Sponsors Link

4 Persiapan Sebelum Catok Rambut Yang Harus Anda Perhatikan Dengan Baik

Mencatok rambut bagi sebagian wanita adalah hal yang sering mereka lakukan setiap hari untuk mendapatkan tatanan rambut yang lurus dan rapi. Tidak hanya untuk meluruskan, mencatok rambut juga dapat digunakan sebagai cara membuat rambut keriting dan cara membuat rambut bergelombang. Namun, tahukan kalian jika setiap hari kalian mencatok akan membuat rambut kalian menjadi rusak?. Mencatok rambut setiap hari malah akan menimbulkan kerusakan rambut jika tanpa melakukan perawatan dengan tepat, misalnya mengalami masalah rambut rontok, bercabang, sering patah dan menjadi kusam.

Bahkan dapat merusak kulit kepala karena seringnya terkena panas dari alat pencatok yang dapat mengakibatkan kulit kepala berketombe. Untuk menjaga agar rambut dan kulit kepala tetap sehat meskipun melakukan catok rambut, perlu beberapa hal yang dilakukan sebagai persiapan sebelum catok rambut agar rambut terjaga kesehatannya, rapi dan tetap cantik. Berikut beberapa persiapan sebelum catok rambut yang dapat kalian lakukan.

1. Memilih Alat Pencatok Rambut Yang Tepat

Alat pencatok amat menentukan kesehatan rambut kalian nantinya setelah dilakukan pencatokan. Alat pencatok yang memiliki kualitas terbaik adalah alat pencatok yang terbuat dari keramik, titanium dan tourmaline. Hal ini karena, alat pencatok yang terbuat dari keramik akan lebih cocok dan bagus untuk berbagai tipe dan tekstur kalian. Sedangkan untuk kalian yang memiliki jenis rambut yang ikal, sebaiknya gunakan alat pencatok dengan bahan titanium karena menghasilkan panas yang lebih namun masih bagus untuk rambut. Selain menentukan bahan alat pencatok, perhatikan pula tombol pengatur suhu. Sebaiknya kalian tidak memilih alat pencatok yang hanya memiliki tombol on, off, low, medium dan high. Lebih baik jika kalian dapat mengatur suhu yang akan digunakan pada saat mencatok. Sehingga akan lebih aman untuk kesehatan rambut.

2. Melakukan Perawatan Rambut Sebelum Dicatok

Sebelum melakukan pencatokan pada rambut, pastikan kalian keramas terlebih dahulu dan gunakan kondisioner agar rambut menjadi lembut dan dapat tergerai dengan indah. Setelah selesai keramas, keringkan rambut hingga setengah basah kemudian berikan vitamin rambut sesuai jenis rambut kalian hingga benar-benar merata. Setelah step ini kalian bisa melakukan pencatokan pada rambut kalian. Perawatan ini sebisa mungkin kalian lakukan sebagai persiapan sebelum catok rambut.

3. Produk Pelindung Panas Yang Tepat

Selain menggunakan vitamin rambut, kalian dapat menggunakan bahan pelindung rambut dari panasnya alat pencatok. Pelindung rambut dari panas ini dapat berupa krim, serum maupun mousse. Pada beberapa penata rambut terkenal mereka merekomendasikan dengan menggunakan moroccan oil, living proof’s straight spray atau produk lain dengan bahan yang mengandung silikon.

4. Gunakan Moisturizer Sebagai Perawatan Setelah Mencatok

Moisturizer yang digunakan setelah mencatok dapat membuat rambut menjadi lebih berat dan terkesan akan jatuh. Selain itu, memiliki keuntungan rambut menjadi lebih lembab dan tidak kering serta tetap terjaga kesehatannya. Untuk moisturizer yang sering direkomendasikan adalah pink original oil moisturizer dan aveda dry remedi. Selain itu, untuk tetap mempertahankan kerapian rambut, sisir rambut dengan menggunakan sisir yang memiliki gerigi longgar agar rambut tidak mudah patah, atau kalian dapat melihat dan memiliki macam-macam sisir rambut yang sesuai dengan keadaan rambut kalian.

Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau adalah kewajiban setiap wanita. Sehingga tidak dipungkiri mereka akan melakukan berbagai cara untuk mengembalikan keindahan rambut mereka dan menghilangkan masalah rambut yang mungkin timbul. Selain melakukan perawatan-perawatan dengan menggunakan bahan kimia, selalu menjaga pola hidup dan pola makan sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut, kulit dan juga tubuh. Semoga informasi tentang persiapan sebelum catok rambut yang disajikan pada artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Wanita