Sponsors Link

Rambut Kering Setelah Keramas: Penyebab, Penanganan dan Perawatannya

Aktivitas sehari-hari membuat kulit kepala dan rambut menjadi kotor dan berminyak, beberapa Ciri-ciri rambut berminyak yaitu diantaranya karena kadar hormon androgen yang tinggi sehingga memicu kulit dan produksi lebih banyak minyak. Untuk itu aktivitas keramas adalah solusi yang dilakukan untuk kulit kepala berminyak dan rambut rontok dari kotoran-kotoran yang menempel pada rambut. Dalam proses keramas, rambut pastinya akan menerima banyak air dalam pembersihan kulit kepala, untuk itu setelah keramas pastinya kita akan mengeringkannya dengan handuk.

ads

Salah satu hal yang membuat wanita malas keramas adalah proses mengeringkan rambut yang cukup lama, jika tidak dibantu dengan alat pengering rambut. Mengeringkan rambut bisa menjadi hal yang melelahkan, apalagi jika Anda sedang diburu waktu dan harus datang ke sebuah acara. Tidak mungkin banget dong kalau harus datang dengan rambut basah. Lalu ditambah lagi permasalahan pada rambut yang susah sekali kering setelah keramas, Banyak masalah yang membuat rambut sulit kering setelah keramas, entah karena kurangnya daya serap pada rambut sampai faktor lingkungan dan shampo yang digunakan. Kira-kira apa penyebabnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka pembahasan kali ini akan membahas mengenai Penyebab Rambut Susah Kering Setelah Keramas.

1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan terkadang sangat berpengaruh untuk rambut kita, mulai dari polusi yang begitu banyak sehingga mengotori rambut dan cuaca yang panas yang menyebabkan rambut setelah di keramas menjadi sulit kering dan lembab. Hal inilah yang membuat rambut Anda menjadi tidak sehat, selain sulitnya rambut untuk kering, factor lingkungan tersebut juga dapat membuat rambut menjadi kusut.

2. Penggunaan shampo yang tidak tepat

Kesalahan dalam memilih shampo juga menjadi salah satu penyebab yang membuat rambut menjadi sulit kering setelah keramas. Pastikan kandungan yang terdapat dalam shampo tersebut cocok untuk Anda sehingga tidak akan menyebabkan rambut Anda menjadi lembab. Pilihlah shampo yang memiliki kondisioner, kondisioner akan membantu untuk melembutkan rambut Anda.

3. Kurang Vitamin

Mungkin sepele, akan tetapi rambut juga butuh vitamin. Bukan hanya tubuh saja yang memerlukan. rambut membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin yang cukup akan membuat rambut tampak sehat dan tampak indah. Vitamin yang dibutuhkan rambut salah satunya adalah vitamin B kompleks, vitamin ini dapat anda dapatkan dengan berbagai produk kesehatan rambut. Anda juga dapat mengetahui cara membuat vitamin rambut.

4. Kekurangan Nutrisi

Nutrisi diperlukan untuk membuat rambut menjadi sehat. Sebenarnya kandungan nutrisi banyak sekali terkandung di dalam shampo, bahkan hampir setiap shampo mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut. Namun terkandang, nutrisi itu tidak mencukupi rambut Anda sebab kadar nutrisi yang dibutuhkan setiap rambut sangat beragam. Sehingga adakalanya shampo tidak dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

5. Kekurangan Minyak Alami

Rambut memiliki minyak alami, tetapi minyak alami dalam rambut ini dapat berkurang jika rambut terlalu sering terkena panas, bahan keras dan terlalu sering dikeringkan. Jika minyak alami rambut berkurang secara otomatis rambut akan menjadi kusut. Untuk itu selalu jaga kadar minyak alami rambut anda agar rambut tampak sehat dan indah.

6. Menggunakan Pewarna Rambut

Sponsors Link

Dampak negatif mewarnai rambut yaitu salah satunya karena cat rambut terbuat dari bahan-bahan keras yang mengandung zat kimia. Jika Anda menggunakan cat rambut artinya mengizinkan bahan keras untuk menempel pada rambut Anda dan membiarkan bahan-bahan itu menyerap minyak alami rambut yang akan membuat rambut menjadi kaku, hal ini juga dapat mempengaruhi rambut Anda karena sulit kering setelah keramas.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengeringkan rambut Anda setelah keramas:

1. Gunakan handuk yang berdaya serap tinggi

Pastikan Anda gunakan cara mengeringkan rambut dengan handuk. Salah satunya hindari memeras rambut terlalu keras, bungkus rambut dengan handuk dan tekan-tekan dengan lembut. Gunakan handuk dengan tekstur yang lembut atau yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap.

2. Blow dry rambut dari akar ke ujung rambut

Sponsors Link

Jika Anda memiliki rambut yang panjang, maka cobalah tekuk rambut ke atas. Setelah itu blow dry rambut dari akar ke ujung rambut. Proses ini tidak akan membuat rambut Anda kaku atau kering, justru akan membuat rambut kering lebih cepat.

3. Gunakan kondisioner yang terkandung dalam shampo

Kondisioner memiliki kandungan silikon yang baik bagi rambut. kondisioner dipercaya untuk membuat rambut menjadi lebih lembut. Pilihlah tips memilih kondisioner sesuai jenis rambut Anda. Selain itu gunakan shampo yang mengandung kondisioner.

4. Gunakan kombinasi handuk dan hair dryer

Anda juga bisa mencoba mengeringkan rambut dengan kombinasi handuk dan alat panas hair dryer. Caranya Anda cukup bungkus rambut dengan handuk kering lalu gunakan hair dryer secara merata.

5. Mengeringkan bagian depan rambut saja

Ada waktu dimana Anda pasti harus terburu-buru dan waktu yang sudah sangat mepet untuk cepat melakukan aktivitas, Anda dapat fokus untuk mengeringkan rambut dengan bagian depan rambut terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan mempersingkat waktu Anda.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut