Sponsors Link

Rambut Sering Rontok : Penyebab – Bahaya – Penangananya

Rambut merupakan bagian dari tubuh kita, yang harus kita jaga kesehatanya setiap waktu. Pasalnya, rambut bisa mencerminkan penampilan kita, baik itu saat pergi ke kantor maupun saat berada di rumah. Rambut yang sehat tentunya mencerminkan rambut yang terawat dengan baik sehingga selalu bisa membuat penampilan kita lebih rapi dan maksimal. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan kesehatan rambut, akhirnya masalah rambut muncul seperti rambut berminyak, rambut berketombe hingga rambut patah dan rontok misalnya.

Masalah kerontokan rambut adalah salah satu dari tiga masalah rambut yang umumnya sering dialami sebagian besar orang, terutama para wanita. Namun, tidak hanya wanita, ternyata pria juga mengalami masalah kerontokan rambut. Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang cukup serius adalah masalah rambut rontok yang terus menerus dan terjadi dalam jumlah yang banyak. Rambut yang rontok dapat membuat rambut menjadi kurang sehat dan menjadi tipis seperti rambut yang diberi obat pelurus rambut akan mudah patah.

Kerontokan Rambut Karena Hormon

Sebelum kita membahas penyebab dari terjadinya kerontokan rambut secara umum, kita akan membahas kerontokan rambut yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Dalam dunia medis, kerontokan ini dikenal dengan istilah Alopesia androgenic. Kerontokan seperti ini biasanya dialami pria yang sudah berusia diatas 50 tahun atau dialami juga oleh wanita atau pria yang sudah tahu cara memanjangkan rambut dengan pomade dan bagi wanita yang sudah memasuki dan melewati masa menopause.

Hormon yang mempengaruhi masalah kerontokan rambut disebut DHT ( dihydrotestosterone). Hormon ini dihasilkan oleh hormone progesteron , yang akan membuat folikel rambut menjadi menyusut dan lama-lama membuat rambut rontok. Jika kerontokan terjadi pada pria kita bisa melihat dengan ciri membentuk lengkungan khas di kedua sisi pelipis, kemudian akan membentuk mirip huruf “M”. Area atas kepala juga mengalami kerontokan total.

Berbeda dengan yang terjadi pada wanita, kerontokan yang disebabkan hormon ini bisa terjadi di seluruh bagian rambutnya. Rambut wanita yang rontok mungkin tidak memperlihatkan ciri yang sama dengan pria (mengalami penipisan di bagian tertentu). Hampir seluruh bagian rambut, baik itu atas maupun tengah rambut wanita bisa mengalami kerontokan. Sebaiknya wanita memahami cara menumbuhkan rambut dengan daun jambu biji yang ampuh.

Penyebab Kerontokan Rambut Lainya

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, baik secara medis maupun secara umum terkait dengan kebiasaan dalam menjalani hidup. Adapun penyebab kerontokan secara umum, yang sering terjadi disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Penggunaan zat kimia, rambut wanita yang sedang mengalami proses kimia seperti pewarnaan dan smoothing atau rebonding rambut, rentang mengalami kerontokan karena merusak batang rambut
  • Keadaan Gizi, masalah gizi yang diperlukan tubuh kita juga mempengaruhi terhadap masalah kerontokan rambut. Asupan gizi yang kurang maksimal dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh sehingga rambut menjadi rapuh dan menipis
  • Efek Samping Obat-Obatan, Bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan yang berfungsi untuk depresi, gangguan jantung, arthiritis hingga hipertensi, biasanya akan menimbulkan efek samping berupa kerontokan rambut
  • Mengalami Diabetes, Sindrom down dan Hipertiroidisme, ketiga keluhan sakit tersebut ternyata dapat menyebabkan kerontokan yang ditandai dengan munculnya pitak sebesar koin yang besar. Masalah kerontokan ini bisa terjadi di kalangan remaja hingga dewasa. Rambut yang rontok akan tumbuh kembali dengan cepat
  • Penyakit Kulit dan Autoimun, Apakah Anda sedang mengalami penyakit kulit?  Beberapa penyakit kulit ini ada yang terjadi dan menyebabkan munculnya tukak serta sejumlah penyakit lain .
  • Tekanan Psikologis, pasien yang mungkin mengalami stress, bisa mengakibatkan seseorang mengalami penipisan rambut di area kepala. Walau bersifat sementara, kerontokan ini dapat muncul kembali.
  • Penyakit kulit dan Autoimun tertentu, seseorang yang memiliki gangguan autoimun tertentu atau mengalami penyakit kulit dapat mengalami kerontokan rambut yang permanen, seperti kondisi lichen planus, lupus eritematosus discoid hingga sarkoidosis.
  • Kanker,  jika seseorang mengalami kanker biasanya mereka akan menjalani serangkaian pengobatan untuk kanker, seperti kemoterapi, imunoterapi serta radioterapi , hal tersebut dapat menimbulkan efek samping berupa kerontokan rambut yang sifatnya menyeluruh.
  • Genetis, manusia memiliki bentuk, warna serta jenis rambut yang berbeda-beda dan hal tersebut diturunkan menurut genetic masing-masing. Masalah rambut rontok juga disebabkan oleh faktor ini.
  • Gaya hidup, zaman modern seperti ini orang memiliki gaya hidup yang cenderung kurang sehat. Asupan nutrisi yang kurang maksimal serta aktifitas fisik yang kurang (berolahraga) bisa menjadi penyebab kerontokan.
  • Kebiasaan Menata Rambut, apakah Anda memiliki kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kuat? Sebaiknya kurangi kebiasaan seperti ini karena lamalama kulit kepala akan mengalami penekanan sehingga menjadikan rambut rontok.

Penanganan Rambut Rontok Secara Umum

Perlu Anda ketahui bahwa rambut rontok juga bisa jadi merupakan bagian dari manfaat membotakan rambut yang menimbulkan reaksi alami tubuh kita yang terjadi karena penuaan dan tidak berbahaya.Oleh sebab itu, masalah kerontokan rambut tidak memerlukan penanganan secara medis seperti hal nya penanganan penyakit serius lainya. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani kerontokan seperti :

  • Gunakan sampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut, rambut kering atau rambut normal
  • Sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia pada rambut secara berlebihan karena akan membuat rambut rontok menjadi lebih parah
  • Dalam mengkonsumsi makanan, sebaiknya kita memilih jenis makanan yang bernutrisi untuk mencegah kerontokan rambut
  • Sebaiknya hindari kebiasaan menarik rambut dengan terlalu keras ketika mengikat atau menjepit rambut
  • Hindari stress yang berlebihan dan selalu berfikir positif

Jika ternyata masalah kerontokan rambut yang dialami menjadi cukup parah, baik pada pria atau wanita. Kerontokan parah pada pria dan wanita yang suka model rambut wanita korea diketahui  dapat menyebabkan kebotakan. Kebotakan ini umumnya dapat ditangani dengan menggunakan jenis obat seperti minoxidil dan finasteride  (untuk kebotakan pria) serta minoxidil untuk khusus untuk kebotakan wanita saja. Selain itu, transplantasi rambut juga bisa dilakukan dengan alasan untuk keindahan.

Penanganan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Masalah rambut rontok ternyata dapat juga diatasi dengan penanganan secara alami. Bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita dan mudah di dapatkan, bisa dimanfaatkan untuk menangani rambut rontok, berikut ini beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan:

  • Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya sepertinya tidak usah diragukan lagi, termasuk untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan banyak vitamin seperti vitamin A, D serta zat besi  juga protein di dalamnya, mampu mengatasi masalah rambut yang rontok. Caranyam cukup oleskan gel secara merata di rambut hingga kulit kepala dan diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan dengan teratur untuk hasil lebih maksimal.

  • Yogurt

Yogurt juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok, karena yogurt mengandung kalsium, vitamin D dan juga protein yang merupakan nutrisi baik untuk rambut dan menguatkan akarny. Oleskan yogurt tawar ke bagian rambut seluruhnya, lalu pijat seperti hal nya dicreambath. Diamkan selama 5 menit saja, lalu bilas dengan sampo dan bersihkan.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin C, D, E, K dan A juga mengandung zat besi dan kalsium, ternyata dapat membantu mengurangi rambut rontok. Cukup usapkan minyak zaitun ke area kulit kepala serta rambut hingga merata.lakukan pijatan lembut dan diamkan selama 1.5 jam. Bersihkan dengan sampo dan lakukan ini setiap hari agar rambut rontok semakin berkurang.

  • Santan

Tidak memiliki ketiga bahan alami di atas? Anda masih bisa menggunakan santan. Siapkan santan kelapa asli, lalu oleskan ke permukaan rambut hingga ke kulit kepala dan diamkan selama ½ jam saja. setelah itu bilas dengan sampo seperti biasa.

Selain menggunakan bahan alami, Anda juga dapat menggunakan sampo khusus yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi rambut rontok. Beberapa merek dan cara menggunakan sisir catok  hingga merek sampo tersebut sebagai berikut :

  1. Pantene Hair Fall Control
  2. L’Oreal Fall Resist 3x Anti Hair Fall
  3. Davines Natural Tech Energizing Anti Hair Loss
  4. Green Angelica Hair Sampo
  5. Dove Hair Fall Treatment
  6. Rejoice Anti Hair Fall
  7. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense
  8. Garnier Neril Anti Loss Guard
  9. Makarizo Vorsatz Intensive Care
  10. TRESemme Anti Hair Fall
  11. Sebamed Anti Hair Loss
  12. Natur Ginseng Sampo
  13. Mustika Ratu Sampo Bayam
  14. Biohairs Sampo Damaged and Falling Hair
  15. Head & Shoulders Anti Hair Fall

Pemakaian sampo anti rambut rontok ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, sehingga cenderung aman digunakan secara teratur.

Tips Mencegah Rambut Rontok

Rambut yang rontok ternyata dipengaruhi juga dengan kebiasaan yang sering kita lakukan pada rambut kita sendiri. Cara yang paling ampuh adalah mengubah kebiasaan tersebut seperti:

  • Jangan kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang , seperti dikepang atau dikuncir
  • Jangan kebiasaan memelintir rambut atau menarik-narik rambut
  • Jika ingin menyisir sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang
  • Jangan kebiasaan menggosok rambut dengan kencang , khususnya saat keramas agar rambut tetap lembut
  • Sebaiknya membiasakan diri mengkonsumsi pola makan bergizi yang seimbang setiap harinya

Rambut rontok memang bukan suatu penyakit yang serius, namun diperlukan penanganan yang cukup maksimal, agar rambut menjadi lebih terawat dan tidak menjadi tipis karena kerontokan. Penanganan yang maksimal dan menggunakan sampo yang tepat dapat mengatasi masalah rambut rontok dengan maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Rontok