Sponsors Link

Rambut Berketombe Setelah Smoothing : Penyebab, Bahaya dan Perawatanya

Masalah rambut berketombe tentunya menjadi keluhan yang banyak dialami sebagian besar orang saat ini. Meskipun sudah menggunakan shampoo anti ketombe khusus, terkadang masalah ketombe masih belum bisa dihilangkan. Terlebih, saat kamu memutuskan untuk melakukan styling pada rambut kamu, seperti meluruskan rambut dengan cara di smoothing. Hasil rambut akan lurus sempurna, tapi apa jadinya jika ketombe setelah cat rambut dan rambut masih tetap berketombe setelah smoothing?

ads

Umumnya, proses smoothing rambut ini banyak menggunakan bahan kimia, sehingga setelah diluruskan, rambut kamu tetap harus diberi perhatian ekstra dengan merawatnya secara berkala dan berikan obat ketombe. Tidak hanya berkeramas, rambut smoothing juga harus diberikan nutrisi dan vitamin agar tetap sehat berkilau dan terhindar dari ketombe serta masalah rambut lainya. Jika masalah ketombe masih kamu alami hingga setelah rambut di smoothing, bisa jadi rambut kamu sedang bermasalah.

Penyebab Rambut Berketombe Setelah Smoothing

Rambut yang di smoothing atau diluruskan, ternyata memang rentan menjadi berketombe. Pasalnya, sejak proses awal pelurusan dengan penggunaan bahan kimia, kamu kurang maksimal ketika membersihkan rambut setelahnya, dapat berakibat muncul ketombe. Rambut yang di smoothing juga menggunakan alat pelurus rambut khusus, yang memberikan hawa panas tertentu pada rambut sehingga dapat menimbulkan efek gatal-gatal di kulit kepala dan berpotensi untuk menimbulkan ketombe.

Bahaya Rambut Berketombe Setelah Smoothing

Rambut yang berketombe setelah smoothing sebenarnya tidak menimbulkan bahaya yang cukup serius untuk kesehatan secara umum. Hanya saja, ketika kulit kepala serta rambut menjadi banyak ketombe, kita tidak akan merasa nyaman dengan penyebab ketombe basah dan mengusahakan untuk menghilangkanya dari rambut indah kita. Namun, jika rambut berketombe setelah smoothing, sebaiknya kamu fokus untuk membersihkanya terlebih dulu dengan cara dikeramas yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Adapun beberapa hal yang mungkin terjadi dan cukup berbahaya jika dibiarkan, akibat dari smoothing rambut seperti berikut ini:

  • Ketombe dapat mengganggu penampilan kamu, terutama saat menggunakan pakaian berwarna gelap
  • Kulit kepala bisa mengalami lecet karena garukan jari tangan kamu, ketika merasa gatal di kulit kepala
  • Karena berketombe harus rajin berkeramas, maka dikhatirkan hasil smoothing rambut akan berantakan

Perawatan Rambut Berketombe Setelah Smoothing

Rambut yang sudah di smoothing tentunya akan menjadi tampak lebih lurus alami. Namun, bila masalah ketombe tetap muncul, kamu harus tahu cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih serta melakukan perawatan rambut dengan lebih maksimal untuk rambut smoothing dan untuk mengatasi masalah ketombe tersebut. Berikut perawatan yang dapat dilakukan:

  • Bilas Rambut dengan Shampo Anti Ketombe, Setelah 1 minggu rambutmu di smooting, saatnya rambut kamu dikeramas dengan menggunakan shampoo anti ketombe khusus yang cocok di rambut kamu. Tujuanya, untuk mengatasi masalah ketombe yang sedang dialami.
  • Gunakan masker rambut, sudah menjadi kewajiban dalam perawatan rambut smoothing untuk menggunakan masker rambut. Pilih masker rambut yang memberikan nutrisi, vitamin serta perawatan khusus dari ketombe yang menggangu. Lakukan secara berkala.
  • Pastikan Bersih saat berkeramas, penting untuk membersihkan secara total setelah menggunakan shampoo atau masker rambut, karena sisa-sisa masker dan shampoo yang kurang bersih dapat menyebabkan ketombe balik lagi.
  • Penggunaan bahan alami untuk rambut, juga dapat dilakukan untuk merawat rambut smoothing kamu, sekaligus menghindarkan rambut dari ketombe. Gunakan bahan alami yang efektif atasi ketombe seperti lidah buaya, jeruk nipis hingga tea tree oil

Rambut smoothing yang lurus indah alami tentunya akan sedikit terganggu jika ternyata harus berketombe. Lakukan perawatan rambut berketombe setelah smoothing dengan maksimal untuk rambut bebas dari gatal-gatal karena ketombe.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut