Sponsors Link

17 Perawatan Rambut Kering Dan Mengembang Secara Alami

Rambut yang sering dialami oleh banyak di alami oleh setiap orang adalah masalah rambut kering ataupun juga sering mengalami rambut mengembang. Hal ini, banyak sekali di diamkan saja oleh banyak orang yang mengalaminya karena, adanya ketakutan untuk tidak cocoknya obat pada rambutnya. Penggunaan obat dengan asal-asalan akan membuat rambut anda akan lebih parah, contohnya rambut menjadi rontok yang parah yang akan menimbulkan kebotakan pada rambut anda. Namun, dengan bahan alami yang bagus sekali untuk rambut ini sangat cocok di pakai oleh usia berapa pun dan tidak menimbulkan efek samping pada semua jenis rambut semua orang.

ads

Lalu apa sih bentuk bahan-bahan alami yang sering digunakan untuk rambut, dan sangat cocok untuk rambut anda dengan tampilan yang bagus untuk rambut anda. Inilah berikut beberapa bahan yang wajib anda coba untuk rambut anda:

1. Menggunakan bahan alami

Bahan alami yang digunakan untuk perawatan rambut yang sangat bagus yang bisa anda gunakan, sangatlah banyak. Namun, masing-masing buah tidak semua bisa untuk mengatasi semua masalah rambut. Hanya ada beberapa buah yang sangat bagus untuk digunakan dalam rambut anda yang bisa anda ketahui sebagai berikut:

  • Buah Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang bermanfaat, salah satunya yakni untuk merawat rambut yang kering. Buah alpukat memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak, diantaranya alpha–carotene, beta-carotene, beta-cryptoxanthin, chrysanthemaxanthin, lutein, neochrome, neoxanthin dan lain sebagainya. Alpukat juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, tembaga, besi, fosfor dan magnesium.

Cara menggunakan buah alpukat ini untuk mengatasi dan perawatan rambut kering dan mengembang yakni dengan menghaluskan daging buah alpukat terlebih dahulu. Oleh karena itu, pilihlah buah alpukat yang sudah matang sehingga dagingnya dapat mudah dihaluskan. Setelah itu, oleskan secara merata pada rambut. Diamkan sejenak 20 – 25 menit lalu bilas sampai bersih.

  • Jeruk nipis

Tidak hanya buah alpukat, namun jeruk nipis juga mempunyai kandungan gizi yang sangat kaya, salah satunya untuk memperbaiki ciri – ciri rambut rontok dan juga rambut kering. Kandungan yang dimiliki jeruk nipis ini adalah antara lain; asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, glikosida, asam sitrun, lemak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kandungan yang dimiliki jeruk nipis ini mampu memenuhi nutrisi yang benar – benar dibutuhkan oleh rambut kering.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk merawat rambut kering ialah potong jeruk nipis menjadi bagian – bagia terkecil terlebih dahulu. Kemudian peras jeruk nipis dan tempatkan air perasan kedalam sebuah wadah. Gunakam air peras jeruk nipis yang telah dikumpulkan tadi untuk dioleskan ke rambut Anda. Oleskan secara merata pada rambut dan tunggu beberapa saat sekitar 25 – 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih untuk membersihkan air sisa jeruk nipis pada rambut.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun memang dikenal dengan manfaatnya di berbagai bidang, salah satunya untuk rambut. Minyak zaitun memiliki kandungan – kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, E, K, asam lemak, asam palmitat, asam maristat dan masih banyak lagi yang lainnya. Minyak zaitun juga mengandung kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan dan dapat membantu dalam menghambat proses oksidasi serta kolesterol dari dalam tubuh. Bagi rambut, minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan pelembab alami. Cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut kering ialah oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut kemudian beri pijatan lembut pada daerah kulit kepala. Tunggu beberapa saat sekitar 25 – 30 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

  • Essential oil/hot oil
Sponsors Link

Hot oil atau Essential oil memiliki kandungan yang kurang lebih serupa dengan minyak zaitun. Macam – macam minyak essential yakni minyak almond, minyak canoia, minyak jojoba dan lain – lain. Jika ingin mengetahui cara membuat essential oil / hot oil ini, juga sangat bagus untuk cara menipiskan rambut Anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini: Panaskan air dalam panci. Lalu letakkan minyak essential kedalam sebuah mangkuk tahan panas (mangkuk plastik) dalam air yang dipanaskan tersebut, sehingga berada dalam posisi yang mengambang. Setelah minyak mulai bersuhu hangat, keluarkan mangkuk dari panci. Hot oil atau minyak panas sudah siap untuk digunakan.

Cara menggunakan hot oil untuk merawat rambut kering ialah sisir rambut terlebih dahulu dengan sisir bergigi lebar. Gosok rambut Anda dengan minyak yang dipanaskan sebelumnya. Oleskan pada rambut secara merata mulai dari kulit kepala, helai rambut dari pangkal hingga ujung, usahakan mengenai ke seluruh bagian – bagian rambut. Gunakan kembali sisir bergigi lebar untuk meratakan minyak panas ke seluruh bagian rambut tadi. Tutup rambut menggunakan shower cap, handuk, atau kain apapun dan diamkan selama beberapa saat sekitar 20 – 25 menit. Setelah itu, bilas rambut Anda dan akhiri dengan mencuci rambut atau keramas menggunakan shampoo. Lakukan cara ini minimal dua kali seminggu jika ingin memperoleh hasil rambut yang maksimal.

  • Cuka apel

Cuka apel diperkaya kandungan – kandungan seperti asam amino, kalium, magnesium, vitamin dan beta karoten, asam hidroklorit dan berbagai kandungan bermanfaat yang lainnya. Selain bermanfaat untuk tubuh (dapat melancarkan pencernaan, menangkal kanker), cuka apel juga sangat bermanfaat untuk rambut, khususnya untuk cara merawat rambut berminyak juga mengatasi rambut kering.

ads

Cara menggunakan cuka apel untuk perawatan rambut kering dan mengembang yaitu dengan cara mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan satu sendok minyak gandum dan dua cangkir air putih. Aduk ketiga campuran tersebut hingga rata. Oleskan ketiga campuran tersebut pada rambut yang masih basah. Lakukan setelah selesai keramas (menggunakan sebagai conditioner) lalu diamkan selama beberapa saat kurang lebih 10 – 15 menit. Bilas menggunakan air bersih setelahnya. Gunakan conditioner setelahnya untuk menghilangkan bau menyengat yang dihasilkan cuka apel tersebut.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan unsur karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflavin, niasin, kalsium dan banyak lagi yang lainnya. Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut kering yakni dengan terlebih dahulu membasahi rambut dengan air. Setelah itu, oleskan rambut dengan lendir yang terdapat pada lidah buaya. Oleskan sampai lendir lidah buaya benar – benar merata pada seluruh bagian kulit kepala. Pijat kulit kepala secara lembut lalu diamkan sejenak kurang lebih selama 15 – 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih untuk menghilangkan lendir lidah buaya tadi. Akhiri dengan keramas.

2. Menggunakan Produk Rambut Bebas Alkohol

Setiap orang memang sering menggunakan produk styling rambut untuk mempermudah memberi model dan gaya rambut sesuai keinginannya. Macam – macam produk styling rambut adalah seperti hair mousse, hair gel, hair spray, hair cream, dan lain sebagainya. Hal yang harus diperhatikan pada tanda – tanda rambut tumbuh dari pemakaian produk styling rambut ini yaitu gunakan produk styling rambut yang sesuai dengan rambut Anda. Namun penggunaan produk rambut seperti ini tidaklah seharusnya digunakan terlalu sering. Beberapa produk styling rambut dilengkapi dengan kandungan alkohol yang nantinya berdampak berbahaya bagi kesehatan rambut.

Penggunaan produk styling rambut yang terus menerus dapat mengakumulasi senyawa alkohol pada kulit kepala. Hal itu menyebabkan kandungan minyak yang diproduksi oleh hormon rambut terserap sehingga rambut menjadi kering dan akhirnya kusam. Dampak seperti ini dapat Anda tangani dengan menghindari penggunaan produk styling rambut yang mengandung alkohol dan mulai menggunakan produk rambut yang alami.

3. Sering Menyisir Rambut

Rambut yang jarang disisir menjadi seakan penyebab rambut mengembang atau dalam kata lain, bentuk rambut menjadi seperti bentuk ‘gimbal’. Rambut yang sering disisir menyebabkan rambut menjadi lurus dan beraturan, sehingga menjadi rapi dan tidak mengembang. Cara menyisir rambut dengan benar. Sisir rambut secara perlahan menurun dari atas kulit kepala hingga sampai ke ujung rambut. Hal ini tidak hanya akan meluruskan folikel rambut namun juga akan melancarkan sirkulasi minyak alami yang telah diproduksi kulit kepala agar tersebar merata kedalam rambut. Minyak alami rambut dapat menyehatkan rambut dan menjaga rambut agar tetap bernutrisi dan bercahaya.

4. Rutin Keramas

Keramas atau mencuci rambut sangatlah penting untuk kesehatan rambut. Tidak hanya untuk menjaga nutrisi saja, keramas juga dapat melemaskan dan membuat rambut tetap lembut, sehat dan berkilau. Seseorang yang rajin dan secara rutin keramas, maka Ia akan memiliki rambut yang lembut, sehat bernutrisi. Namun keramas yang dilakukan disini haruslah dilakukan dengan benar. Lalu bagaimana cara keramas yang benar agar rambut tidak kering?

Cara keramas rambut untuk rambut yang kering. Jangan keramas terlalu sering (setiap hari). Keramas terlalu sering justru akan menghilangkan kandungan minyak alami dalam rambut. Padahal minyak alami sangatlah berguna untuk kesehatan rambut. Jika minyak alami hilang, lantas rambut akan menjadi kering. Selanjutnya, jangan membilas rambut dengan air panas seusai keramas. Air panas juga akan merusak rambut termasuk sel – sel rambut dan kulit kepala. Gunakan air dingin untuk membilas rambut seusai keramas. Untuk menambah ekstrak atau efek lembut pada rambut (tidak kering) setelah keramas, gunakan conditioner setelah keramas, lalu sisir rambut untuk meratakan conditioner ke seluruh permukaan rambut, sehingga rambut menjadi lembut, halus dan lembab.

Sponsors Link

5. Tidak Menguncir Rambut

Menguncir rambut mungkin bisa menjadi model gaya rambut yang sering digunakan oleh Wanita, utamanya bagi yang memiliki rambut panjang. Namun ternyata, menguncir rambut terlalu sering seperti ini memiliki dampak yang buruk bagi rambut. Menguncir rambut menyebabkan rambut kekurangan ruang untuk bernafas, hal ini juga tidak menutup kemungkinan beberapa folikel rambut akan rusak. Sehingga tak jarang bagi orang yang sering menguncir rambutnya, akan mengalami kerontokan dan lama kelamaan rambut menjadi kering dan kusam.

Dan masih banyak lagi cara perawatan rambut kering dan mengembang, untuk cara perawatan rambut anda yang sedang mengembang, sebagai berikut:

  1. Mengeringkan Rambut Dengan Benar.
  2. Mengganti Model Gaya Rambut.
  3. Memotong Rambut Secara Rutin.
  4. Menggunakan Vitamin Rambut.
  5. Kurangi Penggunaan Hair Dryer.
  6. Menggunakan Conditioner.

Nah, itulah beberapa ulasan dari perawatan rambut yang bermasalah seperti rambut anda yang sedang mengalami kering ataupun juga sedang mengembang.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut