Sponsors Link

Rambut Bayi Tumbuh Tidak Rata Setelah Dicukur: Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Memiliki bayi adalah anugrah terindah bagi setiap keluarga yang menantikannya. Bayi memerlukan perawatan yang khusus dan intensif karena seluruh organ-organ tubuhnya masih lunak sehingga harus berhati-hati baik menggendong, memandikan, ataupun melakukan hal apa saja yang berhubungan dengan bayi. Bayi yang baru lahir biasanya setelah 20-30 hari rambutnya akan dicukur untuk menjaga kebersihan kepala bayi karena kotoran-kotoran yang menempel dalam proses melahirkan.

ads

Dan cara cukur rambut bayi pun tidak sama seperti orang dewasa sehingga harus hati-hati sebelum melakukannya. Rambut bayi dicukur agar tumbuh rambut yang baru dan lebih bagus pada bayi anda. Namun akan menjadi masalah lagi bagi anda orang tua jika rambut bayi tumbuh tidak rata setelah dicukur. Berikut ini akan dibahas penyebab, cara mengatasinya dan perawatannya.

Penyebab Rambut Bayi Tumbuh Tidak Rata Setelah Dicukur

Banyak faktor penyebab rambut bayi anda tumbuh tidak merata pada bagian kepalanya, baik faktor dari dalam yaitu hormon pertumbuhan rambut yang kurang, hal itu terjadi biasanya disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B yang dapat anda peroleh dari makanan seperti beras merah, pisang, telur dan juga ikan salmon yang mengandung omega 3 dan omega 6 yang berfungsi merangsang pertumbuhan rambut anak anda dan masih banyak makanan lainnya yang membantu untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu juga ada faktor dari luar yang mempengaruhi rambut anak anda tumbuh tidak merata yaitu posisi tidur anak anda yang sering menekan hanya satu bagian kepala saja. Misalnya anak anda selalu dibiarkan tidur terlentang, sehingga secara otomatis kepala bagian belakangnya sering mendapat tekanan dibanding sisi kanan dan kirinya. Hal tersebutlah yang dapat menghambat pertumbuhan rambut anak di kepala bagian belakang karena sering tertekan sehingga pertumbuhan rambutnya terhambat dibanding dengan pertumbuhan rambut pada bagian kepala yang tidak tertekan sehingga rambut kanan dan kiri lebih cepat tumbuh dibanding rambut bagian belakang. Kedua faktor tersebutlah yang umumnya menjadi penyebab rambut rambut bayi tumbuh tidak rata setelah dicukur. Namun anda tidak perlu kwatir karena berikut ini ada cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Rambut Bayi Tumbuh Tidak Rata Setelah Dicukur

Untuk mengatasi kondisi rambut bayi seperti ini pasti anda banyak mencari tahu bagaimana cara melebatkan rambut bayi agar rambut bayi anda segera tumbuh merata, namun berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi pertumbuhan rambut tidak rata pada bayi anda, sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Seringlah mengubah posisi tidur bayi anda, dan berikan alas kepala/bantal yang sedikit lunak agar tekanan terhadap bagian kepala bayi anda yang diposisi mengenai bantal tersebut tidak terlalu keras tertekannya.
  2. Anda harus rajin mengolesi daerah yang pertumbuhan rambutnya kurang dengan minyak rambut khusus untuk bayi ataupun minyak tradisional yang dipercaya membantu pertumbuhan rambut seperti minyak kemiri, minyak zaitu, dll.
  3. Asupan gizi ibu menyusui harus dijaga, karena gizi untuk bayi diperoleh dari ASI. Sehingga ibu yang menyusui harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, asem lemak omega 3, zat besi, vitamin, dan serat, seperti sayuran hijau, kacang ijo, dll.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rambut bayi anda yang tumbuh tidak merata walaupun sudah dicukur, anda dapat melakukan cara-cara tersebut diatas untuk mengatasinya sehingga rambut bayi anda pun dapat tumbuh dengan merata jika anda tekun melakukannya.

Perawatan Untuk Rambut Bayi Tumbuh Tidak Merata Setelah Dicukur

Bagi anda para orang tua yang menghadapi masalah ini pasti ingin mengetahui cara merawat rambut bayi yang benar. Ataupun anda telah mencoba langkah-langkah diatas untuk mengatasi kondisi rambut bayi anda yang tumbuh tidak merata, anda juga perlu melakukan perawatannya sehingga rambut bayi anda dapat tumbuh dengan sehat juga. Berikut ini beberapa tips perawatan untuk rambut bayi anda:

  1. Bersihkan rambut bayi dengan air hangat & shampo khusus bayi. Dan biasakan jangan terlalu sering mencuci rambut bayi anda dengan shampo, sebaiknya anda mencuci rambut bayi anda dengan shampo 2-3 hari sekali. Jangan setiap hari karena kulit kepala bayi masih sangat lunak sehingga mencegah iritasi karena bahan kimia dari shampo tersebut. Namun anda tetap dapat membasahi rambut bayi anda dengan air hangat setiap mandi.
  2. Gunakan minyak rambut bayi atau baby oil untuk rambut bayi anda ditempat yang pertumbuhan rambutnya kurang sambil dipijat lembut agar membantu peredaran darah lancar dan membantu fase pertumbuhan rambut bayi anda. Dan ada baiknya juga anda mempelajari terlebih dahulu tahu cara memakai baby oil untuk rambut.

Selain menggunakan minyak rambut bayi atau baby oil yang dapat anda beli ditoko, anda juga dapat menggunakan bahan alami sebagai minyak rambut untuk bayi anda agar merangsang pertumbuhan rambut bayi anda seperti minyak kemiri yang dipercaya berkhasiat untuk pertumbuhan rambut. Oleh karen itu ada baiknya anda mengetahui cara membuat minyak kemiri untuk rambut sehingga anda dapat membuatnya sendiri, begitu juga minyak zaitun pasti anda sudah mengetahui khasiat cara menumbuhkan rambut dengan minyak zaitun namun selain menumbuhkan rambut minyak zaitun juga dapat membatu menjaga kesehatan rambut, sehingga rambut dapat tumbuh sehat.

Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara pemakaian minyak zaitun untuk rambut sehingga anda dapat menggunakannya dengan tepat dan sesuai takaran agar tidak berlebihan terutama pada bayi anda. Demikianlah informasi yang dapat diberikan untuk anda para pembaca kiranya informasi ini bermanfaat bagi anda semua yang membaca dan membutuhkannya. Terima kasih.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut