Sponsors Link

12 Penyebab Rambut Cepat Panjang Beserta Cara Merawatnya

Kebanyakan wanita ingin memelihara rambut yang panjang dan sehat. Banyak cara yang ditawarkan untuk mendapatkan rambut panjang dengan cepat. Dari menggunakan bahan herbal sampai menggunakan vitamin dari produk-produk kencantikan. Memiliki rambut panjang dan sehat tidak mudah juga untuk merawatnya. Semakin panjang tingkat kerumitannya akan semakin sulit, maka anda harus pintar-pintar dalam merawatnya. Apabila rambut dalam keadaan sehat setiap harinya akan selalu tumbuh dan semakin panjang. Pada artikel ini akan membahas tentang apa saja penyebab rambut cepat panjang yang harus kamu ketahui untuk memudahkan anda memiliki rambut panjang dengan waktu yang cepat dan menghindari kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

ads

Apabila diperhatikan mungkin rambut anda akan lebih cepat panjang meskipun baru saja dipotong. Dan mungkin orang sekitar anda tidak tumbuh rambut secepat anda. Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa rambut kita tumbuh lebih cepat dari orang lain dan apakah ini suatu hal yang normal atau tidak.

Pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda

Pada dasarnya pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda. Selain itu penting juga untuk memahami cara mengatasi rambut rontok anda. Bila anda mengganti-ganti gaya rambut anda dan anda merasa bahwa rambut anda cepat tumbuh seperti semula, anda tidak perlu khawatir karena banyak yang merasakan demikian. Sebaliknya juga banyak yang mengalami sulit dan lama untuk menunggu rambut panjang kembali setelah dipotong. Karena standartnya setiap orang dan setiap tahunnya memiliki pertumbuhan rambut 15cm per tahun. Namun hal ini dibatasi dengan perbedaan kecepatan pertumbuhan rambut disetiap orangnya. Disisi lain cara menghilangkan gatal di kepala menjadi hal penting untuk diketahui. Pertumbuhan rambut pria dan wanita saja sudah memiliki perbedaan yang signifikan. Terlihat wanita lebih mudah memanjangkan rambut dibanding dengan pria. Berikut adalah beberapa faktor yang akan memperlihatkan penyebab pertumbuhan rambut seseorang lebih cepat dari normalnya

  1. Hormon

Pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh hormon. Hormon yang dimaksud bisa berupa hormon gonadotropins, androgens, dan tiroid. Masing-masing dari setiap individu memiliki komposisi atau takaran hormon yang selalu berbeda-beda. Hal ini yang akan menyebabkan anda memiliki rambut yang cepat panjang dibanding dengan pertumbuhan rambut oranglain.

  1. Memilih makanan untuk dikonsumsi

Mengkonsumsi makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut penting untuk dipahami. Makanan dan minuman yang telah dikonsumsi pasti memiliki pengaruh pada fungsi tubuh, entah itu positif dan negatif, hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan rambut.

  1. Kebiasaan dalam merawat rambut

Cara merawat rambut setiap orang memiliki perbedaan masing-masing. Semakin baik anda merawat rambut anda maka hasil yang diterima akan semakin baik. Rambut anda akan memiliki kualitas rambut yang bagus, hal ini termasuk panjang rambut yang lebih cepat dibanding dengan rambut yang kurang dalam memberikan perawatan. Disarankan untuk menghindari pemakaian alat elektronik yang dapat merusak rambut, seperti menggunakan hairdryer dan menggunakan catok.

  1. Ras

Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan, mengenai pertumbuhan rambut menemukan bahwa suku dan ras yang anda miliki memiliki pengaruh pada pertumbuhan rambut anda. Menurut  salah satu penelitian juga membuktikan bahwa rambut yang dimiliki oleh orang Asia lebih cepat tumbuh dibanding dengan orang Afrika.

Setelah mengetahui sebabnya kenapa rambut cepat panjang, selanjutnya akan membahas tentang cara mengatasi rambut yang sulit untuk panjang, ikutilah beberapa kebiasaan yang mudah dan anda bisa lakukan sendiri dirumah, yaitu :

  1. Memakai sikat rambut 

Menyisir rambut dengan menggunakan sikat rambut dapat memudahkan dan melancarkan peredaran darah yang ada pada kulit kepala anda. Memakai sisir dengan ujung yang bulat dapat digunakan di kepala yang berfungsi untuk memijat kulit kepala sehingga folikel rambut akan tetap fresh dan segar.

  1. Memberikan minyak khusus pada rambut

Jaman dulu untuk meminyaki rambut sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan, namun untuk sekarang sudah jarang yang melakukannya.

Sponsors Link

Tetapi yang terpenting adalah khasiat dari memberikan minyak pada rambut secara teratur untuk memberikan hasil rambut yang tetap hitam, sehat dan cepat panjang. Mengoleskan minyak pada rambut sebulan sekali dengan minyak perawatan rambut yang dihangatkan terlebih dahulu lalu pijatkan secara merata di seluruh area kepala.

  1. Mengepang rambut

Disarankan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang disaat tidur karena bisa merusak rambut dan membuat folikel rambut rusak. Tetapi membiarkan rambut anda tergerai saja juga akan mengakibatkan rambut rontok karena gesekan bantal atau akan terlihat kusut setelah bangun tidur. Hal ini bisa disiasati dengan cara mengepang rambut anda sebelum tidur dan mengikatnya dengan karet yang berbahan halus. Terpenting adalah jangan sampai rambut anda terlindungi dan tetap segar ketika bangun tidur. Menghindari masalah rambut yang harus dihindari untuk mengerti cara merawat rambut yang baik dan benar.

  1. Mencuci rambut dengan air dingin
  2. Memakai penutup kepala
  3. Mencuci rambut secara rutin
  4. Memakan sayuran hijau

Demikian penjelasan mengenai penyebab rambut cepat panjang pada pertumbuhan rambut anda. Hal ini satu hal yang normal karena memang pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan pertumbuhan rambut yang berbeda-beda tergantung bagaimana perawatannya. Pada intinya menjaga kesehatan dan kebersihan rambut adalah hal yang penting untuk menjaga rambut anda tetap terlihat sehat dan menarik. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

, ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut