Sponsors Link

15 Manfaat Es Batu Untuk Rambut Wajib Anda Coba dan Lakukan

Merawat rambut merupakan aktifitas yang sering dilakukan dan merupakan bagian dari bersih diri. Rambut yang tampak indah, bersih, tidak berbau, berkilau, dan mudah diatur merupakan keinginan banyak orang terutama wanita dan orang yang sangat memperhatikan penampilannya. Untuk mendapatkan kondisi tersebut harus ada proses perawatan rambut yang dilakukan secara rutin dan teratur.

ads

Dalam perkembangannya ada berbagai macam proses perawatan rambut yang bisa dilakukan mulai dari yang dilakukan sendiri sampai dendan yang membutuhkan para ahli tata rambut. Keharusan untuk merawat rambut ini dipicu karena rambut merupakan mahkota kepala yang dapat mempengaruhi bentuk muka dan penampilan seseorang. Berbagai cara merawat rambut kering dan mengembang maupun jenis rambut lainnya dapat dilakukan dengan bahan bahan yang sering kita temui.

Ada beberapa bahan yang sebenarnya dibuat bukan untuk merawat rambut namu dapat digunakan untuk melakukan perawatan terhadap rambut karena manfaatnya seperti khasiat air garam untuk rambut, mencuci rambut dengan coca cola, merawat rambut mengunakan lemon dan daun seledri, serta beberapa bahan lainnya. Salah satu bahan yang mungkin belum banyak diketahui adalah es batu. Beberapa Manfaat es batu untuk rambut yang bisa dipraktekan dan mendapatkan khasiatnya antara lain seperti berikut:

  1. Memberikan efek baik terhadap kelenjar minyak

Sebum merupakan nama lain dari kelenjar minya yang berfungsi sebagai penutup dan pelindung rambut serta kulit kepala. Penggunaan air panas pada kepala yang sering dilakukan saat kondisi hujan dapat menyebabkan rusaknya kelenjar minyak dan menjadikan rambut serta kulit kepala menjadi rapuh. Manfaat es batu yang mendinginkan air dapat menjadikan kondisi kelenjar minyak kembali seperti semula dan menyebabkan rambut serta kulit kepala menjadi lebih sehat.

  1. Menutup kutikula rambut

Mencuci rambut mengunakan es batu dalam air menjadikan air memiliki suhu yang dingin dan dapat memberikan manfaat untuk menutup kutikula rambut sehingga rambut akan nampak lebih bersinar sementara. Kutikula rambut merupakan pelindung yang melindung bagian luar tiap helain rambut yang melapisi korteks dan bertangung jawab terhap kilau maupun tekstur rambut.

  1. Menghaluskan rambut yang kusut

Manfaat lainnya dari air es yang didapatkan dari menambahkan es kedalam air adalah dapat menghaluskan rambut yang kusut. Tekstur rambut akan lebih lembut dan tidak kusut apabila melakukan pencucian rambut dengan air yang dingin dikarenakan air dingin atau suhu dingin dapat menyebabkan kutikula rambut menjadi tertutup sehingga rambut yang kusut akan tampak lembut sementara. Menghaluskan rambut yang kusut ini juga merupakan salah satu khasiat cuka apel untuk rambut.

  1. Menjadikan rambut mudah untuk ditata

Kondisi rambut yang lembut dan tidak kusut seperti yang dijelaskan diatas dapat menyebabkan rambut menjadi mudah ditata. Sehingga mencucui rambut dengan air dingin yang didapatkan dari campuran air dan es batu dapat menjadikan rambut menjadi semakin mudah ditata untuk sementara waktu. Rambut yang sulit ditata merupakan masalah rambut yang sangat menjengkelkan pada wanita.

  1. Membuat rambut lebih bersinar

Manfaat lainnya dari mencuci rambut menggunakan air es adalah menjadikan rambut lebih bersinar. Kondisi ini didapatkan karena suhu dingin yang muncul karena mencuci rambut dengan air es dapat menyebabkan kutikula rambut tertutup dan membuat rambut menjadi lebih bersinar.

Sponsors Link

  1. Memperlancar peredaran darah pada kepala

Suhu dingin pada air es yang didapat dari mencampurkan es batu denga air pada sebuah wadah apabila digunakan sebagai air untuk mencuci rambut dapat menyebabkan pembuluh darah pada kepala menjadi melebar. Pelebaran pembuluh darah ini dapat menyebabkan lancarnya peredaran darah dikepala sehingga nutris dapat menyebar pada rambut. Kondisi lancarnya peredaran darah dan rambut yang ternutrisi secara baik serta merata dapat memberikan manfaat lainnnya seperti :

  • Mencegah rambut rontok
  • Menjadikan rambut lebih sehat
  1. Membersihkan kotoran pada kepala

Kondisi suhu dingin yang tercipta dari air yang dicampur denga es batu dapat membuat suhu pada kepala menjadi lebih dingin dan membuat rambut tidak kusut. Kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran rambut menjadi lebih bersih dibandingkan menggunakan air biasa.

Sponsors Link

  1. Memberikan efek menyegarkan

Suhu dingin dari air es dapat memberikan manfaat es batu untuk rambut lainnya yang langsung terasa yakni memberikan efek menyegarkan pada kepala. Manfaat ini sangat berguna terutama apabila kondisi lingkungan disekitaran kita sangat panas dan sumuk.

  1. Manfaat es batu untuk kesehatan dan kecantikan lainnya.

Selain bermanfaat untuk rambut, es batu atau air es dengan suhu dingin juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan bagi perawatan tubuh. Beberapa manfaat lainnya dari es batu tersebut terhadap kesehatan diantaranya adalah:

  • Membakar lemak tubuh
  • Membantu proses peremajaan kulit
  • Membuat wajah lebih berkilau alami
  • Mendinginkan pikiran
  • Merilekskan otot otot pada tubuh

Manfaat es batu untuk rambut dan kesehatan lainya tersebut dapat muncul dan hanya bersifat sementara. Mencuci rambut terlalu sering dengan kondisi air yang dingin juga sangat tidak baik untuk kesehatan terutama bila kondisi lingkungan juga dingin.  Meskipun ada banyak manfaat dari air es yang dingin ada beberapa bahaya juga untuk kesehatan yang mungkin tidak akan langsung dirasakan sehingga sebaiknya gunakanlah cara merawat rambut yang lebih tidak memberikan efek buruk terhadapt kesehatan seperti cara merawat rambut dengan santan yang merupakan bahan alami.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut