Sponsors Link

5 Perbedaan Masker Rambut dengan Creambath Dalam Perawatannya

Menjaga kecantikan tak hanya kulit saja, melainkan juga rambut yang merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menjadi sorotan banyak orang selain wajah. Oleh karena itu, kita perlu menjaga penampilan rambut kita dengan cara merawatnya. Bisa dengan cara merawatnya di salon ataupun merawat rambut sendiri di rumah. Perawatan rambut yang paling banyak dipilih diantaranya adalah masker rambut dan juga creambath.

ads

Beberapa orang memilih menggunakan masker rambut sebagai perawatan rambutnya, ada pula yang memilih melakukan creambath secara rutin. Lalu, apakah perbedaan antara masker rambut dengan creambath ini? Padahal tujuannya sama-sama untuk menjaga dan merawat tampilan rambut. Sebelmunya gayarambut.com telah membahas mengenai perbedaan masker rambut dan conditioner, kali ini gayarambut.com akan membahas mengenai apa saja perbedaan masker rambut dengan creambath. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkapnya:

1. Jenis Rambut

Perbedaan antara masker rambut dan juga creambath yang pertama adalah jenis rambut yang sesuai dengan perawatan rambut. Apabila Anda memiliki jenis rambut normal yaitu belum pernah terkena bahan-bahan kimia misalnya dari pewarnaan rambut, pencatokan rambut atau pelurusan rambut lainnya, maka cocok untuk melakukan creambath. Namun, bagi rambut yang telah terkena bahan-bahan kimia juga bisa melakukan creambath.

Sedangkan masker rambut ini ditujukan bagi jenis rambut tidak normal, maksudnya adalah rambut yang sudah atau sering terkena bahan-bahan kimia akibat proses pewarnaan rambut, smoothing, rebonding, dan lain sebagainya. Sehingga masker rambut ini biasa digunakan untuk merawat rambut tidak normal bahkan rusak. Selain itu, dengan cara menggunakan yogurt untuk rambut juga bisa menjadi pilihan sebagai perawatan rambut sendiri di rumah untuk mencegah dan mengatasi rambut kering dan rusak.

2. Krim yang dipakai

Krim yang dipakai sebagai masker rambut ini biasanya mudah untuk ditemukan di swalayan atau mini market terdekat dengan harga yang terjangkau, jadi Anda bisa merawat rambut dengan cara menggunakan masker rambut matrix misalnya. Sedangkan, krim yang dipakai untuk creambath biasanya disesuaikan dengan kondisi rambut misalnya Hair Energy Aloe Vera untuk rambut normal, Hair Energy with Royal Jelly untuk memperbaiki kondisi rambut kering, rusak, dan bercabang, serta Hair Energy with Kiwi Extract untuk rambut berwarna.

3. Cara Perawatan

Perbedaan masker rambut dengan creambath terletak pada cara perawatannya, dimana masker rambut lebih mudah dilakukan daripada creambath. Sehingga, creambath biasanya nyaman dilakukan di salon sedangankan masker rambut bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, meski lebih nyaman dilakukan di salon Anda juga tetap bisa melakukan creambath sendiri di rumah.

Caranya adalah keramas terlebih dahulu dengan shampo lalu keringkan dengan handuk. Kemudian, potong ujung rambut bercabang, lalu oles krim creambath secara merata sambil memijat. Selanjutnya, lakukan steaming dengan menggunakan uap air panas yang telah mendidih kemudian bilas rambut hingga bersih. Sednagkan, masker rambut sangat mudah dilakukan sendiri di rumah.

Pertama lakukan keramas terlebih dahulu dengan menggunakan shampo lalu oleskan krim masker rambut secara merata. Perbedaannya dengan creambath, cara penggunaan masker rambut tidak perlu disertai pemijatan dan penghangatan. Setelah masker rambut dioles secara merata, diamkan selama 5 hingga 10 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih tanpa menggunakan kondisioner.

Sponsors Link

4. Waktu Pemakaian

Perbedaan selanjutynya adalah waktu yang tepat untuk melakukan creambath dan masker rambut. Untuk hasil yang maksimal creambath bisa dilakukan sebulan sekali, sedangkan masker rambut bisa dilakukan seminggu sekali agar hasil lebih maksimal. Selain menggunakan masker-masker produksi pabrik, Anda juga bisa menggunakan masker alami misalnya dengan cara menggunakan madu untuk rambut agar tetap lembat dan terawat.

5. Manfaatnya

Seperti halnya perbedaan rambut smoothing dan rebonding yang memiliki manfaat masing-masing, perbedaan antara creambath dan masker rambut ini juga memiliki manfaat atau fungsi masing-masing. Creambath sendiri bermanfaat membuat rambut menjadi lebih halus, menghilangkan rambut bercabang, mencegah kerusakan rambut, dan menghaluskan rambut. Sedangkan masker rambut bermanfaat untuk meningkatkan kualitas rambut, menenangkan diri sejenak, dan perawatan rambut yang mudah dilakukan serta lebih hemat.

Sponsors Link

Tips Perawatan Rambut dengan Creambath dan Masker Rambut

Itulah beberapa perbedaan masker rambut dengan creambath yang telah dijelaskan secara lengkap. Setelah mengetahui beberapa perbedaan tersebut, ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam melakukan crambath dan masker rambut, yaitu:

  • Pilihlah krim creambath ataupun masker rambut sesuai dengan kondisi rambut dan lakukan perawatan seuai dengan kebutuhan.
  • Apabila ingin melakukan creambath dan masker rambut sendiri di rumah, maka harus lebih jeli dalam memilih krimnya agar tidak memperburuk kondisi rambut karena banyak krim-krim palsu yang beredar.
  • Selain itu, pada saat melakukan creambath pelu dilakukan pemijatan dan steaming atau penguapan untuk hasil yang maksimal. Sedangangkan, masker rambut seperti layaknya menggunakan masker wajah yang tidak perlu dipijat. Namun, jika ingin melakukan pemijatan saat menggunakan masker rambut juga bisa tetapi cukup sebentar saja.
  • Agar hasilnya maksimal baik dengan cara creambath ataupun masker rambut, Anda perlu melakukannya secara ruting. Lakukan creambath sebulan sekali untuk hasil yang maksimal agar rambut tetap indah dan terawat. Sedangkan, masker rambut bisa Anda gunakan sendiri di rumah secara rutin seminggu sekali untuk menjaga kelembaban dan keindahan rambut.

Demikian beberapa ulasan dari adanya masker rambut dan juga creambath rambut yang ternyata mempunyai perbedaan yang berbeda-beda.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut