Sponsors Link

32 Khasiat Serai Untuk Rambut Agar Sehat dan Ternutrisi Dengan Baik

Merawat rambut merupakan salah satu kegiatan yang bisa rutin dilakukan terutama bagi wanita. Perawatan ini dirasa penting karena rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat mempengaruhi penampilan sesorang. Rambut yang terawat, bersih, kuat, wangi, dan mudah ditata merupakan kondisi yang banyak diidam idamkan. Sehingga banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk merawat rambut secara rutin, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan bahan traditional dan alami.

ads

Daun serai merupakan salah satu daun daunan yang dapat digunakan untuk merawat rambut. Mungkin selama ini banyak yang mengenal daun serai sebagai salah satu bagian tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan berupa perannya dalam melindungi kulit dari infeksi dan jamur. Namun ternyata, daun serai juga memiliki banyak manfaat sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan rambut. Beberapa Khasiat serai untuk rambut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyehatkan Rambut

Daun yang dikenal di Asia sebagai salah satu rempah yang digunakan dalam beberapa makanan ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat dan dapat menyehatkan rambut. Menggunakan air rendaman daun serai untuk membersihkan rambut dapat membuat rambut mendapatkan berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya.

  1. Menguatkan Rambut

Menggunakan daun serai sebagai shampoo dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat. Berbagai macam kandungan nutrisi baik dalam daun serai ini mampu meningkatkan kekuatan rambut. Bahan alami ini juga dapat mengurangi penggunaan bahan bahan kimia pada tubuh. Rambut yang kuat dapat didapat dengan cara menguatkan akar rambut menggunakan khasiat serai untuk rambut.

  1. Menghilangkan kutu rambut

Daun serai yang sudah dibuat menjadi minya serai dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut  secara alami. Bau serai yang khas dan menyengat dapat membuat kutu pada rambut tidak nyaman untuk terus berada di rambut sehingga akan hilang dengan sendirinya.

  1. Mengatasi infeksi pada kulit kepala

Kandungan pada daun serai dikenal juga memiliki fungsi sebagai antiinfeksi dan antimicroorganisme. Penggunaan daun serai di kulit kepala dapat mengatasi berbagai macam infeksi yang terjadi pada kepada dan rambut.

  1. Melembutkan Rambut

Daun serai yang dibuat dalam bentuk ekstrak minyaknya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut yang memberikan efek rambut menjadi lebih lembut dari sebelumnya sehingga rambut menjadi nampak sehat dan mudah ditata.

  1. Mengurangi rambut berminyak

Salah satu permasalahan yang sangat menganggu pada rambut adalah kondisi dimana rambut menjadi berminyak sehingga tampak lepek dan susah untuk diatur. Kondisi rambut berminyak ini dapat dikendalikan oleh minya serai yang digunakan sebagai bahan alami unutk perawatan rambut.

  1. Mengatasi rambut beruban
Sponsors Link

Meningkatnya usia manusia juga berdampak pada kondisi rambut yang mulai beruban. Rambut yang beruban akan tampak sebagai helai yang rambut dengan warna yang berbeda dari warna normal rambut, biasanya berwarna putih. Menggunakan daun serai untuk perawatan rambut dapat membantu mengatasi dan mengurangi serta mencegah rambut menjad beruban. Cara menghilangkan uban dengan biji pepaya juga merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi rambut beruban.

  1. Membantu meluruskan rambut keriting

Bagi sebagian orang bentuk rambut yang keriting merupakan suatu hal yang tidak di sukai sehingga mereka memikirkan cara untuk meluruskan rambutnya. Bila disalon ada perawatan rambut yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut keriting dengan menggunakan bahan kimia yang disebut sebagai rebounding maka daun serai merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu meluruskan rambut yang keriting secara alami. Manfaat pelurusan rambut ini tidak dapat langsung terlihat seperti pada proses rebounding namun akan nampan secara perlahan melalui penggunaan daun serai dalam perawatan rambut yang teratur. Menggunakan daun serai merupakan salah satu cara meluruskan rambut keriting secara alami.

  1. Menyuburkan rambut

Daun serai memiliki kandungan beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, zat besi, seng tembaga, potasium, fosfor, kalsium, dan mangan. Ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa kandungan dari daun serai bukan hanya yang disebutkan diatas tapi juga mengandung vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (pantotenat), dan vitamin B6 (piridoksin). Berbagai kandungan tersebut dapat bermanfaat apabila digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. khasiat serai untuk rambut merupakan tanaman penyubur rambut yang alami.

  1. Menutrisi rambut
Sponsors Link

Kandungan berbagai macam nutrisi pada daun serah dapat digunakan untuk menutrisi rambut maupun kulit rambut sehingga dapat mencegah berbagai macam masalah serta ganggun penyakit yang dapat terjadi.

Selain memiliki manfaat untuk rambut, daun serai juga dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan melalui kandungan multivitaimin dan mineral yang melimpah. Daun serai yang dapat ditemukan diberbagai negara asia tengara ini banyak diteliti terkait dengan khasiatnya bagi kesehatam. Beberapa khasiat lain daun serai untuk kesehatan adalah :

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia
  2. Melawan kolesterol jahat yang ada pada darah
  3. Menurunkan tekanan darah yang tinggi
  4. Membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
  5. Membantu menurunkan berat badan
  6. Membantu mengobati penyakit anemia
  7. Menurunkan resiko terjadinya kanker
  8. Membantu meringankan gejala insomnia
  9. Membunuh bakteri dan microorganisme yang jahat bagi tubuh
  10. Untuk Detoksifikasi
  11. Membantu melawan penyakit malaria
  12. Membantu mengatasi masalah pada pernafasan
  13. Minyak daun serai dimanfaatkan sebagai minyak wangi
  14. Membantu menyembuhkan pilek dan flu
  15. Menjaga sistem syaraf
  16. Membantu mengurangi nyeri radang sendi
  17. Membantu meredakan nyeri haid
  18. Membantu meredakan demam
  19. Sebagai Minuman herbal untuk kesehatan
  20. Mengatasi bau badan
  21. Menjaga kesehatan kulit
  22. Membantu proses pembakaran lemak tubuh

Berbagai khasiat daun serai untuk rambut dan kesehatan diatas dapat diperoleh dengan memanfaatkan olahan daun serai berupa minyak, air rendaman, air rebusan, yang digunakan dan dikonsumsi secara teratur.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut