Sponsors Link

4 Posisi Kepala Saat Tidur Setelah Smoothing Agar Rambut Tidak Kusut

Rambut smoothing merupakan rambut yang diluruskan dengan menggunakan metode smoothing, berupa obat pelurus rambut yang diaplikasikan untuk memberikan efek lurus pada rambut dengan cukup lama. Smoothing menjadi metode yang banyak diminati para wanita saat ini, agar bisa tampil maksimal dan elegan dengan rambut lurusnya. Kondisi rambut smoothing rupanya harus mendapatkan perlakuan yang istimewa dibandingkan dengan rambut normal biasa, yaitu berupa perawatan cara menggunakan sisir catok  untuk rambut lurus dari bangun tidur hingga sebelum tidur.

ads

Setelah rambut di smoothing, kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana cara untuk merawat rambut smoothing kamu, agar terlihat tetap berkilau dan sehat. Selain perawatan dengan shampoo maupun serum rambut, ternyata posisi kepala saat tidur juga menjadi bagian penting dalam perawatan rambut smoothing. Tidur dengan posisi kepala yang kurang tepat, cenderung akan merusak rambut smoothing kamu, setidaknya di 1 minggu pertama.

Cara Menjaga Rambut Smoothing Tetap Lurus

Semakin banyaknya wanita yang pergi ke salon untuk membuat lurus rambutnya, harus waspada dengan efek rambut sering dismoothing yang harus dilengkapi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk merawat dan menjaga rambut yang sudah diluruskan tersebut, baik di rebonding atau di smoothing. Smoothing rambut yang identik dengan penggunaan bahan kimia pada rambut, tentunya harus dirawat dengan maksimal agar tidak membuat rambut rusak, seperti patah, rontok dan kusam.

Berikut ini cara menjaga rambut smoothing agar tetap lurus dan awet, sekalipun setelah bangun tidur :

  • Hindari Langsung Keramas, Ingin rambut smoothing kamu jadi lebih awet? Sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengeramas rambut setelah di smoothing. Umumnya, kamu harus menunggu selama 3 hari, agar obat pelurus yang sudah diaplikasikan ketika rambut di smoothing tidak mudah luntur, sehingga membuat rambut keriting kembali.
  • Pakai Masker Rambut. Jika sudah menunggu selama 3 hari, obat pelurus rambut ketika smoothing biasanya sudah meresap dengan sempurna ke rambut. Kamu bisa memulai perawatan dengan menggunakan masker rambut. Aplikasikan masker rambut setelah rambut di keramas dan kering oleh handuk.
  • Berkeramas Seminggu Sekali, Setelah si smoothing, tidak perlu melakukan keramas setiap hari. Cukup lakukan keramas 1 kali saja dalam seminggu, rambut smoothing kamu akan lebih awet dan tetap lurus alami.
  • Lakukan Trim Rambut, Trim rambut adalah dengan memangkas bagian ujung rambut yang sudah mulai bercabang dan kasar ketika disentuh. Lakukan trim rambut ini setidaknya sebulan sekali saja, jika memang rambut smoothing kamu terlihat sudah bercabang.
  • Hindari Menjepit dan Mengikat Rambut, Tujuan rambut di smoothing, agar rambut tampak selalu lurus alami.  Untuk menjaga rambut lurus smoothing kamu tetap awet, sebaiknya jangan menjepit atau mengikat rambut seperti hal nya rambut normal.
  • Hindari Penggunaan Hairdyer, Agar rambut menjadi kering dalam waktu singkat, biasanya kita bisa menggunakan hairdryer. Namun, penggunaan terlalu sering, dapat membuat rambut menjadi kering  dan cenderung akan merusak kesehatan rambut, serta keutuhan rambut yang sudah di smoothing.
  • Gunakan Sisir Gigi Jarang, Rambut smoothing tetap harus disisir agar lebih rapi, namun sebaiknya perhatikan sisir yang digunakan. Sebaiknya gunakan sisir dengan gigi jarang, agar rambut tidak mudah rontok dan patah.
  • Lakukan Creambath,  Creambath juga dapat membuat rambut smooting kamu tidak mudah kaku dan selalu lembut terawat. Oleh sebab itu, lakukan setidaknya 2 kali seminggu creambath rambut di rumah maupun di salon favorit kamu.
  • Tidur dengan Posisi Kepala yang Benar, Rambut yang di smoothing juga tidak boleh tertekan oleh kepala, terlebih ketika tidur. Dikhawatirkan, rambut lurus kamu akan menjadi berantakan dan keriting kembali. Sebaiknya, perhatikan posisi kepala yang benar dan nyaman, agar rambut smoothing tidak rusak.
  • Hindari Pewarnaan Rambut, Rambut yang di smoothing biasanya tidak cocok dengan cat pewarna rambut, bahan kimianya bisa sangat merusak rambut. Jika memang ingin diwarnai, tunggu hingga 3 bulan setelah smoothing, baru bisa kembali mewarnai rambut.
Sponsors Link

Posisi Kepala Saat Tidur Setelah Smoothing

Rambut yang baru saja di smoothing, sebaiknya tidak banyak diberikan perlakuan, seperti model rambut blow permanen hingga keramas dengan menggunakan shampoo setiap hari, juga tidak perlu dilakukan dulu. Hal ini agar obat pelurus rambut  saat smoothing yang telah menempel pada rambut, akan meresap dengan sempurna dan menjadikan rambut semakin lurus dan rapi.

Hubunganya dengan posisi tidur, terkadang posisi tidur juga dapat merusak rambut smoothing kamu, jika tidur dengan posisi kepala yang kurang tepat. Agar rambut smoothing kamu tetap rapi setelah bangun tidur, berikut ini posisi kepala yang tepat untuk menghindari rambut smoothing menjadi berantakan:

  • Posisi Tidur Dengan Kepala Menghadap Samping

Posisi kepala menghadap ke samping, sangat umum dilakukan sebagian besar orang ketika tidur. Saat kepala menghadap ke samping, maka rambut tidak akan mengalami tekanan oleh kepala itu sendiri. Biarkan rambut smoothing kamu terurai dan jangan diikat. Dengan begitu, rambut smoothing  tentunya akan tetap rapi dan tidak kusut. Selain itu, posisi tidur dengan arah kepala seperti ini juga baik untuk kesehatan.

ads
  • Kepala Posisi Tegak dan Badang Terlentang

Posisi kepala berikutnya saat tidur untuk kamu yang rambutnya baru saja di smoothing adalah dengan kepala tegak menghadap ke atas. Posisi ini sama hal nya seperti pasien yang sedang dirawat di kamar rumah sakit. Usahakan rambut smoothing kamu terurai dan dirapihkan hingga berada di atas kepala. Usahakan tidak banyak bergerak ketika tertidur. Hasilnya manfaat menyisir rambut sebelum tidur akan membuat rambut smoothing kamu akan tetap rapi dan lurus.

  • Kepala Posisi Terlentang Setelah Rambut Smoothing di cuci

Jika sudah memasuki tahap 1 minggu lebih sejak rambut kamu di smoothing, maka mulailah melakukan perawatan untuk rambut tersebut. Rambut smoothing kamu bisa dikeramas terlebih dulu sebelum tidur. Biarkan rambut yang sudah dicuci hingga kering. Hindari tidur dalam kondisi rambut smoothing yang masih basah. Tidur dengan kondisi rambut diurai lurus di atas kepala, dengan posisi kepala terlentang agar tidak mengganggu rambut yang terurai.

  • Posisi Kepala Menyamping ke Kanan dengan Bantal yang Halus

Masih dengan posisi kepala yang sama, menghadap ke sebelah kanan dengan rambut yang diurai. Namun, penting untuk menggunakan bahan bantal yang permukaanya halus, seperti bahan sutera atau satin. Hal tersebut untuk menjaga agar keadaan rambut smoothing kamu saat tidur tidak mudah kusut dan rusak.

Saat tidur, rata-rata orang menghabiskan waktu 5 hingga 8 jam. Ketika itu, kita tidak akan menyadari bagaimana cara mengatasi rambut kering setelah keramas dengan kondisi rambut smoothing kita agar tetap terjaga dan tidak kusut. Oleh sebab itu, kita harus memadukan perawatan rambut sebelum tidur dengan posisi kepala saat tidur, agar rambut smoothing tetap lurus dan tidak mudah kusut dan rusak saat bangun tidur.

Tips Rambut Smoothing Tetap Lurus

Setelah bangun tidur, rambut juga tetap harus mendapatkan perawatan rutin serta diberikan nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan indah sepanjang hari. Berikut ini beberapa tips untuk merawat rambut smoothing kamu setelah bangun tidur:

  • Keramas dengan Shampoo Pelurus Rambut
  • Menggunakan Vitamin Untuk Rambut Smoothing
  • Lakukan Masker rambut secara rutin setiap minggu
  • Lakukan Creambath untuk hasil rambut smoothing yang lebih lurus tahan lama

Sebenarnya, Posisi kepala saat tidur yang dianjurkan ketika rambut kamu di smoothing hanya seperti ulasan di atas saja. Yang terpenting, kondisi rambut smoothing kamu tetap terawat hingga sebelum tidur. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan pada rambut smoothing sebelum tidur:

  • Rambut Harus Kering, Tidurlah dalam keadaan rambut kering. Jika memang telah keramas, sebaiknya keringkan dulu rambut dengan handuk kering. Hal tersebut untuk mencegah rambut menjadi menjadi lemah dan mudah rontok serta akan menimbulkan ketombe berlebih.
  • Geraikan Rambut, Rambut smoothing memang semakin indah ketika digerai dan sebaiknya tidak diikat atau dijepit. Ketika akan tidur, sebaiknya geraikan rambut smoothing kamu dan usahakan tidur dengan posisi kepala yang tidak menekan rambut smoothing tersebut.
Sponsors Link

  • Lakukan Perawatan Alami, Rambut smoothing juga dapat diberikan perawatan alami seperti penggunaan minyak zaitun. Oleskan terlebih dulu minyak zaitun sebelum tidur, pada ujung rambut smoothing. Tidur dengan posisi kepala yang dianjurkan untuk rambut smoothing. Keesokan harinya, jangan lupa untuk mencuci rambut dan bersihkan minyak zaitun tersebut hingga tak bersisa.
  • Menyisir Rambut Sebelum tidur, kamu juga bisa menyisir rambut smoothing, agar tidak mudah kusut ketika tidur. Namun, sebaiknya menyisir dengan pelan saja, untuk menghindari kerontokan rambut yang lebih parah.

Rambut yang telah di smoothing akan menjadi rambut lurus yang sesuai keinginan kamu. Agar rambut bisa terus tampak lurus alami seperti model rambut jessica mila , maka lakukan perawatan rambut smoothing dari mulai sebelum tidur hingga saat proses tidur itu sendiri. Lakukan tidur dengan posisi kepala saat tidur setelah smoothing yang tepat, untuk menghindari rambut smoothing yang menjadi kusut, rusak dan menjadi keriting kembali.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut