Sponsors Link

12 Masker Untuk Rambut Bercabang yang Alami

Rambut adalah mahkota wanita yang senantiasa harus selalu dirawat sehingga tetap menampilkan rambut yang sehat dan alami. Namun, karena pengaruh beberapa faktor seperti mulai adanya pewarnaan rambut, smoothing rambut, hingga berganti-ganti gaya rambut, terkadang mendatangkan ciri ciri akar rambut mati  masalah baru pada rambut, sehingga menyebabkan rambut menjadi rusak, rontok dan bercabang.

ads

Rambut yang bercabang memiliki bagian ujung rambut yang kering, terkadang sebagian wanita berfikir untuk memangkas bagian ujung tersebut agar tersisa rambut sehat. Padahal, perawatan rambut bercabang harus maksimal, tidak hanya sekedar memotong rambut yang rusak. Salah satu perawatan alami rambut bercabang adalah dengan menggunakan masker rambut untuk rambut bercabang yang model rambut untuk wajah kotak akan mengembalikan rambut indahmu.

Penyebab Rambut Bercabang

Rambut bercabang yang mungkin sedang kamu alami saat ini , merupakan tanda rambut rusak dan memberikan efek samping lainya pada rambut di kepala kamu. Selain bercabang, biasanya rambut juga menjadi tampak kusam, rapuh dan tentunya rentan terhadap kerontokan. Sebagian besar wanita Indonesia, pernah mengalami masalah rambut bercabang. Apa saja penyebabnya, berikut ulasanya:

  • Menyisir Rambut Terlalu Kasar

Saat menyisir rambut, seharusnya kita melakukanya secara perlahan. Tapi, tanpa disadari biasanya kita menyisir dengan cukup keras saat rambut masih basah. Akibatnya, rambut akan mudah rontok dan bercabang. Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir rambut secara lembut dan usahakan mulai menyisir ketika rambut sudah setengah kering.

  • Sering Menggunakan Alat Pemanas Rambut

Penggunaan alat pemanas rambut seperti hairdyer serta alat sisir catok, jika dilakukan terlalu sering ternyata dapat membuat rambut jadi mudah bercabang. Pemanas rambut tersebut dapat merusak lapisan rambut dan mengkikis kelembapan rambut yang dimiliki.

  • Ikat Rambut Terlalu Kencang

Saat perlu melakukan aktifitas di rumah, biasanya kita ingin tampil lebih santai dengan baju rumahan. Model rambut yang pas untuk bekerja di rumah adalah model rambut diikat. Namun, bagi sebagian orang itu mungkin membuat dia kurang nyaman. Pasalnya, ikat rambut dengan model rambut untuk jidat lebar kuat seperti itu, akan membuat rambut pecah dan bercabang.  

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut kita itu harus dijaga setiap hari agar tetap indah, sehat dan berkilau. Namun, gaya hidup saat ini, membuat salon wanita sekalipun dapat menjadi penyebab rambut kita menjadi rusak hingga bercabang. Masalah rambut bercabang seperti ini dapat diatasi dengan beberapa cara terbaik seperti :

  • Menghindari Bahan Kimia

Kerusakan rambut yang umumnya terjadi diakibatkan karena seringnya penggunaan bahan kimia pada rambut. Tidak hanya pewarna rambut atau jenis bahan kimia lainya, Sampo yang diproduksi dengan kandungan minyak dan mineral petrolatum sekalipun, dapat mencegah kelembapan menyerap ke lapisan rambut.

  • Potong Ujung Rambut

Jika rambut bercabang, maka lakukan secara rutin setidaknya 6 hingga 8 minggu untuk memotong bagian rambut bercabang, agar kerusakan tidak bertambah buruk.

  • Hindari Menyisir Rambut Terlalu Sering

Menyisir rambut memang dapat merapihkanya, namun jika menyisir model rambut gondrong terlalu sering rambut juga bisa menjadi rusak. Sisir rambut setiap habis mandi, setelah rambut menjadi setengah kering. Hal ini dilakukan untuk menghindari rambut rontok dan bercabang.

Sponsors Link

  • Menggunting Rambut Secara Teratur

Rajin menggunting rambut ternyata dapat membantu melindungi ujung rambut dari kerusakan yang parah.  Bagian ujung rambut yang terpotong secara teratur, dapat merangsang rambut untuk tumbuh lebih sehat dan anti patah.

  • Hindari Alat Pemanas Rambut

Saat ini, banyak cara untuk meluruskan rambut dan mengeringkan rambut dengan mudah. Namun, terlalu sering menggunakan peralatan tersebut, akan membuat rambut mudah rusak dan patah.

  • Gunakan Serum Pelindung Panas

Jika ingin menggunakan alat pemanas khusus rambut, sebaiknya lindungi rambut terlebih dulu dengan serum pelindung panas agar rambut tetap terlindungi dan sehat.

  • Hindari bleaching terlalu Sering

Bleaching merupakan sebagian teknik dari pewarnaan rambut, dengan cara memutihkan seluruh bagian rambut terlebih dulu. Penggunaan bleaching seperti ini, membuat rambut rentan terhadap kerusakan, sebab zat kimia dari bleaching ini diserap oleh bagian kutikula dan menyingkirkan pigmen alami rambut kita.

  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut
ads

Rambut juga memerlukan nutrisi yang baik agar tetap sehat. Coba untuk fungsi hairspray untuk rambut mengkonsumsi bayam dan wortel yang banyak kandungan vitamin A nya. Kamu juga bisa mengambil manfaat dengan mengkonsumsi salmon, kacang mete, omega 3, kerang laut serta biji-bijian. Tidak lupa juga dengan produk rendah lemak dan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral untuk rambut serta kulit kepala yang sehat.

  • Hindari Panas Matahari

Sebaiknya pilih produk perawatan rambut yang melindungi rambut dari sinar matahari. Jika tidak, lindungi rambut dengan payung, topi ketika berjalan di luar ruangan.

  • Menggunakan Conditioner Rambut Sebelum Tidur di Malam Hari

Tips terbaik, aplikasikan conditioner pada rambut sebelum tidur. Kemudian, tidur dengan menutup rambut atau lapisi bantal tidur dengan handuk. Lakukan teratur selama seminggu sekali.

Masker Untuk Rambut Bercabang

1. Bahan-bahan Alami

Masker rambut alamiAda beberapa cara untuk merawat rambut yang bercabang, agar model rambut dian sastro tetap sehat dan indah. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker rambut dan mencegah rambut bercabang semakin parah. Selain itu, beberapa produk perawatan rambut yang tersedia saat ini juga dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut bercabang. Jika ingin menggunakan bahan alami untuk masker rambut, kamu bisa membuatnya dari bahan-bahan yang terdapat di rumah dan mudah untuk diaplikasikan. Beberapa contoh masker rambut alami seperti :

  • Telur,  yang biasanya menjadi menu sarapan pagi kamu, ternyata dapat dimanfaatkan menjadi masker rambut agar terhindari dari rambut bercabang. Campurkan telur dengan minyak zaitun dan madu, lalu usapkan ke rambut hingga kulit kepala, diamkan selama 30 – 45 menitan. Setelah itu, berkeramas seperti biasa dan bilas
  • Teh Chamomile, Gunakan teh ini sebagai masker dengan cara mendidihkan kantung the ini lalu biarkan sampai dingin. Cucilah rambut dengan air the chamomile tersebut agar rambut tidak bercabang
  • Cocoa Butter, lemak cocoa yang dapat dijadikan pelembab terbaik dan alami untuk rambut. Setelah berkeramas, maskerkan cocoa pada rambut lalu diamkan hingga 15 menit dan lakukan secara rutin

2. Olive, Rudy Hadisuwarno, Makarizo, L’Oreal Hair Mask

Masker rambut bercabangSementara itu, beberapa produk masker rambut yang direkomendasikan untuk makanan yang mempercepat pertumbuhan rambut perawatan rambut bercabang, seperti berikut :

  • Olive Hair Mask, masker perawatan rambut ini memiliki kandungan dari bahan-bahan alami yang ampuh untuk mengatasi rambut kering serta bercabang. Mengandung ekstrak tumbuhan olive oil, masker ini mampu untuk memperbaiki tekstur rambut yang rusak dan membuatnya menjadi semakin halus.
  • Rudy Hadisuwarno Hair Mask, juga direkomendasikan untuk rambut kering dan juga bercabang. Rambut yang sering diwarnai, diluruskan dan dikeriting cenderung akan menjadi rambut rusak. Formulasi ekstrak sunflower serta active revive complex yang dapat merawatn dan memberikan rambut nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat.
  • Makarizo Hair Mask, Makarizo Hair Mask Repair memiliki kandungan nutrisi rambut yang dibutuhkan, seperti vitamin B5 dan kolagen. Masker rambut ini juga mampu melindungi kutikula rambut yang kering. Sering menggunakan produk masker ini, dapat menjaga elastisitas , kekuatan rambut serta menjaga kelembutan rambut.
  • L’Oreal Total Repair 5 Spa Mask, keunikan masker rambut ini mampu mengurangi 5 tanda kerusakan rambut seperti rambut rapuh, kusam, patah hingga rambut bercabang. Penggunaan masker rambut yang teratur, dapat membuat rambut semakin kuat dan lembab.
  • Feves Hair Mask, nutrisi alami untuk menjadikan rambut bebas bercabang dan semakin berkilau. Masker rambut Fever Hair Mask ini dapat dijumpai dalam kemasan sachet dan harganya juga cukup terjangkau. Masker ini bermanfaat untuk mengatasi rambut yang kering karena mengandung ekstrak Aloe Vera Roma. Masker ini juga efektif untuk atasi rambut bercabang dengan kandungan lainya seperti palem oil, squalane dan silicon oil. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan masker ini untuk atasi rambut rontok

3. Dove, Furatasse Snail, The Body Shop Treatment Mask

Sponsors Link

Masker Rambut

 

  • Dove Heat Defence Treatment Mask, masker Dove ini memiliki fungsi utama untuk melindungi serta memberikan nutrisi pada rambut yang sering terkena panas alat catok atau pengeriting rambut. Masker ini dapat digunakan setiap hari dengan formula yang cepat menyerap dan tidak lengket. Rambutmu akan lebih mudah diatur dan tidak akan bercabang.
  • Furatasse Snail Collagen Masque, masker rambut ini memiliki kandungan collagen yang berasal dari lendir siput dan efektif untuk memperbaiki sel kulit kepala yang menyebabkan rambut rusak dan menjadi bercabang. Cukup gunakan masker ini selama 15 hingga 30 menit pada rambut. Dapatkan rambut sehat dan berkilau.
  • L’oreal Mythic Oil Masque, Masker rambut selanjutnya cara mengatasi rambut kering setelah keramas yang memiliki kandungan bahan-bahan seperti alpukat, argan, minyak biji anggur dan biji kapas, yang efektif untuk semua jenis rambut, khususnya yang sering diwarnai, dikeriting dan dicatok lurus.
  • The Body Shop Banana Hair Mask,  mengandung bahan-bahan alami yaitu pisang organic terbaik dari daratan Ekuador, Amerika. Selain itu, kandungan minyak kacang Brazil di dalamnya, mampu memberikan nutrisi pada rambut hingga ke bagian ujungnya mencegah rambut bercabang.

Pastikan kamu menggunakan masker rambut dengan benar, karena jika tidak manfaat yang seharusnya diterima oleh rambut akan kurang maksimal. Biasakan memberikan masker rambut setelah kamu berkeramas, setelah itu boleh tambahkan conditioner. Masker rambut tidak perlu digunakan setiap hari, cukup 2 hingga 3 kali saja dalam seminggu gunakan masker untuk rambut bercabang.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut