Sponsors Link

16 Minyak Penumbuh Rambut Alami dan Terbagus yang Wajib Anda Coba

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang selalu diperhatikan karena dapat mempengaruhi penampilan serta bentuk wajah seseorang. Karena alasan tersebut, muncul istilah bahwa rambut merupakan mahkota kepala yang dapat memperindah kepala seseorang. Kepala yang mimiliki rambut dengan bentuk dan gaya tatanan tertentu lebih indah dibandingkan kepala yang tidak memiliki rambut atau dengan rambut yang jarang. Rambut yang terlihat indah, bersih, dan terawat adalah idaman semua orang baik itu pria maupun wanita.

ads

Namun terkadang kondisi rambut yang indah dapat pudar atau berkurang karena adanya masalah yang dapat menghampiri rambut khususnya pada rambut yang tidak terawat.Beberapa masalah rambut yang sering muncul diantaranya rambut rontok, kering, rambut berketombe, dan beberapa masalah rambut lainnya. Selain kondisi tersebut rambut yang mengalami kebotakan juga menjadi masalah yang sering menjengkelkan dan membuat penampilan menjadi kurang. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab kebotakan rambut :

  • Rambut yang kekurangan nutrisi dan vitamin
  • Faktor keturunan dan hormonal
  • Kondisi stress yang berlebihan dan tidak teratasi
  • Beberapa penyakit yang mempengaruhi kebotakan seperti anemia, kanker darah, tifus, hipotirodisme, trichotillomania, penyakit autoimun.
  • Kondisi trauma fisik dan pasien yang menjalani kemoterapi
  • Akibat dari produk perawatan rambut yang salah

Beberapa penyebab rambut rontok sering kali diderita oleh orang yang sudah menginjak usia. Namun sekarang ini karena perubahan lingkugan yang menjadi lebih buruk, faktor usia terkadang bukan menjadi alasan orang mengalami kebotakan karena kita juga bisa menemui mereka yang masih muda namun sudah mengalami kebotakan. Untuk mengatasi kebotakan tersebut, maka dibutuhkan beberapa cara untuk menumbuhkan rambut. Secara traditional, ada beberapa minyak alami yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut. Berikut daftar minyak penumbuh rambut alami yang cukup efektif untuk mengatasi kebotakan.

  1. Minyak Kemiri

Minyak penumbuh rambut alami yang pertama adalah minyak kemiri. Minyak kemiri merupakan minyak yang dihasilkan dari proses ekstraksi buah kemiri. Minyak kemiri yang dihasilkan memiliki warana kuning cerah dan memiliki masa tahan atau masa pakai 6 – 8 bulan tergantung penyimpanan. Kemiri sendiri di beberapa negara asia tengara seperti malaysia, thailand, dan khusus Indonesia digunakan sebagai bumbu makanan.

Tanaman yang satu ini sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan rambut, salah satunya adalah cara menghitamkan rambut dengan minyak kemiri. Karena banyaknya manfaat untuk rambut dan kecantikan, minyak kemiri sering kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan shampoo dan sabun. Salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut yang paling banyak dibutuhkan adalah untuk menumbuhkan rambut. Begitu besarnya efektifitas minyak kemiri ini untuk menumbuhkan rambut, dipasaran saat ini muncul banyak sekali merk yang memiliki kandungan minyak kemiri seperti :

  • Minyak Kemiri Merk Kukui
  • Minyak Kemiri Merk Al Khodry
  • Minyak Kemiri Merk Miracle
  • Minyak Kemiri Mustika Ratu
  • Minyak Kemiri Kirei
  • Minyak Kemiri Momoidea
  • Minyak Kemiri Fora
  • Minyak Kemiri Molucanna
  • Minyak Kemiri Seimei
  1. Minyak Zaitun
Sponsors Link

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak penumbuh rambut alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti rambut bercabang, rambut kering, rambut beruban, dan rambut rontok. Minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasi penggilingan buah zaitun. Kandungan nutrisi minyak zaitun seperti vitamin K, vitamin E, lemak dan sedikit zat besi sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Selain bermanfaat untuk rambut, minyak zaitun juga dikenal memiliki manfaat untuk bidang kecantikan lainnya seperti wajah dan kulit tubuh. Cara merawat rambut dengan minyak zaitun dapat dilakukan dengan mudah, cukup mengoleskan pada rambut saja. Beberapa merk produk perawatan rambut yang mengandung minyak zaitun seperti :

  • Minyak Zaitun Mustika Ratu
  • Minyak Zaitun Le Riche
  • Minyak Zaitun Herborist
  1. Bahan alami lainnya

Selain minyak penumbuh rambu alami dari bahan bahan alami tersebut, ada juga beberapa bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut. Bahan alami tersebut sudah terkenal bermanfaat untuk kesehatan rambut dan dapat dengan mudah diperoleh. Berikut beberapa bahan alami untuk menumbuhkan rambut.

  • Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dengan cita rasa khasnya. Bawang yang sering membuat orang menangis karena mata yang pedas saat memotongnya ini ternyata juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut. Cara penggunaannya pun mudah, cukup menghaluskan beberapa siung bawang merah dan kemudian mengoleskannya pada rambut yang telah dicuci secara rutin sebanyak 3 kali seminggu. Dengan cara ini, proses penumbuhan rambut akan segera cepat terjadi:

Sponsors Link

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur serta bahan baku pembuatan minuman ini juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu proses pertumbuhan pada rambut. Cara penggunannnya yakni dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis ke rambut yang sudah bersih dan kering. Selain untuk menumbuhkan rambut, jeruk nipis juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis.

  • Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal lama sebagai salah satu tanaman yang memberikan manfaat pada kesehatan rambut. Berbagai masalah rambut juga dapat teratasi dengan menggunakan lidah buaya seperti rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang dan dapat memanjangkan rambut. Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan rambut secara alami.

  • Daun seledri

Tanaman alami lainnya yang dikenal dapat membantu memanjangkan atau menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan maupun rambut yang botak adalah daun seledri. Menggunakan daun seledri yang sudah dihaluskan dan ditambah sedikit minyak kemiri dapat membantu menumbuhkan rambut secara alami.

Berbagai minyak penumbuh rambut dan bahan alami lainnya diatas dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut yang botak dan susah tumbuh apabila dilakukan dengan benar dan secara teratur.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut