Sponsors Link

Tidak Disangka! 18 Penyebab Rambut Keriting Di Ujung yang Sering Diabaikan

Meluruskan rambut keritingPenyebab rambut keriting di ujung ternyata cukup banyak. Mungkin sebagian besar orang berpikir rambut keriting di ujung disebabkan karena kondisi rambut yang kering, sering menggunakan zat kimia seperti pewarna rambut, hingga akibat smoothing dan bonding.

ads

Rambut keriting di ujung juga banyak yang mengira disebabkan karena kondisi pikiran yang stres. Kondisi rambut keriting di ujung ini yang pasti bisa merusak penampilan Anda. Apalagi jika Anda berusaha untuk meluruskan ujung rambut yang keriting ini. Malah takutnya kondisi rambut bisa menjadi semakin rusak. Nah sebelum Anda melakukan perbaikan pada rambut keriting di ujung ini, ada baiknya mengetahui penyebabnya. Dengan diketahui penyebabnya ini maka Anda bisa dengan mudah memperbaiki kondisi rambut bahkan mencegahnya terjadi lagi. Yuk simak, apa saja penyebab dari ujung rambut yang keriting:

1. Gen TrichoylAayin

Biasa disebut juga sebagai gen bawaan ketika lahir. Gen ini disebabkan adanya pengaruh dari kondisi rambut orangtua. Jika orangtua Anda atau salah satunya memiliki rambut keriting maka bukan tidak mungkin Anda bisa mewarisinya.

2. Polusi Udara

Lingkungan sekitar yang kotor ternyata bisa menyebabkan ujung rambut keriting. Jika dalam keseharian Anda sering menghadapi polusi udara, maka tidak heran jika kondisi rambut bisa berubah menjadi tidak sehat. Polusi udara bisa membuat rambut kotor dan ketika rambut tidak dirawat maka bisa rusak. Selain membuatnya kusam, polusi udara pun bisa memicu ujung rambut menjadi keriting.

3. Rambut Terlalu Panjang

Tahukah Anda semakin panjang gaya rambut maka semakin banyak juga nutrisi yang dibutuhkan agar rambut tetap sehat. Ketika rambut Anda semakin panjang namun tidak memberikan nutrisi yang cukup maka jangan heran jika ujung rambut akan mulai “mengeriting”.

4. Folikel Rambut Asimeteris

Kelainan folikel asimetris bisa mengakibatkan ujung rambut keriting. Kelainan ini merupakan salah satu kelainan dari lahir dan disebabkan karena kelainan-kelainan tertentu. Normalnya folikel itu simetris namun karena adanya kelainan menjadi asimetris atau ujung rambut berubah menjadi keriting.

5. Kondisi Rambut Kusut

Rambut kusut baik itu karena tidak disisir ataupun terkena tiupan angin bisa menyebabkan ujung rambut keriting. Ada juga kondisi rambut yang mudah kusut karena kurangnya nutrisi pada kulit kepala bau dan berminyak.

6. Rambut Tidak Bersih

Tahukah Anda jika kondisi rambut tidak bersih maka bisa menghilangkan nutrisi pada rambut. Hasilnya, bisa membuat rambut terlihat kusam, mudah kusut, dan keriting pada ujungnya. Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan rambut. Namun jangan sampai sembarangan juga dalam menggunakan shamponya. Anda bisa menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambut dan permasalahan yang sedang dihadapi.

Sponsors Link

7. Penggunaan Karet Gelang untuk Mengikat Rambut

Tanpa disadari, penggunaan karet gelang untuk mengikat rambut bisa menyebabkan ujung rambut keriting loh. Sifat karet gelang yang dapat melilit dan mematahkan rambut saat dilepas ikatannya bisa memperburuk kondisi rambut. Untuk itu, jika Anda hendak mengikat rambut, pastikan menggunakan ikatan khusus rambut yang bahannya memang aman.

8. Menggunakan Pengering Rambut

Apakah Anda sering menggunakan pengering rambut? Baik itu hairdryer ataupun pelurus rambut? Memang alat ini bisa membuat rambut terlihat rapih namun jika digunakan terlalu sering hanya akan merusak rambut. Tidak hanya membuat rambut lebih kering dan kusam, tetapi juga membuat ujugnya keriting. Kondisi ujung rambut keriting akibat terlalu sering menggunakan pengering rambut ini dikarenakan asupan nutrisi pada rambut berkurang.

9. Penggunaan Bahan Kimia

Jika gaya rambut Anda berwarna maka waspadalah karena bisa memicu ujung rambut keriting. Penggunaan pewarna rambut hingga pelurus rambut bisa menyebabkan ujung rambut keriting. Terlebih jika Anda tidak melakukan perawatan seperti rajin memberikan nutrisi pada rambut. Penggunaan pewarna rambut juga akan membuat rambut terlihat kering, kusam, dan mudah bercabang. Bagi Anda yang tetap ingin menggunakan bahan kimia pada rambut, pastikan diiringi juga dengan perawatan seperti rajin creambath, hairmask, dan mengurangi penggunaan alat pengering rambut.

ads

10.Mencuci Rambut Berlebihan

Mencuci rambut atau keramas memang penting untuk menjaga kebersihan rambut. Namun jika Anda berlebihan dalam melakukan pencucian rambut maka bisa menghilangkan kandungan minyak alami rambut. Hasilnya rambut akan terasa lebih kasar dan rapuh.

Kondisi ini nantinya akan memicu kemunculan ujung rambut yang keriting dan juga bercabang. Untuk itu hindari mencuci rambut setiap hari dan pastikan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis serta permasalahan yang sedang dialami rambut Anda.

11.Menyisir Rambut Berlebihan

Apa yang dilakukan agar rambut terlihat rapi? Salah satunya pasti dengan menyisirnya. Namun jangan sampai Anda menyisir rambut berlebihan. Kegiatan menyisir rambut berlebihan justru bisa berdampak buruk pada rambut. Selain membuat rambut lebih mudah rontok juga membuat ujung rambut terlihat keriting. Cukup menyisir rambut seperlunya dan secara perlahan.

12.Menggosok Rambut dengan Handuk

Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan handuk mungkin sering Anda lakukan. Terlebih setelah mencuci rambut. Tujuannya tentu agar rambut lebih cepat kering. Namun tahukah Anda jika kegiatan menggosok rambut dengan handuk ini hanya akan memperburuk kondisi rambut. Gerakan menggosok rambut dengan acak ini hanya akan membuat rambut lebih mudah rontok dan membuat ujungnya keriting serta bercabang. Mulai sekarang hindari menggosok rambut dengan handuk setelah keramas. Cukup keringkan rambut dengan cara mengangin-anginkannya atau membiarkan cara agar rambut terlihat basah agar penampilan Anda terlihat lebih edgy.

13. Mencuci Rambut dengan Suhu Air Tidak Tepat

Hal ini mungkin banyak yang belum tau. Tetapi saat keramas pastikan Anda memperhatikan suhu air yang akan digunakan. Cara keramas yang benar yaitu di tahap awal basahkan rambut menggunakan air hangat kemudian baru beri shampo. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Mengapa harus diawali dengan air hangat? Karena air hangat membantu membuka pori-pori sehingga membantu nutrisi dalam shampo masuk ke rambut dan kulit kepala. Kemudian air dingin bekerja untuk menutup pori-pori kembali.

14. Pengaruh dari Produk Perawatan Rambut

Ada beberapa produk perawatan rambut yang bisa melakukan cara membuat ujung rambut bergelombang. Hal ini disebabkan komposisinya yang kuat sehingga bisa merusak kesehatan rambut. Hindari produk perawatan rambut yang mengandung alkohol tinggi karena bisa menyebabkan rambut kering sehingga akhirnya membuat ujungnya keriting serta bercabang.

15. Hindari Sarung Bantal Berbahan Katun

Ternyata sarung bantal berbahan katun bisa membuat rambut Anda rusak loh. Sarung bantal berbahan katun memang bisa terasa kasar sehingga membuat rambut mudah kusut, patah-patah, dan ujungnya keriting. Sebaiknya pilihlah sarung bantal berbahan satin yang lembut untuk rambut.

Sponsors Link

16. Kekurangan Air Putih

Sama halnya dengan anggota tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan asupan air yang cukup. Ketika rambut terasa mulai kering, kusam, dan mulai terjadi penyebab rambut bercabang setelah smoothing maka tandanya Anda kekurangan air putih. Pastikan Anda mendapatkan asupan air putih yang cukup dalam kesehariannya. Tidak hanya menjaga kulit tubuh tetap lembab, tetapi juga menjaga kesehatan rambut agar tidak keriting dan bercabang di ujungnya.

17. Penuaan

Tidak hanya mempengaruhi kondisi kulit, penambahan usia juga bisa mempengaruhi kondisi rambut loh. Selain mulai bermunculan rambut putih atau uban, penuaan juga bisa membuat ujung rambut keriting, rapuh, dan bercabang. Untuk mengatasinya hampir sama juga dengan perawatan pada kulit. Pastikan Anda memberikan nutrisi yang cukup pada rambut dan cukup mengonsumsi air putih.

18. Penggunan Rambut Sambung

Efek menyambung rambut juga bisa menjadi penyebab ujung rambut keriting. Mengingat rambut harus terbebani rambut palsu terlebih jika rambut palsu tersebut panjang. Lama-kelamaan rambut akan lelah dan kekurangan nutrisi sehingga tidak hanya menyebabkan ujung rambut bercabang dan keriting tetapi juga rontok.

Lakukan pencegahan agar ujung rambut tidak keriting secara rutin. Dan pastikan juga Anda cukup dalam beristirahat sehingga rambut tetap terlihat sehat dan terhindar dari ujung rambut yang keriting.

, , ,