Sponsors Link

20 Penyebab Rambut Beruban di Usia 20an dan Cara Mengatasi

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Tak ketinggalan, pria maupun wanita sangat memperhatikan penampilan rambut. Rambut pun menjadi indikator dalam keindahan penampilan dalam tataran sosial yang ada saat ini. berbagai cara maupun perawatan pun ditempuh untuk mendapatkan penampilan yang ciamik dan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan rambut yang diinginkan. Namun terkadang, semakin bertambahnya aktifitas dan juga umur maka semakin banyak pula masalah rambut  yang muncul. Hal ini menjadi sumber rezeki pada jasa-jasa keccantikan yang ada berupa perawatan rambut yang menjamur di sudut-sudut kota hingga ke desa, seperti berupa jasa pelurusan rambut, perubahan warna hingga penyambutan rambut. Namun, ternyata tidak semua perawatan rambut cocok untuk kulit kepala dan rambut ini dan hanya menimbulkan masalah rambut bukan kecantikan yang diperoleh. Sehingga pemilik harus mengetahui perawatan yang tepat bagi rambut .

ads

Semakin bertambahnya umur pun, semakin banyak perubahan yang terjadi pada struktur rambut, salah satunya adalah adanya rambut putih yang biasanya disebut uban. Uban pun bukan hanya karena faktor umur karena mulai dari remaja pun bisa mempunyai rambut yang beruban bukan hanya orang yang sudah berumur. Faktor lain seperti umur pun banyak yang ada seperti perawatan rambut yang kurang baik, gaya hidup yang buruk dan lain-lain. Rambut uban pun mempengaruhi penampilan seseorang, apalagi uban yang hanya beberapa helain diantara rambut hitam membuat rambut putih sangat terlihat sekali.Rambut putih pun menjadi masalah rambut dan berbagai perawatan ditempuh. Namun, untuk menghilangkan rambut beruban maka perlu kita ketahui beberapa penyebab dari rambut beruban. Karena perawatan yang salah pun tidak membuat uban pun berkurang namun hanya mendapatkan hasil yang kurang maksimal, waktu dan uang pun terbuang. Sehingga perlu diketahui penyebab rambut beruban sehingga kamu dapat melakukan cara dalam mengatasi rambut yang ada, beberapa penyebab dari rambut beruban diantaranya :

  • Penyakit tiroid

Penyebab rambut beruban yang pertama disini yaitu akbat adanya gangguan tiroid pada tubuh. Tiroid merupakan kelenjar hormon yang memproduksi hormon-hormon tertentu. Hal ini terjadi ketika tiroid kurang atau terlalu aktif dalam mempengaruhi produksi melanin rambut dan akan menghasilkan uban yang tumbuh bukan waktunya alias prematur. Sehingga ketika kamu menyadari bahwa ada uban yang muncul maka kamu bisa memeriksa atau berkonsultasi kepada dokter agar diketahui adakah yang salah dengan tiroid kamu.

  • Kekurangan vitamin B12

Vitamin dibutuhkan sedikit namun bila mengalami kekurangan akan menyebabkan hal yang fatal. Defisiensi atau kekurangan vitamin B12 dapat menjadi masalah karena berhubungan dengan munculnya uban rambut yang muncul secara prematur. vitamin B12 ini dapat memberikan nutrisi pada rambut dan membuat kondisi rambut stabil sehingga menjadi kadar melanin pada rambut. Sebaiknya kamu memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi terutama vitamin B12 yang bersumber pada produk hewani.

  • Genetik

penyebab yang ketiga ini dari rambut beruban yaitu berasal dari faktor dalam tubuh yaitu faktor genetik. Hal ini tidak bisa dilihat secara kasat mata namun bisa diketahui dari observasi wawancara dari asal usul keturunan kamu ataupun saudara kamu. Kamu mbisa melihat saudara kamu dengan menanyakannya apakah beliau memiliki catatan kesehatan mengenai uban yang muncul. Namun, kamu tidak perlu berkecil hati bila memiliki genetik seperti itu karena kamu bisa melakukan cara mengatasi uban dan pencegahan dini agar tak menimbulkan hal yang tak diinginkan.

  • Vitamin C dan E

Selain vitamin B12 tadi, ternyata beberapa vitamin lain yang diperlukan yaitu vitamin C dan E. Banyak manfaat vitamin E untuk rambut karena sangat berguna bagi tubuh karena vitamin ini  karena mengatur kadar melonin atau pigmen yang ada dirambut. Bila mengalmai kekurangan vitamin ini, maka kamu akan mempunyai rambut yang berwarna abu-abu. Hal ini dapat terjadi karena dapat kekurangan vitamin C dan E mengurangi jumlah sel-sel yang bertugas menghasilkan melanin dan menyebabkan rambut beruban.

  • Merokok

Sudah informasi umum bahwa merokok adalah tidak baik bagi kesehatan. Kandungan rokok yang ada seperti nikotin sangat mempengaruhi peredaran darah dalam tubuh. Merokok pun bisa menjadi penyebab dalam munculnya uban di usia dini. Merokokdapat menghasilkan radikal bebas yang dapat mengendap dalam tubuh. Hal ini dapat berpengaruh kepada kulit kepala dan keseimbangan kadar melanin yang ada dirambut. Hal ini membuat rambut akan terganggu dan akan berwarna putih.

  • Makanan cepat saji
Sponsors Link

Selain merokok dan penyebab lainnya, hal yang membuat rambut beruban bisa disebabkan dari makanan cepat saji yang ada. Makanan cepat saji yang tidak menyehatkan bagi tubuh dapat mempercepat penuaan rambut yang diawali dengan mengurangi produksi melanin bagi tubuh. Makanan cepat saji pun memiliki nutrisi yang sedikit sehingga nutrisi bagi kulit kepala pun kurang terpenuhi dibanding makanan yang sehat. Orang yang kecanduan pada makanan cepat saji biasanya cenderung memilki rambut beruban diusia muda.

  • Stres

Hal ini memang berdampak buruk bagi kesehatan, tak ketinggalan juga dampak kepada rambut kamu. Stres dapat menjadi penyebab dalam rambut beruban karena kondisi psikologis cukup terganggu sehingga syaraf maupun peredaran darah menghasilkan kondisi rambut yang tidak baik. Hal ini menghasilkan guncangan batin seperti edih, gelisah, syok dan aktifitas buruk lainnya yang dapat merangsang menurunkan produksi melanin. Sebaiknya bila menyadari hal ini dapat pergi berjalan-jalan, refreshing, minum kopi, bertemu teman lama dan aktifitas lainnya.

  • Diet yang salah

Selain stres, merokok dan aktifitas yang memang buruk lainnya, ternyata diet juga dapat menjadi penyebab dalam memiliki rambut yang beruban. Diet yang tidak seimbang dan salah akan membuat tubuh khususnya kulit kepala tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tidak tepat sehingga hal ini dalam membuat fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik, terutama pada kadarmelonin pada rambut. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk rambut yang beruban .

  • Penggunaan hair dryer yang  berlebih
ads

Perawatan rambut yang kurang benar pun bisa menjadi penyebab bagi timbulnya rambut beruban, seperti penggunaan hair dryer. Penggunaan pengering rambut yang mempercepat pengeringan memang berguna bagi rambut namun disarankan sebaiknya digunakan tidak terlalu sering. Hal ini membuat batang rambut menjadi lemah karena udara panas yang dihasilkan. Hal ini akan berpengaruh kepada produksi melanin yang ada pada tubuh kamu sehingga membuat pigmen rambut berubah menjadi tidak hitam yang berujung kepada uban.

  • Kondisi kulit kepala yang kotor

kondisi kebersihan kepala pun perlu diperhatikan untuk menjadi kesehatan rambut. Karena hal kesehatan bukan hanya berasal dari faktor internal, namun faktor eksternal pun bisa menjadi penyebab dalam rambut yang beruban. Kondisi kulit kepala yang kurang bersih membuat uban tumbuh dengan mudah. Hal ini karena berasal dari melemahnya rambut sehingga membuat kadar melanin pada rambut berkurang dan menyebabkan timbulnya uban.

Selain penyebab diatas maka, beberapa penyebab rambut gatal yaitu sebagai berikut :

  • Pewarnaan rambut
  • Mencuci rambut dengan air sadah
  • Sering merasa cemas
  • Mengalami Menopause dini
  • Kekurangan asam folat
  • penggunaan shampoo yang sala
  •  akibat terlalu sering keramas
  • Suka minum alkohol
  • kurang tidur
  • Mengidap vitiligo

Cara Alami Mengatasi

Untuk  cara menghilangkan rambut uban pun kamu dapat melakukan cara alami karena dengan bahan ini memiliki efek samping yang kurang baik, sehingga disini akan diulas 3 cara alami dalam mengatasi rambut uban:

  • Daun kari

Vitamin B yang ada pada berbagai bahan alami seperti daun kari dapat membantu dalam mengembalikan fungsi pigmen adlaami dalam folikel rambut yang dapat membuat warna alami rambut yaitu hitam kembali dari yang abu-abu atau putih. Selain itu daun kari ini dapat menyuplai vitamin essensial ke dalam kulit kepala dan rambut sehingga dapat menyembuhkan kerusakan akar rambut. Daun kari pun mengandung beta karoten yang baik bagi rambut. Lakukan secara teratur agar uban yang ada pun berkurang.

  • Lemon

Buah lemon pun baik bagi kesehatan rambut karena buah ini mengandung vitamin E dan juga antioksidan. Hal ini dapat diaplikasikan dengan memijat rambut dan juga kulit kepala yang dapat membantu dalam menghilangkan rambut beruban. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya padukan juga dengan minyak almond. Minyak almond disini dapat memberikan nutrisi pada akar rambut dan memperbaiki elastisitas rambut. Selain vitamin E, buah lemon pun kaya akan vitamin B dan vitamin C serta kaya akan fosfor. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dan memberikan nutrisi yang akan berpengaruh kepada kadar melanin rambut kamu. Hal ini membuat rambut menjadi hitam kembali. Lakukan secara terjadwal dan teratur agar menghasilkan hasil yang diinginkan.

  • Bayam merah
Sponsors Link

Ternyata bayam merah pun dapat menjadi cara mengatasi dari menghilangkan uban. Bayam merah pun menjadi salah satu bahan dalam menyuburkan rambut. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu menjadikannya sebagai masker. Melalu cara penghalusan seperti jus, buah merah dibuat hingga halus. Kemudian lakukan keramas dan oleskan jus bayam merah hingga ke kulit kepala dan keseluruhan rambut. Kemudian  diamkan beberapa menit dan terakhir bersihkan hingga benar-benar bersih. Lakukan secara berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu juga bisa  melakukan cara mengatasi uban dengan kulit kentang dan cara menghilangkan uban dengan biji pepaya .

Demikianlah, beberapa penyebab rambut beruban yang dapat kamu ketahui dan hindari agar memilki rambut yang memilki warna alami, kamu pun bisa membaginya kepada teman maupun orang terdekat agar mengetahui dan menghindari hal yang diatas. Namun, diluar ini masih banyak yang menjadi penyebab dalam rambut beruban sehingga kamu pun perlu berkonsultasi kepada dokter terkait agar mengetahui apa yang menjadi penyebab karena masalah rambut setiap orang berbeda-beda dan dapat melakukan pencegahan secara klinis yang baik dan benar. Untuk pencegahanya pun kamu bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi, melakukan gaya hidup yagn sehat, melakukan perawatan rambut yang disarankan hingga yang lebih sulitnya yaitu melakukan terapi bila mengalami kasus khusus. Semoga bermanfaat, terimakasih .

, ,
Oleh :
Kategori : Pria