Sponsors Link

13 Masker Untuk Merawat Rambut Kering Secara Alami yang Paling Bagus

Memiliki rambut indah dan sehat tentu menjadi idaman bagi semua wanita, sehingga tak heran jika para wanita melakukan berbagai perawatan rambut untuk mendapatkan rambut idamannya. Namun, ada beberapa masalah rambut yang menjadi hambatan para wanita untuk tampil sempurna, salah satunya adalah rambut kering. Tak jarang mereka mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di salon.

ads

Penyebab rambut kering diantaranya yaitu kurangnya asupan nutrisi rambut, pewarnaan rambut, dan salah menggunakan produk perawatan rambut. Oleh karena itu, daripada menggunakan produk-produk berbahan kimia yang belum tentu cocok dengan rambut dan kulit kepala Anda, lebih baik menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan membuat masker untuk merawat rambut kering dari bahan alami. Berikut ini adalah bahan-bahan alaminya, cara pembuatan, dan cara penggunaan masker rambut yang benar:

1. Madu

Manfaat masker madu untuk rambut ini bukanlah hal yang baru di dunia kecantikan. Hal ini dikarenakan madu kaya akan nutrisi dan vitamin, serta dapat membantu menjaga kelembaban rambut sehingga bisa digunakan sebagai masker untuk merawat rambut kering. Cara pembuatannya cukup mudah pertama siapkan setengah cangkir madu terlebih dahulu.

Kemudian, basahi rambut Anda dengan air lalu aplikasikan madu ke seluruh bagian rambut hingga merata sembari memijat bagian kulit kepala. Pemijatan ini befungsi untuk memaksimalkan kinerja madu di dalam kulit kepala serta merelaksasi aliran darah di kepala agar tenang. Selanjutnya, diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin satu atau dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Alpukat dan Pisang

Alpukat dan pisang tidak hanya nikmat bermanfaat untuk dikonsumsi, melainkan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Pisang sendiri memiliki kemampuan dapat meningkatkan kelembutan rambut dan mencegah rambut bercabang. Selain itu, alpukat juga memiliki nutrisi untuk menyuburkan rambut, menyehatkan rambut, dan menjaga kelembaban rambut.

Khasiat kedua buah inilah jika dipadukan menjadi masker rambut maka akan menghasilkan manfaat yang luar biasa untuk rambut. Cara membuatnya cukup mudah yaitu campurkan 1 buah alpukat dan pisang lalu haluskan. Setelah dihaluskan, tambahkan 1/2 sdm minyak almond lalu aduk hingga menjadi pasta. Masker pun telah selesai dibuat dan siapi untuk digunakan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah seperti cara menggunakan masker rambut loreal, yaitu aplikasikan masker alpukat dan pisang tersebut ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala secara merata. Sertai dengan pijatan lembut lalu tutup menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 hingga 60 menit agar masker meresap dan bereaksi maksimal. Terakhir, bilas rambut Anda menggunakan air hangat hingga bersih.

3. Telur

Cara merawat rambut dengan telur bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rambut kering. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan protein dan lesitin yang tinggi sehingga dapat menutrisi rambut dan memperbaiki rambut yang rusak, serta dapat melembabkan rambut. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu pertama siapkan 3 butir telur, 2 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm madu.

Setelah itu, masukkan semua bahan ke dalam satu wadah dan aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, aplikasikan masker ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Tutuplah rambut Anda menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, bilas rambut dengan menggunakan shampo dan air hangat hingga rambut benar-benar bersih dan bau amis telur pun hilang.

Sponsors Link

4. Santan

Kandungan pelembab alami di dalam santan berkhasiat juga membantu memberikan kelembaban pada rambut, sehingga bisa digunakan untuk merawat rambut kering. Cara membuat masker santan untuk rambut kering ini pun cukup mudah, yaitu siapkan sekitar 50 ml santan kental. Kemudian, basahi seluruh bagian rambut menggunakan santan kental tersebut.

Selanjutnya, tutup rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 1 jam. Setelah dirasa santan meresap ke bagian rambut, selanjutnya bilas menggunakan air hangat dan gunakan shampo untuk keramas sampai benar-benar bersih. Agar hasilnya maksimal, lakukanlah cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu agar rambut kering Anda terawat dan menjadi lebih lembab.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitu tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit melainkan juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Cara pemakaian minyak zaitun untuk rambut kering pun cukup mudah, yaitu siapkan 3 sdt minyak zaitun dan 2 sdm madu lalu campurkan ke dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh bagian rambut semabari dipijat. Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan shampo.

ads

6. Mayones

Mayones tak hanya nikmat menjadi campuran bahan makanan, ternyata juga berkhasiat untuk merawat rambut agar tetap sehat, lembut, dan berkilau. Kandungannya yang kaya akan lemak, mampu mengatasi masalah rambut kering. Cara menggunakan mayones sebagai masker cukup mudah, yaitu pertama siapkan terlebih dahulu 1/2 cangkir mayones. Lalu, aplikasikan mayones ke seluruh bagian rambut disertai pijatan lembut. Gunakan shower cap untuk menutupinya. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

7. Lidah Buaya

Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya memang sudah tak diragukan lagi, selain itu lidah buaya juga bermanfaat mengatasi rambut kering. Hal ini dikarenakan lidah buaya kaya akan nutrisi dan vitamin yang butuhkan oleh rambut sehingga dapat menjadikan rambut lembab, lembut, dan berkilau. Cara membuat lidah buaya sebagai masker bisa hanya dengan menggunakan lidah buaya saja dan bisa juga dengan tambahan bahan lainnya.

Tambahan bahan lainnya yaitu minyak kelapa dan yogurt, hal ini bertujuan agar hasilnya lebih maksimal. Pertama masukkan 4 sdm gel lidah buaya ke dalam wadah, kemudian campurkan 3 sdm yogurt, dan 1 sdm minyak kelapa. Setelah itu, aplikasikan ke seluruh bagian rambut dan kulit rambut secara merata disertai dengan gerakan memijat. Selanjutnya, diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

8. Cuka Apel

Khasiat cuka apel untuk rambut yaitu dapat membuat rambut menjadi lembut, lembab, dan berkilau. Tak hanya itu, cuka apel juga dapat mencegah datangnya ketombe dan rasa gatal, serta menyeimbangkan pH alami kulit kepala. Anda bisa menggunakan cuka apel ini sebagai masker ataupun kondisioner.

Cara menggunakannya yaitu ambil 1/2 cangkir cuka apel lalu campur dengan 1 cangkir air. Basahi rambut dengan air bersih, lalu aplikasikan campuran cuka apel dan air tersebut ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini juga berkhasiat untuk mengatasi kerusakan rambut termasuk rambut kering. Nutrisi di dalam minyak kelapa mampu membantu menyehatkan rambut dan membuatnya lembab serta berkilau. Cara membuat minyak kelapa sebagai masker cukup mudah yaitu campurkan minyak kelapa dan minyak zaitun dengan takaran yang sama. Kemudian, oleskan ke seluruh bagian rambut sembari dipijat lalu tutup dengan shower cap. Diamkan selama kurang lebih satu jam lalu bilas dengan shampo tanpa menggunakan kondisioner.

10. Yogurt

Yogurt bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lembab, lembut, sehat, dan berkilau karena kaya akan nutrisi di dalamnya. Selain itu, yogurt juga dapat mengatasi rambut yang kusam dengan cara yang mudah. Cara menggunakan yogurt untuk rambut ini sangat mudah yaitu aplikasikan yogurt ke seluruh bagian rambut secara merata sambil dipijat perlahan lalu tutup rambut dengan shower cap. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan yogurt ini sebagai masker wajah, maka tak hanya rambut Anda yang bersinar, wajah pun akan ikut bersinar.

11. Susu

Sponsors Link

Khasiat susu ternyata tak hanya dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, melainkan juga untuk menjaga kesehatan rambut. Susu mengandung nutrisi dan protein yang dapa menjaga kesehatan dan melembabkan rambut. Cara menggunakannya sebagai masker adalah dengan mencampurkannya dengan madu. Pertama, siapkan 100 gr susu lalu campurkan dengan 1 sdm madu. Kemudian, aduk kedua bahan tersebut hingga merata lalu oleskan ke seluruh rambut disertai pijatan perlahan. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit lalu bials dengan shampo hingga bersih.

12. Oats

Kandungan vitamin dan beta glucan di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut seperti gatal, ketombe, atau rmabut rusak. Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu 1 sdm oats, 1 sdm minyak almond, dan susu segar. Selanjutnya campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam satu wadah hingga merata.

Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala disertai pijatan secara perlahan. Kemudian, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan cara keramas menggunakan shampo hingga benar-benar bersih. Anda juga bisa mengaplikasikan masker ini ke wajah, karena oats juga memounyai khasiat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Apabila Anda tidak memiliki minyak almond maka bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

13. Wortel

Worte yang kaya akan vitamin A ini ternyata tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, melainkan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehata rambut. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara membuat masker wortel dengan bahan campuran seperti  minyak kemiri, putih telur, madu, dan yogurt.

Selanjutnya, campurkan wortel dengan salah satu bahan yang telah disebutkan di atas. Setelah itu, oleskan masker tersebut ke seluruh bagian rambut hingga merata disertai dengan pijatan lembut. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut