Sponsors Link

6 Manfaat Membotakkan Rambut Bagi Kesehatan dan Perawatan Kepala

Rambut merupakan bagian dari kepala yang dapat memberikan perubahan pada wajah melalui penataan. Merawat rambut menjadi sehat dan terawat dapat membantu proses penataan gaya pada rambut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Beberapa syle gaya rambut dapat dibentuk dari rambut yang sehat dan terawat dan biasanya akan disesuaikan dengan kondisi bentuk wajah dan kepala seperti gaya rambut wajah lonjoh pria, gaya rambut wajah untuk bentuk bulat, dan berbagai gaya lain yang dapat dipilih dengan menyesuaikan bentuk wajah.

ads

Membotakkan rambut merupakan salah satu cara membentuk rambut menjadi botak atau gundul atau plontos dengan cara memangkas habis rambut yang ada pada kepala tanpa sisa yang biasanya diawali dengan gunting rambut dan diakhiri dengan menggunakan silet. Kondisi rambut yang botak ini terkadang memang merupakan kondisi rambut yang diinginkan bagi sebagian orang namun terkadang membotakkan rambut merupakan pilihan wajib bagi kondisi. Rambut yang botak lebih banyak yang tidak menyukai dibandingkan yang menyukai.

Beberapa penyebab yang dapat dijadikan alasan dalam membotakkan rambut sampai habis adalah seperti mengikuti gaya atau trend dan menyesuaikan dengan keinginan pemiliki rambut, mengatasi berbagai macam endapan dan kotoran rambut yang dapat muncul karena terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, untuk menghindari dan mempercepat penyembuhan berbagai penyakit akut yang bisa jadi terjadi dikepala, dan beberapa alasan lainnya yang disebabkan oleh adanya aturan pada lingkungan tertentu.

Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai manfaat membotakkan rambut yang menjadi dasar bagi seseorang untuk memilih gaya rambut tersebut.  Dan terkadang pilihan membotakkan rambut merupakan pilihan yang tidak diinginkan karena bentuk wajah akan menjadi satu satunya yang mempengaruhi penampilan dan kondisi botak seperti itu banyak tidak disukai oleh orang. Namun dibalik itu semua, ada beberapa manfaat membotakkan rambut yang bisa diperoleh karena kondisi tertentu. Berikut manfaat membotakkan rambut yang biasa menjadi dasar seseorang untuk mencukur semua rambutnya sampai habis.

  1. Menata Ulang Rambut

Manfaat pertama yang dapat diberikan dengan melakukan pembotakan secara sengaja pada rambut adalah dapat membantu menata ulang rambut. Beberapa kondisi penataan ulang terkadang pada orang tertentu diperlukan dan merupakan kebutuhan yang digunakan untuk menata ulang rambut. Dengan membotakkan rambut dikepala maka rambut akan mulai tumbuh lagi dari awal. Kondisi ini terkadang bisa jadi malah menyebabkan rambut tidak kunjung tumbuh kembali karena satu dan lain hal. Hanya saja kondisi yang tidak kunjung tumbuh lagi tersebut biasanya disebabkan oleh faktor usia, hormon, serta adanya permasalahan pada rambut.

  1. Membantu menumbuhkan rambut pada bayi

Kebiasaan yang umum pada proses perkembangan bayi adalah adanya prosesi yang dilakukan untuk mengundul habis rambut bayi. Membotakkan rambut pada bayi dapat memberikan manfaat untuk meratakan pertumbuhan rambut pada bayi serta membantu meningkatkan dan menyuburkan pertumbuhan rambut terutama pada bagian di kepala yang belum ditumbuhi oleh rambut. membotakkan rambut pada bayi juga banyak diharapkan dapat memberikan manfaat untuk membantu menbentkuk rambut sejak dari usia dini.

  1. Mengatasi masalah pada kulit kepala

Membotkakkan rambut juga dapat digunakan dengan manfaat untuk mengatasi masalah pada kulit rambut yang sudah cukup parah. kulit yang mengalami iritasi dan ketombe akut adalah permasalahan yang biasanya mengharuskan untuk dilakukan pencukuran rambut sampai habis. Masalah yang terjadi pada kulit kepala dengan kondisi yang sudah parah harus ditangani tanpa adanya gangguan dari rambut.

Sponsors Link

  1. Membantu menghadapi proses kemoterapi

Proses kemoterapi merupakan salah satu terapi yang dilakukan untuk mengatasi penyakit berbahaya seperti kanker. Pengobatan kanker melalui kemoterapi secara umum diterapkan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh yang memiliki perkembang biakan yang cepat. Pilihan untuk membotakkan rambut ini dapat dilakukan sebagai bentuk persiapan dan kesiapan terhadap proses kemoterapi yang akan dijalani sehingga rambut pada kepala pasien akan teratasi.

  1. Menghilangkan pengaruh produk perawatan ataupun pembentuk rambut 

Selain berbagai manfaat diatas, membotakkan rambut bisa jadi digunakan untuk menghilangkan seluruh helai rambut yang telah tekena produk perawatan rambut berbahan kimia yang sulit hilang meskipun mencuci rambut dirumah bahkan disalon khusus wanita. Produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia kadang kala dapat menimbulkan berbagai masalah pada rambut.

Sponsors Link

  1. Membantu menghilangkan kotoran yang tidak dapat dihilangkan

Manfaat lainnya dari membotakkan rambut adalah untuk membantu menghilangkan kotoran yang benar tidak bisa dihilangkan dengan cara apapun. Contoh kotoran yang tidak dapat dihilangkan diantaranya adalah adanya cat yang tidak sengaja berada pada rambut, rambut yang terkena lem atau getah tumbuhan, rambut yang rontok sebagian, dan berbagai kotoran bandel lainnya.

Berbagai produk perawata rambut dapat yang digunakan oleh sebagian besar orang dapat menyebabkan berbagai masalah rambut serta kotoran rambut yang tidak akan mudah hilang meskipun sudah dilakukan perawatan dengan benar. Nah untuk kondisi membotakka rambut menjadi penting demi menghindari berbagai macam penyakit dan masalah rambut akibat adanya penumpukan endapat dait produk perawatan rambut.

Nah itulah berbagai macam manfaat dari membotakkan rambut yang dapat diperoleh dan bisa jadi terkadang merupakan pilihan terkahir yang wajib harus dilakukan demi menjaga agar berbagai bahaya terhadap rambut tidak akan terjadi.

, ,




Oleh :
Kategori : Pria