Sponsors Link

Kulit Kepala Gatal dan Bentol: Penyebab, Perawatan dan Tips Penanganannya

Merawat rambut tentunya tidak hanya terpaut dari ujung ke ujung rambut saja berbeda dengan cara memakai conditioner rejoich reach, untuk menjaga agar rambut tetap indah dan sehat anda juga perlu memperhatikan kulit kepala. Seringkali ketika merawat rambut banyak orang tidak memperhatikan kulit kepala mereka. Padahal sangat penting sekali memperhatikan kulit kepala untuk menghindari berbagai macam masalah rambut. Salah satu permasalahan yang seringkali dialami terkait kurangnya menjaga kulit kepala yaitu kebotakan dini dan ketombe.

ads

Kebotakan dini sendiri memiliki banyak sekali faktornya mulai dari faktor genetik hingga faktor dari luar. Untuk faktor genetik, memang sangat sulit diatasi sehingga anda harus melakukan perawatan khusus dan konsultasi ke dokter. Sedangkan beberapa faktor luar yang dapat menyebabkan kebotakan dini terkait dengan kurangnya menjaga dan merawat kulit kepala diantaranya yaitu kebiasaan menggunakan sampo yang salah.

Penggunaan sampo yang salah ini dapat merusak kulit kepala sehingga dapat menghambat pertumbuhan rambut dan anda juga bisa melihat shampo untuk menghitamkan rambut, bahkan beberapa jenis sampo dengan kandungan bahan kimia berlebih dapat membuat rambut rontok lebih mudah. Selain itu kebiasaan keramas dengan air panas atau air hangat juga dapat menyebabkan pori- pori pada kulit kepala menjadi lebih besar, ini mengakibatkan kerusakan pada akar rambut sehingga rambut mudah rontok dan mengalami pertumbuhan yang sulit.

Dan adapun permasalahan ketombe, hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Penyebabnya tidak hanya karena salah memilih produk perawatan rambut seperti sampo ataupun conditioner saja tetapi juga seringnya melakukan perubahan gaya rambut dan kurang memperhatikan perawatan kulit rambut. Bagi anda para wanita, ada baiknya untuk tidak sering mengubah gaya rambut terutama mewarnai rambut dengan menggunakan bleaching.

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Bentol

Selain dapat merusak rambut anda juga bisa melihat cara memakai conditioner dove, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala karena kandungan bahan kimia pada produk pewarna rambut. Selain itu ada baiknya anda juga memperhatikan asupan gizi anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, ini juga dapat membuat rambut dan kulit kepala lebih ternutrisi sehingga terhindar dari berbagai masalah rambut ataupun kulit kepala. Dan selain permasalahan kebotakan atau ketombe ternyata masih ada salah satu gangguan pada kulit kepala yang dapat anda alami jika tidak memperhatikan perawatannya dengan benar.

Permasalahan ini sebenarnya tergolong cukup ringan namun jika dibiarkan begitu saja, ini akan menjadi hal serius dan perlu penanganan dokter. Kulit kepala gatal tentunya merupakan hal biasa, namun jika ada bentolan kecil atau besar ini patut anda curigai. Sebelum bertemu ke dokter anda juga perlu sedikit tahu mengenai apa yang dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal bahkan hingga membentuk bentolan- bentolan. Berikut kami sampaikan informasinya secara sederhana.

  1. Jerawat

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja tetapi juga bisa muncul di kulit kepala berbeda dengan memakai conditioner yang tepat, penyebabnya bisa jadi terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan tingginya hormone anda. inilah yang menyebabkan kulit kepala jadi sedikit gatal dan bentol.

  1. Kulit Kepala Terlalu Berminyak

Kulit kepala juga memiliki kelenjar minyak, pada sebagian orang produksi minyak di kulit kepala terkadang sedikit berlebih. Inilah yang membuat kulit kepala jadi gatal bahkan bentol.

  1. Keringat Berlebih

Bagi anda yang memasuki masa puber anda bisa melihat ketombe berkerak, sudah wajar jika keringat yang dihasilkan lebih banyak dari biasanya. Jika keringat di kulit kepala tidak bisa keluar dengan baik dapat menyebabkan gatal dan bentol.

  1. Jarang Keramas

Kebersihan kulit kepala jika tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan inilah penyebab utama dari gatal dan bentol di kulit kepala.

Merawat Kulit Kepala dengan Tepat

Itulah penyebab dari kulit kepala dan bentol berbeda dengan menggunakan cat rambut felice, jika anda tidak merawat kulit kepala dengan baik apalagi tidak menghindari penyebab seperti di atas bisa jadi anda akan mengalaminya. Untuk itu anda perlu melakukan beberapa perawatan khusus kulit kepala secara rutin. Tidak hanya rutin tetapi juga harus tepat, bagi anda yang penasaran dengan apa dan bagaimana cara perawatan kulit kepala yang benar maka berikut kami sampaikan informasinya:


  1. Keramas Rutin
  2. Menggunakan Vitamin Rambut
  3. Menggunakan Tonic Rambut
  4. Melakukan Cream bath
  5. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Tips Menangani Kulit Kepala Gatal dan Bentol

Berbagai macam perawatan di atas tentu perlu dilakukan secara rutin agar kulit kepala tidak gatal bahkan bentol. Namun berbeda dengan masker rambut setiap hari, jika anda mengalami gatal- gatal pada kulit kepala hingga adanya bentolan dan ruam maka anda perlu menanganinya. Jika ini terus dibiarkan tentu selain rasa gatal dan bentolan tidak hilang juga dapat menyebabkan infeksi. Bagi anda yang mengalami hal ini, berikut kami sampaikan tips menangani kulit rambut gatal dan bentol.

  1. Keramas Menggunakan Sampo Herbal
  2. Menggunakan Bedak Bayi
  3. Menggunakan Minyak Zaitun
  4. Pergi Ke Dokter

Itulah informasi mengenai penyebab, cara merawat serta tips menangani kulit kepala gatal dan bentol. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar kesehatan kulit kepala dan rambut.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut