Sponsors Link

8 Khasiat Halba untuk Rambut Sehat dan Berkilau yang Bisa Anda Coba

 Khasiat Halba untuk RambutRamuan halba ternyata dapat mengatasi masalah rambut loh. Khasiat halba untuk rambut ditemukan sudah lama sekali. Salah satunya yang paling sering dimanfaatkan adalah untuk mengatasi rambut jatuh. Sebab rambut Jatuh adalah salah satu masalah paling umum yang mengganggu pria dan wanita. Tingkat rambut rontok yang berlebihan benar-benar mengkhawatirkan, terutama ketika kita menyisirnya setiap hari. Melihat rambut rontok membuat kita jadi semakin stress karena itu juga bukti bahwa kulit kepala kita kurang sehat sampai memperlihatkan ciri-ciri akar rambut mati.

ads

Umumnya, rambut rontok dipengaruhi juga oleh gaya hidup yang kurang seimbang. Sehingga menimbulkan penyakit atau kekurangan nutrisi pada kulit kepala dan akar rambut. Faktor psikologis juga dapat meningkatkan jumlah kerontokan, faktor psikologis yang harus diwaspadai itu ialah stess. Pada sebagian besar masyarakat, stress menjadi penyebab terbanyak kesehatan kulit kepala memburuk, sehingga menyebabkan rambut rontok dan juga ketombe.

Khasiat Halba untuk Rambut

Nah, Alam telah memberkati kita dengan begitu banyak tanaman herbal yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk kita manfaatkan guna merawat rambut secara alami dan bisa menjadi kondisioner untuk rambut kering.  Salah satunya ialah memanfaatkan khasiat halba untuk rambut. Halba dikenal juga dengan sebutan Fenugreek. Tanaman ini sudah lama dikenal dapat membantu menjaga kesehatan rambut tetap berkilau dan sehat.

Halba mengandung mengandung protein, vitamin c, niasin, kalium, serat, kalsium, fosfor, karoten, tiamin, riboflavin, niacin, trigonelline alkaloid, kolin, minyak atsiri, saponin, minyak atsiri, lendir, ekstraktif pahit dan zat pewarna kuning, yang sangat baik untuk rambut.

1. Dapat Melawan Kebotakan

Biji habla adalah biji yang sangat efektif dan kuat yang melawan rambut rontok, kebotakan dan penipisan rambut. Bijinya dapat menambah volume pertumbuhan rambut.

Banyak ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa halba mengandung lecitin dalam jumlah besar yang merupakan emolien alami dan memberikan kekuatan pada rambut dan membuatnya sehat dan kuat sehingga tidak mudah rontok. Ini juga melembabkan rambut, dan untuk mendapatkan hasil maksimal ketahui cara menggunakan kondisioner rambut.

2. Dapat Melembabkan Rambut

Khasiat halba untuk rambut berikutnya ialah membantu melembabkan rambut dengan kandungan lesitin emolien. Kandungan lesitin emolien alami yang berlimpah di dalam buah Halba terkenal dapat membantu memperkuat dan melembabkan rambut.

3. Dapat Membantu Mengembalikan Kekuatan Akar Rambut

Dengan kandungan protein yang tinggi, halba dapat mengembalikan kekuatan otot rambut, sehingga tidak mudah rontok. Di samping itu protein juga memperbaiki penampilan rambut sehingga tidak terlihat kusam dan mudah rusak atau patah.

4. Dapat Mengurangi Kerontokan rambut

Dengan sering meminum air rebusan buah halba setiap hari dapat membantu mengurangi masalah rambut berupa kerontokan rambut. Sehingga otomatis menghindarkan anda dari gejala kebotakan.

5. Dapat Membuat Rambut Jadi Semakin Berkilau

Anda pun bisa membuat rambut jadi semakin berkilau dengan halba. Anda dapat membuat tonik pertumbuhan rambut herbal dan organik dengan halba. Rebus halba lalu setelah matang rendam sebentar di dalam minyak kelapa murni selama satu malam.

Sponsors Link

Saring minyak dengan bantuan saringan dan pijat campuran minyak ini ke kulit kepala Anda selama 10-15 menit. Menerapkan minyak ini tiga kali seminggu akan membuat rambut Anda berkilau dan tebal dan akan membantu mengurangi rambut rontok juga.

6. Dapat Membantu Untuk Meningkatkan Volume Rambut

Anda pun bisa meningkatkan volume rambut anda dengan menggunakan halba yang masih basah sebagai alternatif sampo. Buatlah pasta campuran kacang hitam dengan halba matang. Terapkan pasta tersebut ke rambut sampai menyerupai masker. Lakukan kegiatan ini tiga kali dalam seminggu praktis akan mengurangi kerontokan rambut anda dan juga dapat meningkatkan volume rambut anda. Anda pun bisa menggunakannya sebagai sampo untuk rambut bercabang.

7. Dapat Membantu Mencegah Rambut Bercabang

Untuk mengondisikan rambut supaya tidak bercabang anda bisa melakukan perawatan rambut dengan memanfaatkan halba menjadi masker rambut. Untuk ini, ambil setengah cangkir biji halba kering, masukkan ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 cangkir air di dalamnya. Rendam semalaman dan saring air kemudian konsumsi air tersebut dua kali sehari.

Sponsors Link

8. Dapat Menutrisi Kulit Kepala dan Meningkatkan Kesuburan Rambut

Anda bisa meningkatkan kesuburan rambut anda dan juga merawat kulit kepala agar selalu sehat. Kulit kepala yang selalu sehat otomatis akan berdampak pula pada kondisi kesuburan rambut. Buah halba dapat membantu anda menjaga kesehatan kulit kepala tersebut. Caranya di pagi hari blender halba dengan tambahkan sedikit air. Buatlah pasta dari biji halba. Gunakan pasta tersebut sebagai masker rambut.

Oleskan sampai menyentuh kulit kepala rambut anda, kemudian bungkus selama beberapa saat. Masker ini sedikit berantakan tetapi layak untuk dicoba. Diamkan selama 30 menit, sesudahnya bilas seperti biasa. Dengan perawatan ini anda tidak membutuhkan conditioner setelah mencuci rambut Anda dengan sampo. Hasilnya rambut anda menjadi lebih lembab. Ini pun bisa menjadi masker untuk rambut bercabang seperti yang sempat di singgung di poin sebelumnya bahwa halba sangat berguna untuk merawat rambut bercabang.

Demikian pemaparan tentang khasiat halba untuk rambut. Halba dapat menutrisi kulit kepala dan membantu meningkatkan aliran darah. Di samping itu juga dapat memaksimalkan regenerasi rambut anda menjadi lebih cepat. Banyak produk perawatan rambut herbal termasuk halba sebagai bahan aktif. Anda hanya harus bijak dalam menggunakannya supaya mendapatkan hasil sesuai dengan impian.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut