Sponsors Link

Rambut Susah Kering Setelah Keramas: Penyebab, Solusi Penanganannya

Penyebab rambut susah kering setelah keramas ada bermacam-macam, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam. Faktor dari luar misalkan karena anda tidak mengeringkan rambut anda dengan benar sehingga rambut anda susah kering.

ads

Sedangkan faktor dari dalam misalnya anda tergolong orang yang memiliki kelenjar minyak dikulit kepala yang berlebihan atau anda memiliki banyak kadar hormon androgen yang memicu kulit untuk memproduksi minyak di kepala anda sehingga ini yang menjadi penyebab rambut susah kering setelah keramas. Berikut ini ada beberapa penyebab rambut susah kering setelah keramas:

  1. Tidak Mengeringkan Rambut Sampai Tuntas

Seringkali anda yang sibuk dengan berbagai macam aktifitas membuat waktu anda tidak cukup lagi untuk mengeringkan rambut anda setelah anda berkeramas sehingga rambut anda belum kering sempurna saat anda beraktifitas. Ini merupakan salah satu penyebab rambut susah kering setelah keramas. Oleh karena itu ada baiknya anda memperhatikan bagaimana cara mengeringkan rambut yang benar dan tuntas sehingga rambut anda tidak susah kering.

  1. Mengikat/Menggulung Rambut Dalam Keadaan Basah

Bagi anda yang memiliki masalah rambut kering dan mengembang biasanya anda mengikat rambut anda agar rambut anda tidak mengembang, namun jika anda mengikat ataupun menggulung rambut anda setelah anda keramas dan rambut anda masih dalam keadaan basah ini sangat berbahaya dan ada perlu mengetahui akibat mengikat rambut basah bagi kondisi kesehatan anda.

  1. Rambut Berminyak

Anda yang memiliki jenis rambut berminyak, biasanya rambut anda susah kering setelah keramas, hal ini terjadi karena rambut anda tidak bisa menyerap air dengan baik karena terhalang oleh kandungan minyak rambut anda, dan inilah penyebab rambut susah kering setelah keramas. Ada baiknya anda juga mempelajari cara mengatasi kulit kepala berminyak secara alami agar anda dapat mengatasi masalah rambut berminyak anda ataupun ada bisa mencari tahu penyebab rambut berminyak agar anda mengetahui solusi apa yang tepat untuk anda.

  1. Stress

Tingkat stress anda ternyata berpengaruh juga pada masalah kulit kepala anda, karena biasanya saat anda stress maka anda pasti akan berkeringat lebih banyak dibandingkan biasanya, tubuh kita akan mengeluarkan cairan berlebih selain itu juga stress memicu beberapa hormon dalam tubuh anda dan salah satunya hormon yang memicu produksi minyak pada rambut anda.

Dan inilah yang menjadi penyebab rambut susah kering setelah keramas karena minyak menghambat penyerapan air pada rambut anda ditambah tubuh anda mengeluarkan cairan/keringat berlebih saat anda stress. Oleh karena itu ada baiknya anda mencegah dan belajar untuk mengontrol emosi anda agar tidak mudah stress.

  1. Keramas Menggunakan Air Hangat

Mungkin saat kondisi cuaca sangat dingin dan anda memilih untuk keramas dengan air hangat, namun hal ini tidak baik karena bahaya keramas dengan air hangat. Dan ketika anda mencuci rambut anda atau keramas dengan menggunakan air hangat, ini akan membuat minyak pada rambut anda berkurang sehingga kelenjar minyak pada kulit kepala anda akan memproduksi lebih banyak lagi minyak. Inilah yang menjadi penyebab rambut anda susah kering karena terlalu banyak kadar minyak di rambut anda.

Beberapa penyebab tersebut diatas merupakan hal yang perlu diketahui agar anda mengetahui penyebab masalah rambut yang anda alami. Disamping hal tersebut diatas yang sudah dijelaskan, maka ada juga solusi bagi anda yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, Solusinya sebagai berikut:


  • Keramas Minimal 2 hari sekali, jangan setiap hari keramas karena akan memicu produksi minyak berlebihan di rambut anda.
  • Keramas dengan menggunakan air dingin, jangan air hangat. Ataupun jika anda ingin keramas menggunakan air hangat, tapi jangan terlalu hangat, dan jika demikian anda harus membilasnya tetap dengan air dingin selesai anda keramas, sehingga kondisi panas tubuh anda seimbang.
  • Gunakan shampo untuk rambut berminyak agar produksi minyak di rambut anda dapat dikontrol sehingga rambut anda dapat menyerap air lebih baik.
  • Gunakan bedak bayi pada kulit kepala anda agar rambut tidak terlalu berminyak dan cepat kering, dan gunakan secukupnya. Atau anda juga dapat menggunakan shampo kering yang memang bermanfaat untuk mengatasi kelebihan minyak pada anda yang memiliki masalah rambut berminyak.
  • Jangan sering gunakan pengering rambut, karena akan membuat rambut anda menjadi kering sehingga kulit kepala akan memproduksi minyak lebih banyak lagi, disamping itu juga ada bahaya pengering rambut.
  • Makan makanan sehat dan bergizi, minum air putih sebanyak 2 liter per hari agar tubuh anda fit sehingga produksi hormon terkontrol dan tidak berlebihan. Dan sebaiknya anda menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak karena makanan yang berlemak akan memicu setiap pori-pori kulit anda mengeluarkan minyak, tidak terkecuali kulit kepala juga sehingga dapat menyebabkan rambut anda berminyak dan sulit menyerap air.

Demikianlah informasi yang diberikan kiranya dapat membantu anda para pembaca. Dan jika setelah anda melakukan cara -cara diatas, namun kondisi yang anda alami masih saja terjadi. Maka sebaiknya anda mendiskusikan masalah ini dengan dokter spesialis penyakit kulit. Agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan kepada anda, mengingat dibagian kepala juga berhubungan dengan banyak titik saraf sehingga berpengaruh pada kondisi fisik anda, Terima kasih.

, , ,




Oleh :
Kategori : Permasalah Rambut