Sponsors Link

Rambut Berminyak Setelah Keramas: Tips Mengatasi dan Perawatannya

Mungkin anda bingung dengan kondisi rambut anda yang cepat sekali berminyak walaupun baru saja anda keramas dan anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut berminyak. Karena kondisi rambut anda yang berminyak ini akan membuat rambut anda terlihat lebih lepek dan ini sangat mengganggu penampilan anda pastinya dan membuat anda juga tidak nyaman dengan rambut anda karena ketika rambut berminyak dan anda banyak melakukan aktifitas diluar ruangan maka debu akan mudah menempel pada rambut anda yang berminyak sehingga membuat rambut anda cepat kotor. Berikut ini cara mengatasi rambut berminyak setelah keramas:

ads

Ada beberapa tips yang dapat membantu anda untuk mengetahui cara mengatasi rambut berminyak setelah keramas.

  1. Jangan Keramas Setiap Hari

Salah satu penyebab rambut berminyak adalah akibat terlalu sering keramas sehingga kulit kepala menjadi lembab sehingga merangsang produksi minyak berlebihan di rambut anda. Oleh karena itu ada baiknya anda keramas 2 hari sekali agar rambut anda tidak berminyak.

  1. Hindari Shampo yang Mengandung Banyak Pelembab

Hal lain yang menyebabkan rambut berminyak adalah penggunaan shampo yang tidak tepat. Bagi anda yang memiliki masalah rambut berminyak seharusnya anda tidak menggunakan shampoo yang mengandung banyak pelembab karena ini memicu produksi minyak. Karena biasanya shampoo yang mengandung banyak pelembab adalah shampo untuk rambut kusut dan bukan untuk rambut berminyak seperti anda. Sebaiknya anda memilih shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut anda, ataupun anda bisa menggunakan masker rambut untuk rambut berminyak agar membantu mengatasi kelebihan minyak di rambut anda.

  1. Atur Penggunaan Conditioner Agar Tidak terlalu Banyak

Conditioner adalah pelembab yang biasa digunakan setelah keramas agar rambut lebih lembut dan tidak kering, namun perlu anda perhatikan juga bahaya penggunaan conditioner yang berlebihan. Sebaiknya untuk menghindari minyak berlebihan anda menggunakan conditioner secukupnya dan jangan sampai mengenai kulit kepala anda.

  1. Hindari Penggunaan Minyak Rambut atau Vitamin Rambut Berlebihan

Mungkin anda terbiasa dengan menggunakan minyak rambut ataupun anda sengaja menggunakan vitamin rambut agar rambut anda sehat, namun anda juga harus memperhatikan penggunaan minyak rambut ataupun cara menggunakan vitamin rambut agar jangan terlalu banyak menggunakannya karena akan membuat rambut anda sangat berminyak. Gunakan sedikit saja jika tipe rambut anda berminyak.

  1. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Cara mengatasi rambut berminyak setelah keramas salah satunya adalah anda jangan terlalu sering menyisir rambut anda, karena jika anda sering menyisir rambut maka rambut anda akan tertekan dan  jika anda kurang memperhatikan kebersihan sisir anda, maka itu juga akan membuat rambut anda berminyak.

  1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin B

Vitamin B sangat diperlukan untuk kesehatan rambut anda, karena vitamin B berfungsi untuk mengatur sebum pada rambut sehingga rambut tidak berminyak secara berlebihan, contoh makananan yang mengandung vitamin B salah satunya adalah buncis.

  1. Control Emosional Anda

Tips Selanjutnya adalah hal yang mungkin tidak anda pikirkan, yaitu anda harus belajar mengontrol emosi anda untuk mengatasi tingkat stress anda. Karena tinggkat stress anda memicu hormon dan salah satu akibatnya adalah memproduksi minyak berlebihan di rambut anda. Oleh karena itu jangan stres merupakan salah satu cara mengatasi rambut berminyak yang perlu anda perhatikan.


Itulah tips-tips yang perlu anda perhatikan sebagai cara mengatasi rambut berminyak setelah keramas, namun anda juga memerlukan perawatan selanjutnya setelah anda melakukan tips-tips tersebut diatas. Berikut ini cara perawatannya agar rambut anda tidak berminyak setelah keramas:

  • Pilih dan gunakan shampo yang sesuai dengan tipe rambut anda
  • Keramas 2 atau 3 hari sekali, jangan terlalu sering keramas
  • Jangan terlalu banyak menggunakan conditioner, minyak rambut, vitamin rambut, ataupun bahan-bahan kimia lainnya pada rambut anda. Gunakan secukupnya sesuai kebutuhan anda. Atau jika anda ingin menggunakan conditioner sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu tips memilih kondisioner sesuai jenis rambut
  • Jaga kebersihan sisir rambut yang biasa anda gunakan, karena kebersihan sisir membantu untuk menjaga keseimbangan atau kesehatan kulit kepala anda. Sebaiknya anda mencuci sisir anda dan mempelajari cara mencuci sisir rambut yang benar.
  • Hindari makanan yang dapat mendorong produksi minyak di rambut berlebihan. Contohnya makanan siap saji, karena mengandung zat yang merugikan sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh, termasuk dikulit kepala sehingga kulit kepala memproduksi minyak berlebihan, dan banyak makanan lain yang perlu dihindari. Namun anda juga perlu mempelajari makanan apa saja yang membantu anda untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada rambut anda, salah satu contohnya adalah seperti makanan yang mengandung vitamin B.
  • Biasakan relax menjalani hari –hari anda juga saat menghadapi setiap persoalan yang ada, agar tidak memicu tingkat stress anda dan ada baiknya jika anda memanfaatkan waktu libur anda diakhir pekan untuk rekreasi dengan orang-orang terdekat ataupun anda dapat berolah raga untuk melepaskan energi anda, ini merupakan salah satu cara untuk mengelola stress agar hormon anda tidak berlebihan yang juga mengakibatkan rambut berminyak walaupun baru selelsai keramas.

Demikianlah informasi cara mengatasi rambut berminyak setelah keramas yang dapat diberikan kepada anda para pembaca, kiranya informasi ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Rambut