Sponsors Link

10 Perbedaan Rambut Ikal dan Keriting dengan Ulasan yang Mudah Dibedakan

Dari segi tekstur atau bentuk ataupun tampilannya, rambut memiliki beberapa jenis diantaranya rambut lurus, keriting, bergelombang, kribo, dan ikal. Namun, ada pula rambut lurus yang menjadi keriting, hal ini dikarenakan beberapa alasan. Penyebab rambut lurus menjadi keriting diantaranya yaitu penggunaan beberapa jenis roll rambut, terlalu sering mengikat rambut atau menggelung rambut sehingga rambut lurus menjadi keriting.

ads

Selain itu, ada pula yang sengaja mengubah rambut keritingnya menjadi lurus dengan cara mencatok atau rebonding. Pada pembahasan kali ini berhubungan dengan tipe-tipe rambut ini, yaitu tentang perbedaan rambut ikal dan keriting. Sekilas memang terlihat sama, lalu apa yang membedakannya? Yuk, simak beberapa penjelasan berikut ini!

Rambut Keriting

Dengan ulasan beberapa bentuk rambut keriting yang bisa anda ketahui:

  • Tekstur rambut seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor gen atau keturuan, sehingga apabila salah satu keluarga ada yang memiliki rambut keriting maka kemungkinan anggota keluarga lainnya berambut keriting.
  • Bentuk sel yang melahirkan bentuk keriting rambut, bentuk sel rambut itu sendiri yaitu lonjong sehingga membuat folikel rambut tumbuh sangat dekat dengan kulit kepala dan juga tumbuh tidak lurus berbentuk seperti ikal ular cobra.
  • Orang-orang di Afrika atau keturunan Negro biasanya memiliki rambut keriting, hal ini dikarenakan orang-orang disana memiliki iklim hangat dan juga lembab dengan tekstur yang sedikit kasar.
  • Namun, yang sering menjadi masalah bagi pemilik rambut keriting adalah kondisi iklim karena dapat mempengaruhi kelembaban rambut. Oleh karena itu, dengan cara menggunakan madu untuk rambut keriting menjadi lebih lembab dan terawat.

Rambut Ikal

Dengan ulasan beberapa bentuk rambut ikal yang bisa anda ketahui:

  • Perbedaan rambut curly atau keriting dengan ikal yaitu gulungan helaian rambut ikal lebih menggulung yang berbentuk seperti huruf O yang bergandengan erat.
  • Tekstur rambut ikal biasanya tebal dan kasar yang dimulai dari sebelah kulit kepala. Beberapa artis Indonesia yang memiliki rambut ikal, diantaranya Giring Nidji, vokalis band Hivi Dea, dan blogger Agnes Oryza.
  • Hampir sama dengan rambut keriting, rambut ikal juga cukup sulit untuk diatur karena mudah berantakan  serta kelembabannya dipengaruhi oleh iklim.
  • Namun, meskipun sulit diatur model rambut ikal ini cukup banyak diminati dan menjadi trend dikalangan pria dan juga wanita untuk tampil unik.
  • Bentuk dan teksturnya yang unik membuat penampilan pun ikut menjadi unik. Sehingga, tak heran jika banyak yang sengaja mengubah model rambutnya menjadi ikal agar tampak lebih menarik.
  • Bagi pemilik rambut ikal asli tidak perlu menggunakan produk rambut apapun untuk membentuknya, karena sudah tampak terdefinisi.

Cara Merawat Rambut Ikal dan Keriting

Setelah mengeatahui perbedaan rambut ikal dan keriting, maka selanjutnya yang perlu diketahui adalah bagaimana cara merawatnya. Hal ini dikarenakan kedua rambut ini memiliki tekstur yang sama yaitu tebal dan kasar, serta kelembabannya pun dipengaruhi oleh iklim sehingga perlu dilakukan perawatan rambut yang tepat. Dengan demikian rambut ikal dan keriting yang terawat dengan benar akan lebih mudah ditata atau diatur. Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut ikal dan keriting.

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Sponsors Link

Keramas setiap hari akan membuat rambut yang ikal dan keriting menjadi kering, sehingga sebaiknya jangan terlalu sering keramas. Hal ini dikaernakan keramas setiap hari menyebabkan minyak pada rambut mengikis atau berkurang sehingga rambut menjadi kering. Lakukan keramas setiap satu atau dua kali dalam seminggu untuk menjaga kelembaban rambut.

2. Gunakan Shampo dan Kondisioner

Perbedaan rambut ikal dan keriting terletak pada bentuknya, namun memiliki kesamaan tekstur rambutnya yang mudah kering dan kasar. Oleh karena itu, untuk merawatnya perlu menggunakan shampo yang tidak mengandung sulfat. Hal ini dikarenakan shampo biasanya mengandung sulfat dan juga detergen yang dapat membuat rambut ikal dan keriting menjadi kering dan mudah rapuh. Oleh karena itu, pilihlah shampo bebas sulfat serta diikuti dengan penggunaan kondisioner agar rambut lebih halus. Ketahui pula tips memilih kondisioner sesuai jenis rambut misalnya untuk rambut ikal dan keriting.

3. Hindari Menyisir Rambut

Macam-macam sisir rambut memang menarik dan dapat membantu kita untuk menata rambut. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi pemilik rambut ikal dan keriting karena menyisir rambut akan membuat rambut jadi kusut dan jadi susah diatur. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyisir rambut ikal dan keriting.

Sponsors Link

4. Keringkan Secara Alami

Selain jangan menyisir rambut, merawat rambut keriting ini juga tidak boleh dikeringkan dengan menggunakan hair dryer ataupun handuk. Menggosok-gosokkan rambut dengan menggunakan handuk setelah keramas tidaklah baik untuk rambut ikal dan juga keriting, karena akan membuatnya menjadi kering dan rapuh. Selain itu, penggunaan hair dryer ini juga tidak baik karena suhu panasnya akan membuat rambut menjadi kering. Namun, apabila ingin menggunakan hair dryer sebaiknya tambahkan corong di bagian mulut hairdryer sehingga hembusan anginnya tidak terlalu keras.

5. Gunakan Serum dan Hair Mask

Serum dan hairmask akan membantu menutrisi rambut sehingga rambut ikal dan keriting pun tetap terawat dengan baik. Gunakan serum seteah keramas untuk menjaga kesehatan dan kesegaran rambut. Selain itu, gunakan pula hair mask atau makser rambut untuk menjaga kesegaran, kelembaban, dan kesehatan rambut. Apabila Anda ingin menggunakan bahan-bahan alami, maka Anda bisa menggunakan masker madu untuk merawat rambut. Manfaat masker madu untuk rambut ikal dan keriting adalah dapat membantu menjaga kelembaban sehingga rambut lebih mudah diatur.

Itulah beberapa ulasan tentang adanya perbedaan pada jenis macam rambut yang bisa anda bedakan yaitu, antara rambut ikal dan keriting.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut