Sponsors Link

10 Pantangan Setelah Mengecat Rambut Yang Harus Diketahui

Mewarnai rambut sudah menjadi trend remaja masa kini, karna untuk sebagian orang menganggap bahwa setelah mewarnai rambut akan membuat penampilan menjadi lebih percaya diri. Hal yang harus diketahui sebelum mewarnai rambut harus dipahami agar tidak terjadi kesalahan dan hasilnya akan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

ads

Banyak yang belum mengetahui apabila anda mewarnai rambut, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan di hindari yaitu pantangan setelah mengecat rambut. Apabila tidak mengikuti aturan dan mengabaikan pantangan akan menyebabkan hasil yang tidak maksimal bahkan masalah rambut. Untuk menjaga kualitas warna rambut paling tidak seminggu pertama setelah pengecatan harus benar-benar memperhatikan dan menjaga rambut anda, hal itu bertujuan menghindari kerusakan dan pemudaran warna rambut. Dengan itu rambut anda akan terlihat indah sesuai dengan keinginan anda. Artikel ini akan membahas tentang apa saja pantangan yang harus dihindari setelah mengecat rambut.

  1. Memakai shampo dan kondisioner

Pemakaian shampo dan kondisioner merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan karena kandungan yang dimiliki dapat menyebabkan hasil pewarnaan pada rambut tidak bagus. Kandungan khusus yang dapat mengakibatkan warna rambut memudar dan membuat warna rambut tidak akan bertahan lama. Terlebih hal ini wajib dihindari sesaat sesudah mewarnai rambut karena cat rambut membutuhkan waktu sehari semalam untuk beroksidasi atau proses melekat cat pada rambut. Ciri-ciri rambut rusak parah juga dapat berasal dari shampo jadi disarankan untuk mengenali jenis rambut anda agar sesuai dengan penanganannya.

  1. Menghindari terkena klorin

Salah satu pantangan setelah mengecat rambut adalah jangan sampai rambut anda terkena cairan yang mengandung klorin. Klorin adalah cairan yang biasa kita temukan di kolam renang, karena cairan klorin berfungsi untuk menjernihkan air pada kolam renang. Sehingga apabila rambut yang telah diwarnai terkena cairan klorin akan mengakibatkan warna pada rambut anda memudar. Maka dari itu hindari kegiatan berenang paling tidak satu minggu setelah pewarnaan rambut untuk menjaga kualitas warna pada rambut.

  1. Memberi serum rambut

Pemberian serum pada rambut setelah proses pewarnaan rambut dapat menjaga kelembaban rambut. Pemberian serum juga berfungsi untuk menjaga dan merawat rambut agar tidak kering dan tidak mengalami kerontokan pada rambut. Penggunaannya dapat dilakukan pada saat rambut masih basah agar kandungan vitamin yang terdapat pada serum dapat meresap ke setiap helai rambut anda. Kandungan vitamin pada serum dapat menjaga rambut, terlebih untuk anda yang memiliki rambut sensitif.

  1. Jangan lupa menerapkan pemakaian hairmask

Pemakaian hairmask setelah pewarnaan rambut dapat menjadi suatu hal yang diperlukan karena dapat berfungsi untuk mempertahankan kesehatan dan menjaga rambut anda menjadi lembut dan alami. Selain hairmask dapat juga dilakukan hairspa, hal ini dapat dilakukan dalam jangka waktu dua minggu sekali. Akan tetapi hairmask dan hairspa dapat dilakukan seminggu setelah pewarnaan rambut dilakukan.

  1. Menghindari pemakaian produk styling

Produk styling rambut yang biasa digunakan seperti gel rambut, krim pelurus rambut, krim pengeriting rambut dan lain-lainnya, tidak baik untuk digunakan setelah proses pewarnaan pada rambut karena kandungan nya dapat mengakibatkan rambut rusak. Akibat langsung yang diderita dapat berupa rambut kering dan pecah-pecah.

  1. Jangan terkena panas 
    Sponsors Link

Terkena panas dari alat penata rambut seperti catok atau apapun yang mengeluarkan uap panas harus dihindari. Rambut yang telah melewati proses pewarnaan rambut pada dasarnya lemah dan rapuh, sehingga apabila harus dilakukan penataan rambut menggunakan alat catok ditakutkan akan mengalami kerontokan dan kerusakan rambut yang berlebihan. Pastikan juga rambut anda yang masih rentan sehabis proses pewarnaan rambut terhindar dari sinar matahari secara langsung. Gunakan penutup kepala atau topi yang dapat menjaga rambut anda dari sinar matahari ataupun debu-debu saat beraktivitas diluar rumah.

  1. Hindari untuk keramas setiap hari

Menghindari keramas setiap hari merupakan suatu pantangan setelah mengecat rambut karena apabila rambut sering dicuci secara tidak langsung akan mempercepat proses pemudaran warna rambut. Untuk menyiasatinya maka gunakanlah kondisioner setelah keramas dan kurangi untuk mencuci rambut anda setiap hari agar tidak kering. Akibat terlalu sering keramas menyebabkan rambut rapuh dan jelas tidak baik bagi kualitas warna rambut.

  1. Jangan keramas setelah mewarnai rambut

setelah proses mewarnai rambut pastikan anda tidak langsung mencuci rambut anda karena cairan cat rambut membutuhkan waktu paling tidak dua hari setelah proses pewarnaan. Apabila anda merasa rambut berminyak dan tidak betah untuk tidak keramas, maka anda harus bersabar karena rambut berminyak pasca pewarnaan rambut merupakan hal yang bagus karena cat rambut akan lebih menempel pada rambut dan membuatnya bertahan lebih lama.

  1. Jangan menggunakan air panas saat mencuci rambut

Penggunaan air panas saat keramas dapat memicu pudarnya warna rambut, sehingga disarankan untuk menggunakan air dingin. Disamping karena dapat memudarkan warna rambut, mencuci rambut dengan air panas juga dapat memicu rambut anda berminyak.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan hairspray 
    Sponsors Link

Penggunaan hairspray setaleh proses pewarnaan rambut juga harus dihindari karena hairspray akan membuat rambut anda terlihat kusam dan kering. Untuk mengatasinya anda bisa merubah gaya rambut anda untuk menghindari penggunaan hairspray atau menggunakan bahan lain yang kandungannya tidak membahayakan kesehatan rambut.

Demikianlah penjelasan tentang 10 pantangan setelah mengecat rambut yang dapat anda hindari. Hasil pewarnaan rambut akan maksimal apabila dilakukan sesuai prosedur dan menghindari kemungkinan-kemungkian yang dapat merusak warna rambut. Dampak sering ganti warna rambut tidak kalah berpengaruh pada kesehatan rambut sehingga disarankan untuk tidak sering mengganti-ganti warna rambut anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut