Sponsors Link

Jarang Bunda Sadari, 6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Bayi Sehat dan Kuat!

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Bayi

Rambut manusia telah ada sejak dia dilahirkan. Saat bayi dilahirkan ke dunia keadaan bayi sangatlah sensitif terhadap ransangan dari luar. Oleh sebab itu, perawatan pada bayi jauh lebih ekstra dibandingkan saat sudah menginjak balita. Hal ini juga berlaku untuk kondisi rambut bayi.

ads

Rambut dan kepala bayi sangat rentan dengan berbagai sentuhan dan cuaca di luar. Tidak jarang bayi akan mudah terserang penyakit yang bermacam-macam di sekitar kulit kepala dan rambutnya. Berbagai produk bayi pun banyak yang mengeklaim dapat mengatasi berbagai masalah rambut dan masalah-masalah lainnya.

Namun, tahukah Anda jika  minyak kelapa dapat dijadikan salah satu media untuk perawatan rambut bayi. Mungkin bagi sebagian orang, minyak kelapa lebih sering digunakan di dapur untuk memasak. Padahal. Khasiat yang terkandung di dalam minyak kelapa juga dapat digunakan untuk merawat serta melindungi rambut dan kepala bayi dari berbagai ancaman. Penasaran apa saja khasiatnya? Berikut manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi yang sering digunakan.

1. Menyuburkan rambut

Rambut bayi pada saat lahir sangatlah tipis. Maka dari itu, agar rambut bayi bisa cepat tumbuh dengan baik dan sehat, gunakanlah minyak kelapa ini. Cara melebatkan rambut dengan minyak kelapa ini cukup mudah. Oleskan saja pada kulit kepala bayi secara merata. Setelah itu, diamkanlah agar minyak kelapa dapat meresap secara sempurna pada rambut dan kulit kepala bayi selama setengah jam. Setelah setengah jam, bilaslah rambut dan juga kulit kepala bayi dengan air sampai benar-benar bersih. Agar efeknya bisa terasa, gunakanlah minyak kelapa ini secara rutin.

2. Mengatasi kerak pada kulit kepala

Pada kepala bayi, terkadang selalu muncul kerak-kerak yang cukup mengganggu bayi. Kerak-kerak tersebut muncul karena faktor cuaca sehingga kepala bayi mengalami kekeringan. Kekringan pada kulit kepala bayi menyebabkan kulit kepala bayi seperti terkelupas. Dengan begitu, kulit kepala bayi mengalami iritasi kulit. Cara mengobati hal tersbut bisa dilakukan dengan memakai minyak kelapa. Cara penggunaanya sangat mudah. Pertama oleskan minyak kelapa pada kepala bayi secara merata. Jika sudah, selanjutnya adalah memijat kepala bayi dengan lembut. Setelah itu, diamkanlah kepala bayi sampai 20 menit saja. Setelah itu, gunakan sisir khusus untuk bayi. Sisir ini berfungsi agar kerak-kerak pada kulit bayi dapat terangkat dengan mudah sehingga tidak melukai si bayi. Jika semua kerak sudah di angkat, selanjutnya adalah bilas kepala bayi menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.

3. Merapikan rambut bayi

Penampilan bayi pun tidak boleh terlewatkan juga loh. Meskipun rambut bayi itu masih halus dan tipis, akan tetapi tetap saja perlu dirapikan. Apalagi saat bayi sedang ada di kasur, bantal, atau di tempat manapun sering kepala bayi akan bersenggolan dengan benda-benda lain di sekitarnya. Hal ini menyebabkan rambut pada kepala bayi mengalami kekusutan serta acak-acakan. Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah menggunakan minyak kelapa. Cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa ini cukup mudah. Pertama ambil minyak kelapa sedikit saja pada tangan Anda. Setelah itu, oles-oleskan pada rambut bayi dan atur-aturlah hingga rambut benar-benar tertata rapi.

4. Melembabkan rambut bayi


Kelebihan lainnya dalam menggunakan minyak kelapa ini adalah dapat melembabkan rambut pada bayi. Ketika kondisi cuaca tidak bersahabat, hal ini dapat  memberikan dampak yang negatif pada setiap orang. Terutama bayi yang kondisi tubuhnya sangat rawan terhadap perubahan cuaca. Hal ini juga berlaku untuk kesehatan rambut bayi. Perubahan cuaca membuat rambut bayi mudah patah, kering, dan juga tidak terlihat sehat. Oleh karena itu, solusi untuk masalah ini adalah menggunakan minyak kelapa. Caranya pun, mudah saja. Pertama-tama ambil minyak kelapa secukupnya saja. Setelah itu, oleskan pada rambut bayi hingga merata. Dengan menggunakan minyak kelapa ini, rambut bayi dapat terlihat lebih lembab dan lebih segar dilihat.

5. Mencegah kerontokan rambut

Manfaat lain dengan menggunakan minyak kelapa ini adalah dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut bayi. Kandungan yang ada di dalam minyak kelapa dapat menyembuhkan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada rambut, salah satunya adalah dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut bayi. Seperti yang kita ketahui bahwa, masalah kerontokan pada rambut dapat terjadi pada siapapun, termasuk pada rambut bayi. Penyebab rambut rontok pada bayi pun banyak faktornya. Bisa karena faktor luar maupun faktor di dalam tubuh bayi itu sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan khusus pada bayi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena bahan-bahan alami dapat digunakan tanpa risiko terkena efek samping bahan kimia. Salah satu bahan alami tersebut adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya pun mudah saja, ambil minyak kelapa secukupnya saja. Lalu, oleskan pada rambut dan kepala bayi secara merata.


6. Mencegah munculnya kutu rambut

Kutu rambut merupakan salah satu parasit yang tumbuh pada rambut manusia. Dewasa dan anak-anak dapat mengalami rambut yang memiliki kutu ini. Pada dasarnya, kita dapat mencegah hal itu terjadi sejak dini atau sejak bayi, yakni dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut bayi. Minyak kelapa merupakan salah satu cara menghilangkan kutu rambut serta mencegahnya datang kembali. Cara menggunakannya cukup mudah, pertama ambilah minyak kelapa secukupnya saja. Setelah itu, oleskan pada rambut bayi hingga merata. Lakukannlah hal tersebut secara rutin agar efeknya dapat terlihat.

Itulah manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi yang sering digunakan. Bisa ditarik kesimpulan bahwa minyak kelapa tidak hanya berguna untuk memasakn makanan saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita terutama pada rambut bayi. Jika Anda menginginkan solusi yang murah untuk masalah rambut bayi dan minim efek samping bahan kimiawi, minyak kelapa ini bisa menjadi alternatifnya. Selain digunakan pada bayi, minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk hal lain seperti cara membuat minyak kelapa untuk rambut uban dan kerng dan manfaat minyak kelapa sawit untuk rambut. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk Anda.

, , ,