Sponsors Link

Rambut Rontok Setelah Kemoterapi: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Rambut merupakan mahkota bagi si pemiliknya, sehingga masyarakat pun merawat rambutnya dengan baik. Apalagi saat rambut mengalami kerontokan dalam jumlah besar. Tentu masalah tersebut  bukan masalah sepele yang bisa dengan mudah untuk diabaikan. Bahkan rambut rontok dalam jumlah besar juga bisa mengindikasikan sesuatu atau efek dari suatu kegiatan seperti salah satunya kemoterapi.

ads

Kemoterapi adalah pengobatan yang dilakukan oleh  pasien kanker atau penyakit serius lainnya. Kemoterapi ini sering kali membuat pasien atau bahkan orang yang menjalani pengobatan ini mengalami kerontokan pada rambutnya. Entah anda menyadari atau tidaknya efek kemoterapi tersebut. Namun, penampilan anda tentu akan terlihat berkurang bila tidak dengan rambut sehat anda. Tapi anda juga tidak perlu khawatir karena rambut pasangan/wig juga sudah mulai banyak di jual di pasaran.

Tahukah anda ? kemoterapi yang pernah anda jalani juga memiliki dampak pada kerontokan rambut anda. Kerontokan inilah yang bahkan beberapa orang tidak mengetahui penyebab atau bahkan mungkin berbahaya. Lalu penanganan yang tepat seperti apa seharusnya. Mari kita bahas lebih dalam mengenai rambut rontok setelah kemoterapi di bawah ini :

Penyebab kerontokan rambut setelah kemoterapi

Rambut sering rontok tentu memiliki penyebab seperti salah satunya kemoterapi bagi penderita kanker/penyakit serius lainnya. Kemoterapi dapat memiliki dampak pada pertumbuhan rambut anda sehingga rambut anda mengalami kerontokan. Kerontokan rambut terjadi setelah kemoterapi dapat disebabkan  oleh  kemo yang anda jalani juga memberikan pengaruh pada sel lain dalam tubuh anda. Berikut dibawah ini penyebab kerontokan rambut setelah kemoterapi :

  • Sel folikel untuk pertumbuhan rambut hancur

Semula  kemo tersebut hanya menargetkan akan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh anda. Namun, saat kemo menjalankan tugas dalam menghancurkan sel-sel kanker tersebut ternyata  sel-sel rambut seperti sel folikelpun juga ikut hancur ketika kemo berlangsung. Sehingga dalam beberapa minggu secara perlahan anda akan melihat kerontokan pada rambut anda ini akibat prosedur kemoterapi tersebut.

  • Obat setelah kemoterapi membawa pengaruh

Prosedur kemoterapi yang dijalani tentu sangat membutuhkan support dan dukungan dari orang terdekat anda, Selain tindakan saat kemoterapi obat setelah kemoterapi juga memiliki pengaruh pada tumbuh rambut anda. Bahkan tingkat keparahan rontok juga dapat sangat dipengaruhi oleh seberapa lama kemoterapi dilakukan serta obat dan penanganan lain yang dilakukan.

  • Imunitas tubuh dan stress mempengaruhi pertumbuhan rambut

Kemoterapi juga tidak hanya berpengaruh pada kerontokan rambut di area kepala saja. Namun, juga memiliki dampak pada bulu mata, alis, rambut di area kaki dan di rambut area tangan. Tergantung imunitas dan stress masing-masing orang.

Selain penyebab diatas  rambut rontok ini juga bisa memiliki  penyebab lain selain kemoterapi entah bagi pria atau wanita. Dan lebih jelas penyebab rambut rontok pada pria sering juga terjadi sama seperti perempuan. Rambut rontok juga perlu diwaspadai karena mungkin rontoknya rambut menandakan sesuatu.

Bahayakah rambut rontok setelah kemoterapi ?

Rambut rontok setelah kemoterapi memang sering terjadi bagi pasien yang melakukan kemoterapi untuk menyembuhkan penyakit seperti kanker. Namun, penanganan dengan kemoterapi sebenarnya memiliki bahaya pada sel lain juga. Dibawah ini beberapa penjelasan bahayakah rambut rontok setelah kemoterapi:

Sponsors Link

  • Tidak berbahaya namun rambut rontok dapat menurunkan penampilan anda
  • Rambut rontok merupakan efek dari penanganan kemoterapi namun efek lain kemoterapi juga terjadi pada Sel-sel tubuh yang lain seperti sel pada saluran pencernaan, Sel pada tulang belakang bahkan sel pada folikel rambut juga ikut mengalami kehancuran.
  • Bisa meningkatkan stress karena kerontokan rambut mengurangi kepercayaan diri

Penanganan rambut rontok secara tepat

Cara mengatasi rambut rontok dengan santan memang beraneka ragam tergantung anda ingin melakukan hal yang paling anda sukai sendiri. Atau malah memilih ke salon bahkan ke klinik untuk menghasilkan rambut yang indah dan sehat tentunya. Rambut rontok sendiri tidak hanya karena kemoterapi namun kegiatan lain seperti rambut rontok setelah smoothing juga tetap butuh penanganan yang tepat.

Penanganan yang tepat mengatasi rambut rontok anda bisa dilakukan dari penanganan rontok secara mudah, penanganan rambut rontok setelah keramas, dan penanganan rambut rontok secara ampuh. Berikut dibawah ini penanganan tepat rambut rontok oleh berbagai sebab:

Sponsors Link

  1.  Jika anda ingin rambut mengalami pertumbuhan maka anda harus selesai terlebih dahulu dari penanganan kemoterapi. Setelah kemoterapi anda selesai semua, dalam jangka waktu 2 minggu. Sel rambut akan mulai tumbuh kembali sehingga rambut anda mengalamo pertumbuhan secara bertahap.
  2. Makan buah atau sayuran serta makanan alami lainnya pendukung pertumbuhan dan kesehatan rambut.
  3. Menggunakan bahan alami ampuh dalam mengatasi kerontokan seperti santan dan lidah buaya atau bahan alami lain penyubur rambut.
  4. Menggunakan vitamin rambut agar rambut semakin sehat.
  5. Rambut juga membutuhkan masker agar meningkatkan pertumbuhan rambut anda.
  6. Menghindari stress akan sangat berpengaruh pada kesehatan anda terutama rambut.
  7. Bila rambut sudah tumbuh panjang jangan terlalu sering mengikat rambut.

Itulah diatas beberapa cara dalam menangani rambut rontok yang anda alami kami rangkum dan ringkas dari penanganan termudah sampai yang paling ampuh sehingga anda dapat melakukannya sendiri di manapun anda. Terlebih lagi penanganan yang dilakukan juga bisa disesuaikan dengan anda. Bahkan, penyebab kerontokan karena kemoterapi juga ada dalam artikel ini. Oleh, karena itu anda dapat menambah pengetahuan mengenai efek kemoterapi seperti rambut rontok itu apa penyebabnya, bahayakah dan penanganan tepat pada rambut rontok. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan rambut sehat dan subur sesuai dengan keinginan anda. Serta dengan rambut terawat akan dapat meningkatkan penampilan anda menjadi lebih menarik di mata orang lain.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut