Sponsors Link

7 Manfaat Keramas Setiap Hari Untuk Rambut Segar Selalu

Rambut merupakan bagian dari kepala yang paling penting perannya. Selain sebagai pelindung kepala dari berbagai kondisi lingkungan sekitar yang tidak baik, rambut juga memiliki peran dalam mempengaruhi bentuk wajah serta penampilan seseorang. Rambut yang terlihat dalam kondisi ideal seperti bersih, mudah ditata, tidak mengembang, tidak berminyak, tidak berbau, berkilau, hitam, dan tanpa masalah rambut lainnya merupakan kondisi yang dapat memberikan nilai lebih dari penilaian orang lain terhadap penampilan seseorang.

ads

Untuk mendapatkan kondisi ideal pada rambut tersebut, proses penataan dan perawatan merupakan hal yang harus selalui diperhatikan serta dilakukan. Dalam hal merawat rambut, cara merawat rambut kering dan mengembang akan berbeda dengan cara merawat rambut berminyak dan lepek begitu juga dengan merawat rambut panjang akan berbeda dengan merawat rambut pendek. Untuk itu, perlu langkah yang tepat dalam menentukan perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut itu sendiri.

Dalam prosesnya, merawat rambut dapat dilakukan dengan bantuan para ahli tata rambut yang ada di salon kecantikan maupun melakukannya sendiri dirumah. Kegiatan perawatan rambut yang membutuhkan para ahli biasanya seperti bleaching, smoothing, rebounding, dan lainnya, sedangkan kegiatan yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah seperti menggunakan minyak rambut, menggunakan produk perawatan lainnya, dan mencuci rambut atau keramas.

Keramas atau mencuci rambut merupakan proses perawatan rambut paling sederhana dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Namun meskipun sederhana, mencuci rambut harus dilakukan dengan benar dan membutuhkan cara tersendiri agar hasilnya dapat maksimal. Keramas sendiri bisa dilakukan setiap hari ataupun beberapa hari sekali tergantung kebiasaan dan kebutuhan. Beberapa anggapan juga menyatakan bahwa mencuci rambut setiap hari dapat merusak rambut dan memberikan pengaruh buruk lainnya. Namun ternyata, ada beberapa manfaat keramas setiap hari yang dapat diperoleh jika dilakukan dengan benat. Manfaat keramas yang dilakukan setiap hari tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membersihkan rambut dari kotoran

Manfaat keramas setiap hari yang pertama adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran. Dalam aktifitas sehari hari, rambut merupakan bagian yang akan sering berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan dapat ditempeli oleh berbagai macam kotoran mulai dari debu dari tanah maupun asap kotor kendaraan. Kondisi kotoran pada rambut ini dapat sering dialami bagi mereka yang memiliki aktifitas luar ruangan lebih besar dan juga bagi mereka yang tidak mengenakan kerudung atau jibab.

Bagi mereka yang memiliki banyak aktifitas yang berada di luar ruangan, melakukan keramas setiap hari merupakan langkah yang sangat berguna untuk selalu membersihkan berbagai macam kotoran yang menempel pada rambut. Keramas yang dilakukan setiap hari harus dilakukan dengan benar dan sebaiknya menggunakan shampoo yang tidak terlalu merusak rambut.

Selain itu, beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal yang tidak disangka dengan tersangkutnya kotoran yang sangat lengket pada rambut, salah satunya adalah permen karet. Permen karet bisa saja menempel pada rambut karena kesengajaan ataupun tingkah usil seseorang terhadap anda. Permen karet yang sangat lengket begitu susah dibersihkan dari rambut dan sering menyebabkan rambut patah atau tercabut ketika mencoba untuk membersihkannya. Salah satu cara yang dapat membantu membersihkan rambut dari kondisi menempelnya permen karet adalah dengan keramas atau mencuci rambut.  Gunakan coca cola yang memiliki sifat abrasif kuat untuk dapat menghilangkan kotoran yang sangat lengket pada rambut seperti permen karet namun tidak merusak kondisi rambut. Manfaat mencuci rambut dengan coca cola tersebut jangan dilakukan terlalu sering karena dapat merusak rambut.

  1. Mengatasi rambut berminyak
Sponsors Link

Melakukan keramas setiap hari bukan hanya sekedar membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai kotoran namun juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan rambut berminyak. Dengan melakukan keramas menggunakan shampoo yang benar maka minyak yang banyak khusus pada orang yang memiliki kondisi rambut berminyak setidaknya dapat teratasi.

Untuk mengurangi rambut yang berminyak dapat dilakukan dengan cara mencuci rambut atau yang lebih sering disebut sebagai keramas. Dengan keramas menggunakan shampo yang tepat dapat membantu menghilangkan kotoran serta minyak yang terdapat pada rambut. Untuk membantu mempercepat  mengatasi rambut berminyak dan mengurangi kadar minyaknya maka pengaturan frekuensi keramas yang lebih sering dibandingkan dengan kondisi biasa akan sangat membantu. Agar rambut dengan kondisi berminyak dapat sedikit teratasi maka keramas dapat dilakukan setidaknya 2 – 4 kali dalam sehari. Selain itu, keramas juga sangat diperlukan untuk mengatasi rambut berminyak yang memiliki ciri ciri rambut lepek dan sering basah.

Keramas setiap hari sejatinya dapat membantu mengurani minyak dari rambut sementara saja sehingga membutuhkan usaha usaha lainnya untuk mengatasi kondisi rambut berminyak yang dapat membuat rambut menjadi lepek bahkan mudah rontok. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut berminyak diantaranya menggunakan shampo kering, Clarifying shampo, menggunakan bahan bahan alami seperti oat, tanah liat, sari apel soda kue, dan buah jeruk.

ads
  1. Mengatasi rambut berketombe

Ketombe yang secara medis disebut sebagai dematitis seboroik merupakan suatu kondisi kelainan yang terjadi pada kulit kepala. Ketombe yang muncul pada kulit kepala biasanya akan dapat dikenali dengan lepasnya lapisan kulit kering yang mati serta adanya tanda kemerahan yang merupakan tanda terjadinya peradangan pada kulit kepala. Ketombe merupakan gangguan umum yang sering terjadi dan pasti pernah dialami oleh setiap orang.Ketombe merupakan jenis penyakit yang tidak menular namun dapat diturunkan serta dapat terjadi terus menerus meskipun dengan kondisi yang hilang lalu muncul kembali.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan keramas setiap hari adalah membantu mengatasi ketombe atau setidaknya menghilangkan kulit mati bekas ketombe yang menempel di rambut. Manfaat ini akan sangat dirasakan bagi mereka yang memiliki ciri ciri ketombe akut namun tetap harus membutuhkan berbagai macam upaya pengatasan ketombe lainnya.

  1. Menyegarkan kulit kepala

Manfaat lainnya yang juga bisa didapatkan dari aktifitas keramas setiap hari adalah dapat membantu menyegarkan kulit kepala. Mencuci rambut menggunakan air dan beberapa produk shampo yang mengandung mint dapat membantu menyegarkan kulit kepala serta memberikan kesan rileks atau tenang dan juga menjadi kepala lebih fresh.

Manfaat ini secara tidak langsung juga dapat menjadi sebuah aktifitas menenangkan dari berbagai macam beben pekerjaan maupun tugas sekolah. Selain menenangkan beberapa ide baru dari otak mungkin juga dapat muncul ketika keramas karena timbulnya ketenangan serta rasa nyaman ketika keramas.

  1. Membantu membasmi kutu rambut

Kutu atau Pediculus humanus capitis menurut wikipedia adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala dan bagi kutu betina akan mampu bertelur enam buah sehari di area kulit kepala yang berambut. Kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang dapat ditularkan dengan mudah melalui beberapa media seperti sisir, bantal, handuk, bahkan udara.

Manfaat lainnya yang juga sangat membantu untuk membuat rambut selalu dalam kondisi ideal adalah membantu membasmi atau setidaknya merontokkan kutu rambut dan telurnya dari rambut yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Manfaat ini akan membantu untuk tidak membuat kutu semakin banyak berada dirambut. Akan tetapi dalam hal pembasmian kutu ada beberapa usaha lainnya yang juga harus dilakukan karena keramas setiap hari hanya bersifat pendukung dan bukan upaya utama.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk membantu membasmi kutu selain dengan keramas setiap hari antara lain melalui cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah, masker rambut almond, masker lemon, minyak zaitun, mayonais, minyak kelapa, campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis, daun sirsak, cuka, obat pembasmi kutu, dan berbagai macam bahan lainnya.

  1. Mencegah penumpukan kotoran pada rambut

Manfaat lainnnya yang dapat diperoleh dari keramas yang dilakukan setiap hari adalah untuk mencegah penumpukan kotoran pada rambut. Rambut yang tidak sering dibersihkan dapat menyebabkan kotoran yang ada akan mengendap dan menumpuk terutama di bagian kulit kepala. Kondisi kotoran menumpuk pada kepada tersebut dapat meningkatkan resko terjadinya berbagai masalah rambut yang akan menyusahkan nantinya.

Sponsors Link

Untuk itu, sebagai tindakan preventif atau pencegahan agar tidak terjadi berbagai masalah pada rambut akibat penumpukan kotoran adalah dengan melakukan keramas setiap hari yang dilakukan dengan benar serta menggunakan bahan shampoo yang sesuai kondisi atau karakteristik dari rambut itu sendiri.

  1. Melembabkan rambut yang kering

Keramas merupakan aktifitas membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran dengan bantuan beberapa bahan bahan yang disebut sebagai shampo. Keramas merupakan cara paling sederhana dalam proses perawatan rambut kering dan mengembang serta dapat dilakukan secara mandiri.

Keramas setiap hari merupakan salah satu upaya untuk memberikan kelembaban pada rambut kering dengan melakukan cara keramas yang benar untuk rambut kering melalui beberapa tahap seperti rutin melalukan keramas, menggunakan shampo yang khusus untuk rambut kering agar mampu mengembalikan dan memberikan kelembaban pada rambut, menggunakan konditioner baik yang alami maupun yang sudah tersedia diberbagai toko.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari proses keramas yang dilakukan setiap hari. Namun untuk melakukannya harus dilakukan dengan benar dan menggunakan shampo yang sesuai karakteristik rambut agar tidak terjadi masalah yang mungkin bisa muncul. Dalam  proses keramas setiap hari, selalu perhatikan agar dalam proses pembilasannya harus dilakukan dengan bersih dan jangan menyisakan busa shampo pada rambut agar tidak menimbulkan kondisi yang tidak diinginkan nantinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut