Sponsors Link

7 Manfaat Mencukur Rambut Bayi Baru Lahir Untuk Kesehatan Rambut

Baru saja memiliki buah hati merupakan salah satu warna baru dalam hidup anda, apalagi jika si kecil masih dalam usia beberapa bulan setelah lahir. Ini merupakan sebuah moment dimana anda tidak bisa meninggalkannya semenit saja. Semua perhatian akan terpusat pada si kecil apalagi jika anda membaca cara menipiskan rambut dengan air panas, anda pun mulai memperhatikan asupan gizi serta berbagai macam kebutuhan. Tidak luput mengenai berbagai macam tradisi di Indonesia yang berkaitan dengan kelahiran si kecil.

ads

Salah satu tradisi khas yang ada di Indonesia setelah beberapa bulan bayi lahir yaitu tradisi cukur rambut. Bukan hanya sekedar tradisi biasa, diharapkan bayi yang telah berusia 40 hari setelah kelahirannya ini akan dijauhi dari berbagai hal negatif mulai dari penyakit hingga nasib sial untuk kedepannya. Tradisi ini pun telah menjadi turun temurun dan pasti ada disetiap daerah dengan cara dan nama yang berbeda.

Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Selain di Indonesia sebenarnya tradisi mencukur bayi juga dilakukan di beberapa Negara, hanya saja berbeda dengan di Indonesia yang kebanyakan orang masih menggunakan cara tradisional dan mengadakan upacara terlebih dahulu. Di beberapa Negara seperti di Amerika, orang mencukur rambut bayi dilakukan secara normal seperti orang mencukur pada umumnya. Tak heran jika disana ada banyak sekali salon ataupun tempat cukur khusus untuk bayi. Selain sebagai tradisi dan mengandung kepercayaan, secara medis mencukur rambut bayi ada manfaatnya tersendiri dan berikut manfaat mencukur rambut bayi.

  1. Mengatasi Keringat Berlebih pada Bayi

Seringkali kita jumpai bayi memiliki keringat berlebih, inilah yang menjadi masalah utama kenapa beberapa jam setelah mandi biasanya baju ataupun sarung tangan bayi sedikit lembab. Untuk mengatasi hal ini ada cara yang lebih mudah berbeda dengan cara melebatkan rambut dengan minyak kelapa, yaitu dengan mencukur rambut bayi hingga plontos. Dengan begini maka produksi keringat pada bayi akan sedikit berkurang apalagi di bagian kepala.

  1. Menguatkan Akar Rambut Bayi

Rambut bayi yang cenderung halus dan lembut tentunya perlu dijaga agar tidak mudah rontok. Selain mengaplikasikan beberapa produk bayi di bagian rambut, salah satu cara agar akar rambut dapat lebih kuat dan tidak mudah rontok yaitu dengan melakukan pencukuran secara berkala setiap satu atau 2 bulan sekali hingga bayi berumur 1 tahun.

  1. Melebatkan Rambut Bayi

Ada beberapa bayi yang terlahir dengan pertumbuhan rambut tipis dan jarang, untuk mengatasinya anda bisa mencukur rambut bayi saat bayi sudah berumur 40 hari. Dengan mencukur rambut bayi, pertumbuhan rambut akan terangsang dan inilah yang membuat rambut jadi semakin lebat. Ada baiknya setelah rambut bayi dicukur bacalah juga cara menyuburkan rambut dengan seledri, oleskan minyak kemiri atau orang- aring khusus bayi untuk mempercepat pertumbuhan rambut pada bayi.

  1. Meluruskan Rambut Bayi

Selain berambut tipis, ada beberapa bayi yang terlahir dengan rambut terlalu keriting dan kaku. Untuk mengontrol pertumbuhan rambut agar tidak semakin keriting dan kaku, anda bisa mencukurnya setiap bulan. Rambut bayi yang rutin dicukur dapat membuat tekstur rambut menjadi lurus dan lembut sehingga rambut yang tadinya keriting dan kaku jadi lebih lurus dan halus.

  1. Membersihkan Lemak di Kepala Bayi

Setelah lahir anda juga bisa melihat cara melebatkan rambut dengan santan, untuk menjaga kulit kepala bayi kulit bayi biasanya mengeluarkan lemak dalam jumlah banyak apalagi sesaat setelah lahir. Untuk itu disarankan setelah 40 hari lahirnya bayi anda bisa mencukur rambut di kepala bayi untuk menghilangkan sebagian lemak di kepalanya.

Sponsors Link

  1. Mempermudah Perawatan Bayi

Untuk memudahkan anda dalam merawat kulit bayi secara keseluruhan serta membersihkannya dari ujung kepala hingga ujung kaki, anda juga perlu mencukur rambut bayi anda. selain itu setelah mencukur, anda bisa mengoleskan berbagai produk perawatan bayi seperti minyak rambut, lotion, dan pelembab.

  1. Mengurangi Rasa Gerah pada Bayi

Salah satu penyebab bayi menangis di siang hari yaitu gerah. Rasa gerah pada bayi seringkali muncul apalagi saat musim kemarau tiba berbeda dengan cara agar rambut terlihat basah sepanjang hari, biasanya jika sudah begini bayi akan susah diam dan selalu menangis. Selain itu beberapa bayi cenderung mengalami bintitan di sekitar kepalanya akibat keringat berlebih. Anda perlu melakukan pencukuran pada rambut bayi anda sehingga rasa gerah pun dapat teratasi.

Itulah berbagai manfaat mencukur rambut bayi, selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin mencukur rambut bayi. Beberapa hal itu diantaranya :

  • Menentukan hari untuk mencukur .
  • Saat mencukur pastikan bayi dalam keadaan pulas, tenang, dan kenyang.
  • Cukurlah rambut bayi sembari anda menggendongnya atau biarkan sambil tertidur di bantal.
  • Gunakan alat cukur yang tajam agar tidak melukai kulit kepala bayi.
  • Sembari mencukur anda juga bisa membaca perpaduan warna cat rambut yang bagus, jangan sampai mengganggu posisi bayi saat tidur dan lakukan dari posisi terluar.
  • Lakukan perlahan dan usaplah kepala bayi sembari anda mencukur.
  • Pada bagian yang sulit di cukur berbeda dengan cCara mengikat rambut untuk wajah bulat, renggangkan sedikit kulit kepala bayi. Ini akan mempermudah anda ketika mencukur.

Manfaat mencukur rambut bayi serta hal- hal yang harus anda perhatikan saat mencukur bayi di atas merupakan informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jangan lupa untuk mencukur rambut bayi anda secara berkala dan selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut