Sponsors Link

4 Khasiat Mengkudu Untuk Rambut Beruban Lebih Sehat dan Kuat

Tahukah Anda ternyata Mengkudu sangat bermanfaat bagi rambut rontok setelah kemoterapi? Mengkudu adalah salah satu jenis buah yang tumbuh di dataran rendah dan banyak ditemukan di Australia, Indonesia, hingga di India. Mengkudu ini, awalnya terkenal karena sangat baik untuk tumbuh, terutama bagi daya tahan tubuh manusia karena mengandung kalium. Namun, mengkudu juga belakangan ini banyak digunakan untuk kesehatan rambut. Terutama bagi rambut beruban. Karena mengkudu kaya akan khasiatnya yang cocok untuk menjaga kesehatan rambut. Lalu, apakah khasiat mengkudu untuk rambut beruban itu? Berikut penjelasannya.

ads
  1. Mengurangi Uban

Khasiat mengkudu untuk rambut beruban yang utama tentu saja adaah mengurangi uban. Mengkudu ini akan mengurangi uban dengan cara menghitamkan kembali penyebab rambut beruban tersebut. Cara kerjanya adalah Anda cukup siapkan buang mengkudu, dan 7 lembar daun pandan wangi.

Setelah itu cuci bersih daun pandan tersebut, lalu potong-potong hingga menjadi beberapa bagian. Rebuslah kedalam satu liter air lalu diamkan selama semalaman hingga berembun. Setelah itu siapkan 3 buah mengkudu dan peras airnya. Air perasan tadi campurkan dengan air rebusan daun pandan dan basuhlah air campuran tersebut pada bolehkah mengeringkan rambut dengan kipas angin Anda untuk 3 kali dalam seminggu secara rutin.

2. Mengatasi masalah kerontokan

Khasiat mengkudu untuk rambut beruban selanjutnya adalah mengatasi masalah kerontokan. Terkadang, rambut beruban banyak mengalami masalah kerontokan karena usia rambut yang sudah ‘tua’ dan tidak kuat lagi. Disini mengkudu akan membantu Anda mengatasi hal tersebut.

Caranya, cukup gunakan daging buah mengkudu yang telah dihaluskan untuk jangka waktu creambath yang baik. Gunakan sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif. Atau Anda juga dapat meminum jus mengkudu untuk mendapat hasil yang sempurna.

3. Mengurangi ketombe

 Selain rambut rontok, rambut beruban juga biasanya mengalami ketomben yang sering bermunculan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak ternutrisi dan kering. Khasiat mengkudu untuk rambut beruban ini sangat baik dalam mengatasi ketombe. Karena mengkudu bersifat asam yang dapat menyeimbangkan ph pada kulit kepala Anda.

Caranya adalah haluskan terlebih dulu danging buah mengkudu. Setelah itu gunakan campuran tersebut pada rambut Anda, lalu pijat perlahan. Gunakan ini sekali seminggu atau Anda dapat menggunakannya satu kali sehari secara rutin untuk hasil yang efektif.

4. Menjaga kesehatan kulit kepala

semir Rambut langsung keramas bisa menyebabkan beruban terkadang mangalami masalah kulit kepala seperti terlalu kering, atau terlalu berminyak. Hal inilah yang terkadang membuat rambut Anda secara perlahan mulai beruban. Kandungan buah mengkudu sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala Anda dari masalah apapun.

Cukup gunakan jus buah mengkudu, oleskan pada kulit kepala Anda yang bermasalah atau pada seluruh kulit kepala Anda. Pijat perlahan agar jusnya meresap dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin.

Itulah beberapa khasiat mengkudu untuk rambut beruban yang perlu Anda terapkan. Karena selain menghitamkan rambut, mengkudu juga dapat mengatasi masalah rambut lainnya ketika Anda memiliki uban. Walaupun begitu, bagi Anda yang hanya memiliki beberapa permasalahan diatas pun dapat merasakan khasiat buah mengkudu. Selamat Mencoba!

, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut