut rontok dengan santan. Ya smoothing merupakan salah satu pilihan untuk dapat meluruskan rambut kita. Dengan smoothing kita bisa mendapatkan rambut yang lurus dalam waktu singkat dan dapat bertahan lama. Perawatan smoothing ini hanya bisa dilakukan di salon dan tentunya untuk mendapatkan perawatan tersebut kita harus merogoh kocek yang tidak sedikit, namun jangan heran karena uang yang kita keluarkan akan sebanding dengan hasil yang diberikan.

Penyebab Rambut Tumbuh

Perawatan smoothing ini rata-rata menghabiskan waktu sekitar 3-7 jam tergantung salon yang menanganinya. Proses smoothing biasanya akan dimulai dengan membersihkan rambut dan memberikan obat smoothing lalu mencatoknya untuk memberikan struktur rambut yang baru. Dengan hasilnya yang tidak bisa diragukan, smoothing nyatanya memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah dapat membuat rambut tumbuh. Bagaimana keadaan tersebut bisa terjadi, berikut penjelasannya:

  • Obat smoothing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam proses smoothing kita akan diberikan obat untuk dapat mempertahankan rambut lurus dari proses smoothing bertahan lama selain itu penggunaan obat smoothing ini juga bertujuan untuk dapat mempermudah perubahan struktur rambut. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan obat ini kurang baik untuk kesehatan rambut dan merupakan salah satu alasan mengapa smoothing dapat menjadikan rambut tumbuh dan mengalami rambut berminyak setelah keramas. Yaitu karena obat smoothing yang kebanyakan mengandung bahan kimia akan masuk ke dalam struktur bahkan akar rambut. Dengan adanya hal tersebut dapat memungkinkan rambut kita mengalami masalah salah satunya masalah rambut tumbuh.

  • Alat styling

Penggunann alat styling dengan suhu yang terlalu panas juga dapat menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut tumbuh. Rambut tumbuh akibat proses styling ini dapat terjadi karena suhu yang panas akan menyebabkan struktur rambut berubah begitupun suhu ini akan masuk ke dalam rambut sehingga akar rambut pun ikut terpengaruh dengan adanya ini. Oleh karena itu hendaknya sesuaikan suhu saat styling pada smoothing kalian juga wajib tahu cara mengatasi rambut berminyak.

  • Produk pendukung

Produk seperti shampoo juga menjadi pengaruh untuk menjadikan rambut kita tumbuh jika kita tidak memperhatikan pemilihan shampoo setelah proses smoothing. Setelah proses smoothing rambut kita akan berubah struktur rambutnya, oleh karena itu kita membutuhkan produk perawatan rambut yang dapat menyesuaikan dengan keadaan tersebut.

  • Tahapan proses

Tahapan dalam proses smoothing juga harus diperhatikan. Terkadang kita langsung keramas setelah melakukan proses smoothing yang sebenaranya hal tersebut kurang tepat. Mencuci rambut dengan segera setelah melakukan proses smoothing justru akan merusak rambut kita.


Karena proses tersebut sebenarnya ditujukan agar rambut kita terbiasa dengan struktur baru dari rambut kita. Nah dengan mencuci yang terlalu cepat proses penyesuaian tersebut akan tidak maksimal sehingga dapat menyebabkan kerusakan rambut salah satunya masalah rambut tumbuh.

  • Obat dibiarkan terlalu lama

Obat smoothing yang digunakan biasanya akan didiamkan selama kurang lebih 15-30 menit dengan tujuan agar obat smoothing ini meresap ke dalam rambut. Dalam paduan penggunaan obat smoothing memang dijelaskan bahwa harus didiamkan, namun usahakan jangan mendiamkan obat smoothing terlalu lama cukup diamkan selama yang di instruksikan.

Karena apabila obat smoothing didiamkan terlalu lama maka bahan kimia yang ada pada obat tersebut juga akan meresap terlalu lama dan jauh sehingga dapat menuju ke akar rambut karena akibat terlalu sering keramas. Dengan adanya hal tersebut hormon pertumbuhan rambut juag akan berpengaruh dan masalah rambut tumbuh bisa saja terjadi.


Penanganan Rambut Tumbuh

Meskipun smoothing saat ini sangat digemari bagi berbagai kalangan sepertinya dengan alasan diatas kita perlu sedikit waspada dan memperhatikan perawatan rambut kita setelah proses smoothing. Dengan adanya beberapa hal diatas yang dapat menyebabkan rambut tumbuh bukan berati kita tidak boleh melakukan proses smoothing yang sebenarnya dapat diatasi dengan perawatan yang tepat seperti tanda-tanda rambut rontok berlebihan. Berikut perawatan yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko rambut tumbuh setelah proses smoothing.

  1. Tidak terlalu sering melakukan proses smoothing
  2. Jarak untuk smoothing selanjutnya agar diperhatikan, sebaiknya 8-14 bulan kemudian.
  3. Pemilihan produk yang tepat
  4. Gunakan kondisoner setelah keramas
  5. Hindari terlalu sering menggunakan hair dryer dan alat catok rambut
  6. Tidak terburu untuk mencuci rambut setelah proses smoothing, diamkan rambut 3-5 hari baru kemudian cuci rambut seperti biasa
  7. Suhu alat styling harus disesuaikan dengan keadaan rambut kita
  8. Menggunakan vitamin dan masker rambut

Nah itu dia beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk dapat merawat dan mengurangi kerusakan rambut dan masalah rambut tumbuh setelah melakukan proses smoothing ciri ciri rambut rusak parah. Semoga membantu.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tips Rambut