Sponsors Link

6 Manfaat Cuci Blow Rambut yang Perlu Anda Coba dan Ketahui

Rambut adalah salah satu komponen penting penunjang penampilan. Rambut yang indah dipercayai mampu membuat memaksimalkan penampilan dan membuatnya lebih memukau dan tampak sempurna. Oleh karena itu, rambut perlu dirawat dengan baik dan diperhatikan kesehatannya, perlakuan-perlakuan buruk yang dapat membahayakan rambut juga harus dihindari, salah satunya bahaya penggunaan pengering rambut atau hair dryer.

ads

Mungkin Anda pernah mengalami suatu kondisi ketika acara penting tinggal beberapa menit lagi dan rambut Anda masih basah setelah keramas. Ingin menggunakan pengering rambut tapi di sisi lain juga tidak ingin membuat rambut rusak. Tapi apakah benar mengeringkan rambut sangat tidak boleh dilakukan?

Blow vs Mengeringkan Rambut secara Natural

Blow-drying rambut atau mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer merupakan salah satu cara mengeringkan rambut yang bekerja dengan cara meniupkan udara panas ke arah rambut sehingga dapat mempercepat proses evaporasi, yang kemudian dapat membuat rambut lebih cepat kering. Setiap helai rambut dilapisi oleh lapisan kutikula, yaitu lapisan protein yang melindungi rambut dari kerusakan. Panas dari pengering rambut dapat menghancurkan lapisan kutikula, menjadikan rambut kasar, tidak mengkilap, dan mudah rusak. Selain itu, panas dari pengering rambut pada proses blow menyebabkan rambut lebih cepat kehilangan kelembabannya, sehingga menjadikannya lebih rapuh.

Secara umum, memang mengeringkan rambut dengan sendirinya lebih baik. Tapi membiarkan rambut mengering dalam waktu yang lama juga dapat berakibat buruk. Seringkali kita bosan menunggu rambut benar-benar kering dengan sendirinya, sehingga malah menyisir rambut begitu saja saat masih basah. Hal tersebut dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut bercabang. Mengeringkan rambut dengan handuk jika tidak dilakukan dengan lembut dan hati-hati juga dapat menyebabkan rambut kusut dan memunculkan tanda rambut rontok berlebihan. Begitu pula mengeringkan rambut dengan bantuan angin ataupun kipas angin dapat menyebabkan rambut terlilit dan menyimpul. Bahaya mengeringkan rambut dengan kipas angin tersebut selanjutnya dapat menyebabkan kekusutan dan percabangan yang lebih parah.

Cuci blow rambut tidak sepenuhnya berbahaya jika dilakukan dengan benar. Terdapat beberapa manfaat cuci blow rambut yang sangat berguna bagi penampilan rambut. Manfaat tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Lebih Praktis dan Hemat Waktu

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan blower sangat praktis dan lebih cepat. Rambut yang basah dapat kering lebih cepat dibandingkan jika dibiarkan kering dengan sendirinya. Hal ini sangat penting terutama jika Anda super sibuk dan memiliki waktu terbatas. Manfaat ini sangat dirasakan terlebih jika rambut Anda tebal dan panjang. Rambut panjang dan tebal akan sangat lama jika dibiarkan kering secara natural, sehingga memerlukan waktu berjam-jam sebelum Anda siap berangkat.

2. Style Rambut Lebih Mudah Diatur

Blow-drying dapat membuat Anda senantiasa mengatur style rambut. Dengan menggunakan blower rambut Anda dapat diatur agar lebih terlihat bervolume dan halus. Anda dapat mencoba dan bereksperimen dengan berbagai style rambut tanpa perlu khawatir rambut akan terlihat lepek karena bergonta-ganti gaya rambut. Style rambut yang sempurna akan menambah kepercayaan diri dan membuat penampilan Anda tetap stylish. Hal ini sangat penting terutama ketika Anda perlu menghadiri acara atau event tertentu.

Sponsors Link

3. Meminimalisir Rambut Tersimpul atau Kusut

Cuci blow rambut dapat meminimalisir terjadinya rambut yang tersimpul dan kusut. Panas yang dihasilkan blower dapat mencegah rambut terlilit, sehingga menjadikan rambut terlihat lebih rapi dan terasa lebih halus. Hal ini akan sangat bermanfaat, khususnya bagi Anda yang memiliki masalah rambut sering kusut, terlebih jika sudah sangat kusut tentunya cara menguraikan rambut kusut tersebut cukup sulit dan memakan waktu yang cukup lama.

4. Meminimalisir Rambut Patah

Rambut patah salah satunya dapat terjadi ketika rambut kusut kemudian dipaksa untuk disisir dengan keras. Seperti yang telah disebutkan, cuci blow dapat mencegah rambut terlilit dan menyimpul. Semakin sedikit rambut yang tersimpul, semakin kecil juga resiko rambut patah dan kusut.

5. Mengurangi Rambut Bercabang

Sponsors Link

Cuci blow juga dapat mengurangi rambut bercabang. Pengeringan dengan blower akan membuat ujung rambut lebih lurus dan halus. Simpul rambut yang minimal juga dapat mengurangi resiko rambut kusut dan menyebabkan percabangan. Namun, meskipun cuci blow dapat mengurangi rambut terlihat bercabang, Anda disarankan untuk memotong rambut bercabang sendiri agar lebih terlihat maksimal dan rambut terjaga kesehatannya.

6. Rambut Terlihat Lebih Panjang

Dengan cuci dan blow rambut dapat terlihat lebih panjang. Proses blowing dapat meluruskan lekukan atau gelombang pada rambut, sehingga membuatnya lebih lurus secara alami. Manfaat ini dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin tampil dengan rambut panjang dan lurus. Jika Anda terlanjur memotong rambut terlalu pendek, Anda dapat mencoba membuat rambut sedikit terlihat lebih panjang dengan metode cuci blow.

Keenam manfaat cuci blow rambut tersebut dapat menjadi pertimbangan bahwa sebenarnya pengeringan dengan blower juga dapat berdampak baik bagi rambut Anda. Namun bukan berarti melupakan dampak buruknya. Pengeringan blower dapat dijadikan pilihan jika memang Anda memiliki waktu yang terbatas untuk menata rambut Anda. Beberapa stylist juga menyarankan penggunaan diffuser untuk menghindari panas yang berlebihan dari blower, dan penggunaan produk pelindung panas (heat-protection) untuk melindungi rambut dari panas berlebihan. Selain itu, disarankan juga untuk selalu menggerakkan pengering rambut saat digunakan agar tidak terjadi panas berlebihan pada satu titik. Namun, jika Anda memiliki waktu senggang cukup banyak, Anda dapat membiarkan rambut kering dengan sendirinya dan usahakan untuk menunggu rambut benar-benar kering ketika menyisirnya dan menghindari penyebab rambut menjadi kusut.

, , ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut