Sponsors Link

12 Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya

Jika Anda perhatikan, ada berbagai macam bentuk sisir yang biasa digunakan untuk merapikan rambut sehari-hari. Namun tahukah Anda kalau ternyata sisir yang bermacam-macam itu memiliki fungsi yang berbeda juga? Jangan sampai Anda salah memilih sisir yang digunakan karena bisa-bisa tidak cocok dipakai untuk rambut. Untuk lebih memahami mengenai macam-macam sisir rambut dan fungsinya, berikut adalah jenis-jenis sisir rambut yang ada dan sering digunakan:

ads

1. Round Hair Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Round Hair BrushRound Hair Brush atau sisir bulat yang sesuai dengan namanya, sisir ini memiliki bentuk bulat dengan diameter di tengahnya. Menggunakan round hair brush ini dapat membantu membuat rambut Anda terlihat lebih bergelombang, berisi, dan ikal yang cocok digunakan pada saat blow rambut.

Selain membuat terlihat bergelombang, sisir jenis round hair brush ini juga digunakan untuk mengatur rambut agar tampak lurus namun bervolume. Diameter yang dimiliki sisir ini juga berpengaruh pada gaya rambut yang terbentuk, dimana diameter kecil akan menghasilkan gelombang lebih kecil dibanding diameter sisir yang besar. (Baca juga : Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah)

2. Natural Bristle Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Natural Bristle BrushNatural Bristle Brush merupakan sisir yang dapat membuat rambut tampak berkilau dengan minyak alami yang terkandung dalam bahan pembuatannya, dimana berasal dari bulu babi hutan yang sangat lembut.

Berikut fungsi dari sisir natural bristle brush untuk rambut anda:

  • Sisir jenis natural bristle brush ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut lurus karena dapat mengurai dan merapikan rambut dengan halus.
  • Biasanya sisir jenis natural bristle brush ini memang mematok harga yang sedikit lebih mahal dibanding sisir lainnya, namun tentunya sebanding dengan kualitas yang dimiliki.

3. Pick Comb

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Pick CombMacam-macam sisir rambut yang selanjutnya adalah Pick Comb atau yang biasa juga disebut sisir garpu ini adalah jenis sisir yang cocok digunakan untuk mengurai dan merapikan rambut yang kusut, atau rambut keriting dan ikal yang sulit diurai. (baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut)

Berikut fungsi dari sisir rambut yang mempunyai bentuk pick comb:

  • Dengan bentuknya yang menyerupai garpu ini, sisir jenis pick comb memiliki gigi yang renggang dan rata serta mudah dipegang.
  • Sisir jenis pick comb memang salah satu jenis sisir yang menjadi favorit karena sangat membantu dalam memudahkan menyisir rambut yang panjang atau sangat keriting sekalipun. Sisir ini sangat bagus bagi anda yang mempunyai rambut lurus dan sangat mudah diatur.

Baca juga:

4. Vented Brush

Sponsors Link

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Vented BrushSisir jenis vented brush memiliki gigi yang jarang disertai lubang di bagian dasarnya sehingga memudahkan proses pengeringan rambut saat melakukan blow menggunakan hair dryer. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mengeringkan rambut atau membiarkan rambut berlama-lama menggunakan hair dryer yang bisa membuat rambut tidak sehat.

Berikut manfaat dari sisir vented brush yang harus kita ketahui:

  • Namun meskipun memiliki manfaat untuk mengeringkan rambut dengan cepat, sisir jenis vented brush ini tidak begitu cocok jika digunakan untuk mengatur rambut supaya lebih bisa dikontrol atau di-styling. 
  • Anda dapat menggunakan sisir jenis lain yang lebih tepat untuk mengatur keindahan rambut setelah proses pengeringan. (Baca juga : Cara Membuat Rambut Gimbal)

5. Paddle Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Paddle BrushPaddle brush juga dikenal sebagai sisir dayung karena bentuknya yang mirip dengan dayung perahu, dan terbuat dari dasar bantalan karet yang lebar dan rata. Sisir jenis paddle brush ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki rambut lurus karena akan membantu rambut untuk cepat rapi dan tampak lebih lurus.

Berikut kegunaan dari sisir paddle brush yang sangat cocok untuk anda gunakan pada rambut anda:

  • Sisir jenis paddle brush ini juga bisa digunakna saat Anda mencatok rambut karena akan membuat hasil rambut yang tampak lurus dnegan natural.
  • Selain itu, sisir ini juga bisa digunakan saat Anda melakukan blow untuk merapikan rambut yang susah diatur dan agar tampak sedikit bervolume.

6. Teasing Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Teasing BrushTeasing brush lebih dikenal dengan sebutan sisir sikat karena bahannya yang menyerupai sikat, dan sering digunakan adalah untuk menyasak rambut yang biasa dilakukan sebelum membuat sanggul.

Berikut kegunaan dan fungsi dari sisir teasing brush yang perlu kalian ketahui untuk rambut anda:

  • Sisir jenis teasing brush ini memiliki gigi yang rapat dan menyerupai sikat serta memiliki gagang yang pendek.
  • Sisir jenis teasing brush ini terbuat dari bulu alami yang lembut sehingga dapat menjaga kulit kepala dari goresan gigi sisir serta membuat rambut lebih halus.

7. Tail Comb

ads

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Tail CombSatu lagi sisir macam-macam sisir rambut yang sering digunakan dalam menyasak rambut adalah sisir jenis tail comb, bahkan sisir jenis ini biasa disebut sisir sasak. Berikut kegunaan dan fungsi dari sisir tail comb yang perlu kalian ketahui untuk rambut anda:

  • Sisir jenis tail comb memiliki gigi yang rapat satu sama lain dan gagang yang berekor tajam, dimana ekor sisir bisa digunakan untuk menata atau membagi rambut menjadi bagian-bagian.
  • Anda mungkin sering melihat sisir jenis ini saat memotong rambut atau melakukan perawatan rambut di salon-salon.
  • Selain sisir tail comb ini sangat cocok digunakan untuk cara mewarnai rambut karena sisir ini mampu mewarnai rambut dengan teliti dan dengan rapi karena mengambil sehelai rambut dengan rata dan teratur.

Baca juga:

8. Syntethic Bristle Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Syntethic Bristle BrushMenggantikan bulu alami sebagai bahan pembuatnya, sisir jenis syntethic bristle brush ini menggunakan nilon sebagai bahan dasarnya. Berikut kegunaan dan fungsi dari sisir syntethic bristle brush:

  • Sisir jenis syntethic bristle brush ini memudahkan dalam mengurai rambut yang kusut dan menambah kelembaban rambut.
  • Karena tidak menimbulkan daya statis sebesar sisir yang menggunakan bulu alami, sisir jenis syntethic bristle brush ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang berambut tebal. (Baca juga : Cara Meluruskan Rambut Keriting)
  • Sisir ini juga sangat cocok bagi rambut anda yang mempunyai rambut yang mengembang dan memiliki rambut keriting gantung. Dengan menggunakan sisir rambut rambut anda yang kusut jadi mudah lebih atur.

9. Tooth Comb

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Tooth CombSisir jenis tooth comb atau yang biasa disebut sisir gerigi ini merupakan salah satu jenis sisir yang paling banyak digunakan dibanding jenis lainnya. Berikut kegunaan dan fungsinya dari sisir tooth comb:

  • Sisir jenis tooth comb memiliki bentuk lurus pipih dan terdapat dua jenis gigi yang dimiliki yaitu besar dan kecil.
  • Sisir tooth comb yang bergigi kecil akan membuat rambut tampak lebih rapi namun juga mudah rontok dibanding sisir yang bergigi besar dan jarang.
  • Bentuk sisir jenis tooth comb yang praktis dan biasanya berukuran relatif kecil ini membuatnya mudah dibawa kemana-mana, terutama oleh kaum pria.
  • Sisir tooth comb ini juga sangat cocok untuk semua jenis rambut mau rambut yang keriting ataupun lurus bisa menggunakan sisir rambut ini.

10. Mixed Bristle Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Mixed Bristle BrushSesuai dengan namanya, sisir jenis mixed bristle brush ini adalah sisir yang berbahan dasar perpaduan dari bulu alami dan bulu sintesis. Berikut fungsi dari sisir rambut mixed bristle brush yang cocok untuk rambut anda:

  • Perpaduan bahan dasar tersebut membua sisir jenis mixed bristle brush ini lebih efektif dalam mengurai dan merapikan rambut yang kusut menjadi jauh lebih rapi.
  • Selain itu, sisir jenis mixed bristle brush ini dapat membuat rambut Anda lebih berkilau karena kandungan bulu alami yang ada di dalam bahan pembuatannya.

11. Denman Brush

Sponsors Link

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Denman BrushJenis sisir selanjutnya adalah denman brush, dimana sisir jenis ini biasanya digunakan oleh wanita yang berambut pendek. Berikut fungsi sisir rambut dari denman brush yang bagus untuk digunakan rambut anda:

  • Sisir jenis denman brush ini dapat membantu Anda dalam merapikan rambut sehingga terlihat rapi dan lebih lurus.
  • Selain untuk rambut pendek, sisir jenis denman brush ini juga cocok untuk Anda yang memiliki rambut ikal dan keriting.
  • Lalu model sisir rambut ini sangat cocok digunakan untuk rambut yang mempunyai ukuran yang menggembang, sehingga rambut anda yang susah diatur jadi bisa terlihat menjadi rapi dan bisa terlihat lebih cantik. Rambut anda yang menggembang akan menjadi bisa terlihat lebih lurus.

12. Boar Bristle Brush

Macam-Macam Sisir Rambut dan Fungsinya - Boar Bristle BrushJenis sisir yang terakhir adalah boar bristle brush yang cocok digunakan oleh Anda yang memiliki rambut tipis karena dapat merangsang keluarnya pertumbuhan rambut.

Berikut fungsi dari sisir boar bristle brush yang sangat cocok dibeberapa rambut anda:

  • Bahan yang digunakan dalam pembuatan sisir jenis boar bristle brush ini memang dapat memicu keluarnya minyak alami pada rambut dan kulit kepala.
  • Dengan begitu, rambut pun akan lebih cepat tumbuh dan tentunya lebih mudah diatur. (Baca juga : Cara Melebatkan Rambut Bayi)
  • Selain itu model sisir rambut boar bristle brush ini sangat cocok digunakan oleh orang tua, karena biasanya rambut orang tua lebih mudah cepat rontok. Sehingga jika orang tua anda memakai sisir ini tidak akan membuat rambut orang tua anda menjadi rontok.

Demikianlah macam-macam sisir beserta fungsinya masing-masing yang dapat digunakan untuk rambut Anda. Pilihlah sisir yang tepat dan cocok untuk kebutuhan rambut Anda supaya mendapatkan hasil rambut yang rapi dan tentunya sehat. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 21st, June 2017 / 03:50 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut