Sponsors Link

Kulit Kepala Bau dan Berminyak: Penyebab, Serta Perawatannya

Kulit kepala serta rambut tidak selamanya selalu sehat tanpa masalah yang dapat mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satu masalah rambut dan kulit kepala adalah kulit kepala berminyak bahkan seringkali minyak berlebih pada kulit kepala dapat menimbulkan bau tak sedap. Masalah rambut dan kulit kepala yang bau dan berminyak ini tentunya sangat mengganggu penampilan bukan. Dengan rambut yang bau kita akan merasa tidak percaya diri karena orang yang akan bertemu dengan kita akan terganggu dengan aroma tak sedap dari rambut kita. Selain itu rambut berminyak juga akan menurunkan kadar percaya diri kita karena rambut akan terlihat lepek.

ads

Penyebabnya

Mungkin rambut kita akan memiliki masalah rambut bau dan berminyak karena jarang keramas. Sehingga kotoran dan minyak akan menumpuk pada kulit kepala dan menyebabkan rambut bau. Namun ada juga yang mengalami masalah kulit kepala bau dan berminyak padahal mereka sudah rutin mencuci rambut manfaat masker madu untuk rambut. Penyebab rambut dan kulit kepala yang bau dan berminyak memang beragam tidak hanya karena masalah jarang keramas. Untuk itu perlu kita mengetahui penyebab masalah rambut dan kulit kepala bau dan berminyak berikut ini.

  1. Aktifitas berlebihan

Aktifitas yang biasa kita lakukan sehari hari dapat mempengaruhi produksi minyak dalam kulit kepala. Aktifitas yang berlebihan akan menyebabkan kotoran menumpuk pada kulit kepala dan menjadikan produksi minyak akan terhambat. Produksi minyak yang terhambat akan terperangkap di kulit kepala dan menjadikannya bau.

  1. Polusi dan panas matahari

Dalam kegiatan sehari hari kita tak jarang terkena debu polusi dan panas matahari yang menyengat kulit kepala kita cara merawat rambut dengan minyak zaitun. Dengan adanya hal tersebut kulit kepala kita akan rentan memproduksi minyak berlebih dan rambut yang terkena polusi akan menjadikan rambut kita bau dan berminyak.

  1. Penutup kepala

Untuk menghindari panas terkadang kita menggunakan penutup kepala yaitu topi. Atau bahkan banyak wanita jaman sekarang yang menggunakan hijab. Menggunakan penutup kepala seperti topi dan hijab juga rentan menyebabkan rambut bau dan berminyak lo. Karena penutup kepala akan menjadikan kulit kepala lebih banyak menghasilkan minyak apalagi saat cuaca panas.

  1. Rambut basah

Pengaruh rambut yang basah juga dapat menjadi pengaruh kulit kepala menjadi bau. Hal ini sama halnya dengan membiarkan baju basah atau baju yang tidak kering karena hujan. Maka baju akan menjadi bau bukan nah hal ini berlaku sama dengan keadaan rambut. Apabila rambut dibiarkan dalam keadaan basah maka akan menjadi pengaruh untuk menjadikan rambut dan kulit kepala bau.

  1. Pengaruh hormon

Faktor keturuna juga bisa menjadi pengaruh untuk kulit kepala bau kondisioner untuk rambut berminyak. Karena kita membawa hormon dari kedua orang tua kita maka jika orang tua kita memiliki riwayat masalah kulit kepala bau tak jarang kita juga akan mengalami hal tersebut. Namun jangan khawatir karena kita juga bisa mengurangi masalah kulit kepala bau ini meskipun orang tua kita memiliki riwayat masalah kulit kepala bau.

Perawatan Terbaiknya

Memiliki masalah kulit kepala bau merupakan masalah yang sangat mengganggu. Untuk itu kita memerlukan perawatan yang tepat untuk dapat mengurangi masalah kulit kepala bau. Perawatan tersebut antara lain adalah

  • Rajin membersihkan rambut

Dengan membersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin kita akan mengurangi faktor penyebab kulit kepala bau. Karena dengan mencuci rambut secara rutin kotoran yang menumpuk pada kulit kepala akan senantiasa bersih sehingga minyak berlebih yang dapat menjadi pengaruh kulit kepala bau juga akan berkurang.

  • Hindari aktiftas berlebihan
Sponsors Link

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa aktifitas berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi bau  khasiat minyak firdaus untuk rambut. Untuk itu dengan mengurangi aktifitas yang berlebihan kita juga akan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala sehingga kita dapat mengurangi faktor kulit kepala menjadi bau.

  • Banyak minum air putih

Air putih memiliki beribu manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mengurangi bau badan dan bau kulit kepala. Dengan minum air putih yang cukup dalam sehari kita dapat mengurangi bau kulit kepala kita karena sifat air putih dapat digunakan sebagai netralisir.

  • Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat

Penyesuaian produk perawatan rambut dan masalah rambut yang kita alami juga dapat membantu mengurangi masalah rambut yang kita alami tersebut rambut tumbuh setelah smoothing. Sama halnya dengan masalah rambut dan kulit kepala bau, kita dapat mengurangi masalah rambut tersebut dengan menggunakan produk perawatan khusus untuk kulit kepala bau.

  • Masker rambut alami

Menggunakan masker rambut juga merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi bau kulit kepala. Masker rambut yang sesuai untuk rambut berminyak dan bau adalah masker minyak bunga lavender, masker jeruk nipis atau masker aloevera. Masker alami yang telah disebutkan terbukti ampuh untuk dapat mengurangi masalah kulit kepala bau.

Itulah beberapa informasi mengenai kulit kepala bau dan berminyak. Beberapa penyebab dan perawatan kulit kepala bau dapat kita coba untuk mengurangi bau pada kulit kepala kita. Sekian dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut