Sponsors Link

5 Perbedaan Cat Rambut dan Toning Dalam Penggunaannya

Banyak cara yang dilakukan untuk menambah rasa percaya diri seseorang. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan merubah penampilan. Untuk hal ini, rambut merupakan salah satu hal yang sering dirubah guna menambah rasa percaya diri.

ads

Beberapa cara yang dilakukan untuk membuat rambut tampak berbeda diantaranya adalah dengan merubah warna rambut dengan mengecat rambut ataupun dengan melakukan toning. Banyak orang melakukan hal ini karena dianggap bisa membawa perubahan pada penampilan mereka dan membuat mereka menjadi lebih percaya diri.

Namun meskipun memiliki tujuan yang sama, sebenarnya terdapat perbedaan cat rambut dan toning yang jarang diketahui orang. Banyak orang yang menganggap jika toning dan cat rambut merupakan hal yang sama.Adapun perbedaan cat rambut dan toning yang harus kita ketahui adalah :

1. Perbedaan pada prosesnya

Hal yang harus anda ketahui adalah pada proses toning ini rambut yang diwarnai hanya melapisi bagian luar rambut saja atau dengan kata lain tidak sampai pada bagian kutikula. Sementara pada proses cat rambut seluruh bagian rambut benar – benar diwarnai.

2. Ketersediaan pilihan warna

Perbedaan lainnya dari proses toning dan cat rambut ini adalah ketersediaan pilihan warna yang bisa anda pilih. Untuk proses toning biasanya warna yang tersedia sangat terbatas dan cenderung hanya beberapa warna yang natural saja. Sementara pada proses cat rambut anda bisa lebih banyak memiliki warna yang anda inginakan. Pada proses cat rambut warna yang tersedia bisa dari warna yang sangat terang hingga warna yang sangat gelap sekalipun.

3. Ketahanan warna

Perbedaa lain yang juga harus anda ketahui antara toning dan cat rambut adalah masalah lamanya ketahanan warna yang anda pilih pada rambut anda. Pada proses toning warna biasanya hanya mampu bertahan maksimal dalam jangka waktu 3 bulan. Sementara pada proses cat rambut warna bisa bertahan lebih lama daripada proses toning. Meskipun waktu nya lebih tahan lama, namun cat rambut juga bisa kita hilangkan sendiri.

4. Kandungan kimia

Baik cat rambut maupun toning keduanya menggunakan bahan kimia pada kandungannya. Namun kandungan bahan kimia sebagai bahan dari toning lebih sedikit dari kandungan kimia yang terdapat pada bahan cat rambut. Meskipun demikian kita harus tetap waspada terhadap bahaya dari toning dan cat rambut ini.

5. Hasil akhir

Perbedaan lain dari proses toning dan cat rambut ini adalah pada hasil akhir yang akan didapatkan. Hasil akhir proses toning ini akan terlihat lebih natural daripada proses cat rambut.

Bahaya Sering Menggunakan Toning dan Cat Rambut

Itulah beberapa perbedaan cat rambut dan toning yang harus kita ketahui sebelum kita melakukan salah satu proses tersebut. Namun selain mengetahui perbedaannya, hal yang harus kita ketahui juga adalah bahaya dari melakukan proses toning dan cat rambut ini. Beberapa bahaya dari proses toning dan cat rambut ini diantaranya adalah :

Sponsors Link

  • Bisa menimbulkan alergi

Bahaya yang bisa timbul dari melakukan kedua proses ini adalah munculnya alergi. Alergi ini muncul akibat dari kandungan kimia pada bahan dari cat rambut dan toning itu sendiri. Gejala alergi yang biasanya muncul adalah munculnya rasa nyeri pada garis rambut atau wajah dan juga terjadinya pembengkakan pada wajah. Hal lain juga ketahuilah kapan waktu kadaluarsa dari produk cat rambut yang kita gunakan.

  • Bisa mengakibatkan keracunan

Keracunan bisa saja terjadi pada proses cat rambut ini Hal itu karena di dalam cat rambut terdapat kandungan timbal asetat. Asam asetat sebenernya bahan yang wajar pada cat rambut asalkan konsentrasi kandungannya tidak melebihi 0,6 persen. Jika melebihi batasan itu maka timbal asetat akan menjadi berbahaya jika terhirup dan bisa menimbulkan keracunan.

Itulah beberapa perbedaan cat rambut dan toning dan juga beberapa bahaya yang bisa saja terjadi jika kita salah dan berlebihan dalam penggunaannya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut