Sponsors Link

10 Penyebab Rambut Kutuan yang Wajib Diketahui

Masalah kutu rambut umumnya menjadi masalah rambut yang cukup serius, dibandingkan masalah rambut lainya yang sering dialami oleh pria maupun wanita dan juga anak-anak. Pasalnya, kutu rambut ini adalah hewan parasit yang jika ada di kulit kepala kita, maka akan menjadi parasit yang menyebabkan rambut menjadi gatal dan sangat mengganggu aktifitas kita. Untuk menghilangkanya, kita harus mengetahui penyebab kutu rambut tersebut. Jika terjadi pada anak, kita bisa gunakan shampo kutu untuk rambut anak yang ampuh.

ads

Tahukah kamu, jika kutu rambut ini awalnya berasal dari telur kutu. Telur akan membutuhkan waktu hingga 10 hari dan akan menetas. Kutu rambut betina umumnya akan bertelur kurang dari 10 telur hingga waktu 24 jam. Kutu rambut yang betina ini biasanya keluar setiap malam hari. Rata-rata usia kutu pada rambut kita bisa bertahan hingga 1 bulan dan setelah itu akan mati. Namun, kutu sebaiknya harus dibasmi, karena jika tidak, kutu tidak akan pernah mati, kecuali menggunakan cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun yang alami.

Penyebab Rambut Kutuan

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah rambut kutuan, agar bisa membasmi kutu tersebut sebaiknya kita ketahui penyebab munculnya kutu rambut tersebut agar bisa melakukan tindakan perawatan dan pencegahan bagi rambut yang berkutu. Berikut ini penyebab rambut kutuan yang sering terjadi :

  • Rambut kamu Kotor

Ternyata kutu rambut bisa muncul pada kondisi rambut yang sedang kotor.  Kutu rambut pastinya suka dengan tempat yang kotor dan tidak bersih. Sebab itu, kita harus rajin berkeramas minimal hingga 3 kali sehari, agar rambut tetap bersih dan segar. Kutu rambut juga tidak akan hinggap di rambut kita yang sudah bersih.

  • Shampo Rambut

Shampo dapat digunakan untuk membilas rambut dan membuat rambut lebih bersih dan segar. Tapi, jika shampoo yang kita gunakan ternyata kurang cocok dengan rambut, rambut kita akan mengalami masalah seperti ketombe hingga rambut rontok. Rambut yang sedang bermasalah seperti ini, juga rentan dihinggapi telur kutu, sehingga kutu dapat timbul dan menimbulkan gatal pada rambut.

  • Kontak Secara Tidak Langsung

Coba kamu lakukan pengecekan kebersihan di area kamar tidur kamu. Periksa apakah kamu pernah menggunakan sisir bersamaan dengan teman, cek juga kebersihan handuk, baju hingga bantal dan helm kamu, karena siapa tahu, penularan rambut berkutu ini terjadi karena berawal dari kontak yang tidak langsung juga, seperti beberapa hal diatas.

  • Kontak Secara Langsung

Kebalikan dari kondisi kontak tidak langsung, kontak secara langsung ini sangat memudahkan kutu untuk berpindah dari satu rambut ke lain rambut. Biasanya hal ini sering terjadi pada anak-anak, dimana mereka sering bermain bersama dalam jarak yang cukup dekat.

  • Kamar yang Kotor

Kamar kamu juga harus diperiksa, siapa tahu kutu rambut yang kamu alami awalnya berasal dari kamar tidur pribadi. Kamar yang kondisinya kotor , terlebih pada bagian sarung bantal dan bantalnya sendiri, jika kotor, maka kutu rambut akan mudah sekali hinggap di rambut kita.

  • Iklim Tropis

Masyarakat Indonesia termasuk orang Asia yang memiliki iklim tropis. Pada iklim ini, kita bisa beraktifitas saat cuaca panas sekalipun. Padahal, hal ini cenderung bisa memudahkan rambut terkena kutu karena sering menerima cuaca panas, berkeringat dan menyebabkan rambut kotor. Ikuti juga cara menghilangkan kutu rambut dengan lidah buaya yang alami dan ampuh.

Sponsors Link

  • Sering Berenang di Kolam Renang

Kutu ternyata dapat bertahan di air dengan kandungan klorin tinggi seperti kolam renang. Banyaknya orang yang melakukan aktifitas berenang ini, mungkin menularkan langsung ke rambut kita melalui air. kutu dapat bertahan hingga 1 jam di dalam air kolam dan jika sudah bergerak menuju rambut, kutu tidak akan lepas begitu saja walau terdapat dalam air kolam.

  • Penutup Kepala

Penutup kepala dalam hal ini bisa berupa hijab, bando atau topi yang digunakan untuk menutupi kepala di saat tertentu. Beberapa benda tersebut ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya kutu rambut. Hal ini dapat terjadi karena kondisi penutup kepala tersebut yang kotor dan jarang dicuci bersih.

  • Tidak merawat Kebersihan Kepala

Rambut yang jarang dikeramas, jarang diberikan perawatan rambut khusus umumnya juga rentan menjadi rambut yang kutuan. Jangan heran jika kamu tidak keramas selama beberapa hari, rambut dan kulit kepala akan terasa gatal, terutama untuk kamu yang sering berkeringat. Rambut kutuan setidaknya bisa diatasi dengan penggunaan shampoo secara rutin.

  • Meminjam Perawatan Rambut Milik Orang Lain

Terkadang kita sering melakukan hal yang sebenarnya sepele, tetapi bisa berakibat cukup fatal, khususnya untuk kesehatan rambut kita. Sebaiknya tidak meminjam benda-benda seperti sisir atau alat perawatan rambut lainya milik orang lain, yang kita tidak ketahui kebersihanya. Hal tersebut, dapat memudahkan kutu berpindah ke rambut kita.

ads
  • Bersinggungan dengan Orang yang Kutuan

Hal ini tentunya harus dihindari, untuk menghindarkan kutu menjadi berpindah ke rambut kita. Dengan bersinggungan langsung, maka kita akan mudah terkena kutu rambut. Kutu dapat berpindah dengan merangkak dan setelah menempel di rambut kita, kutu tersebut akan bersarang dan membuat kulit kepala menjadi sangat gatal.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Memiliki rambut yang ternyata sering mengalami gatal-gatal karena kutu, ternyata sangat membuat tidak nyaman ketika beraktifitas. Mungkin saja disebabkan oleh ciri ciri rambut berkutu yang tidak disadari. Oleh sebab itu, kutu tersebut harus segera dibasmi secepat mungkin. Kamu bisa menggunakan shampoo anti kutu dengan kandungan zat yang aktif untuk menghilangkan kutu rambut atau menggunakan obat kutu rambut yang banyak terdapat di apotek atau toko terdekat. Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan kutu rambut dengan cara sederhana dan menggunakan bahan alami seperti berikut:

  • Minyak zaitun, Cukup keramas dengan menggunakan shampoo hingga rambut berih, kemudian keringkan rambut. Setelah itu aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepala dan pijat dengan lembut serta merata. Lakukan sebelum tidur, lalu tutup kepala dengan shower cap. Keesokan harinya, cuci kembali rambut dengan shampoo hingga bersih
  • Sisir Kerit, Sisir kerit seperti ini biasanya banyak ditemukan ditoko kosmetik sekita rumah. Gunakan sisir kerit dengan jarak antar gigi sisirnya sebesar 0.2mm yang paling sempit. Denga begitu, tidak hanya kutu tapi telur kutu juga akan ikut tersisir. Sebelumnya, jangan lupa basahi rambut terlebih dulu. Lakukan setidaknya 4 hari sekali
  • Asam cuka, Sifat asam yang terdapat pada asam cuka ini ternyata cukup ampuh juga untuk menghilangkan kutu rambut serta telur kutu. Namun, kamu harus menggunakanya secara hati-hati dan sesuai takaran, sebab sifat asam cuka ini bisa menimbulkan iritasi. Kamu juga bisa menambahkan sedikit air agar tidak terlalu asam.
  • Lemon , Siapkan 2 buah lemon asli lalu peras airnya saja. Campurkan dengan air dan aduk hingga rata. Mulai teteskan cairan tersebut di bagian kulit kepala kemudian pijit perlahan dalam waktu hingga 10 menit. Diamkan hingga 40 menit, lalu keramas dengan shampoo dan bilas dengan air hangat.
  • Mayonnaise, tidak hanya untuk makanan atau salad, Mayonnaise juga bisa digunakana sebagai bahan alami untuk mengusir kutu rambut secara permanen. Oleskan mayo pada kulit kepala kamu dan lakukan pijat lembut hingga rata. Pakai shower cap dan tutup rambutmu, biarkan hingga 6 jam. Setelah itu keramas dan bilas rambut, lalu setelah kering sisir rambut dengan sisir kerit.
  • Mouth Wash, cairan mouth wash ini juga bisa dijadikan alternatif sebagai penghilang kutu rambut yang cukup ampuh. Tuangkan obat kumur mulut ini pada area rambut sedikit-sedikit, lalu pijatlah dengan lembut. Tutup kepala dengan shower cap hingga 2 jam. Keramas dan bilas dengan air bersih.
  • Alkohol, pilih alcohol dengan kadar 70% juga dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut yang membandel. Senyatawa isoprofil dalam alcohol ini dapat membunuh kutu dan telurnya.  Lakukan perawatan rambut dengan alcohol ini maksimal 1 kali seminggu. Jangan lakukan jika kondisi kepala sedang terluka.
Sponsors Link

  • Bawang putih, bawang putih dalam jumlah cukup banyak dicampur dengan air jeruk nipis yang dihaluskan  dapat membantu menghilangkan kutu rambut yang membandel. Oleskan campuran tersebut hingga merata di kulit kepala. Gunakan shower cap seperti biasanya, diamkan selama setengah jam saja. Keramas dan bilas rambut hingga bersih.
  • Minyak Kelapa, Kandungan vitamin E pada kelapa dapat membuat rambut menjadi lembut dan sehat. Selain itu, dapat juga membantu mengusir kutu rambut yang terdapat di dalamnya. Siapkan 2 sendok makan minyak kelapa yang sudah dihangatkan sebentar saja.Mulai oleskan dan pijak ke bagian kulit kepala selama 15 menit. Pakai penutup kepala dan tidur serta diamkan hingga keesokan harinya. Keramas dengan shampoo dan bilas hingga bersih.

Menjaga kebersihan rambut adalah bagian dari perawatan rambut agar terhindar dari masalah rambut yang cukup mengganggu aktifitas. Kamu harus tahu perbedaan gatal ketombe dan kutu agar mendapatkan solusi yang tepat. Jika rambut mengalami penyebab rambut kutuan yang cukup berbahaya dan bisa merusak kesehatan rambut, maka kita harus mengatasi penyebab rambut kutuan tersebut dengan cara alami maupun dengan menggunakan obat dan shampoo kutu rambut yang ampuh.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut