Sponsors Link

10 Khasiat Daun Seledri Untuk Rambut Botak dan Rontok

Melakukan perawatan rambut agar selalu tampak bersih, indah, mudah diatur, dan terhidar dari segala macam permasalahan yang dapat terjadi pada rambut dapat membantu menjaga dan meningkatkan penampilan seseorang terutama wanita. Untuk mendapatkan hal tersebut, banyak usaha yang sering dilakukan mulai dari mencuci rambut dengan shampo secara rutin sampai dengan melakukan perawatan rambut di rumah perawatan rambut seperti salon.

ads

Bagi mereka yang lebih menyukai berbagai bahan alam dan herbal dalam setiap aktivitas perawatan tubuhnya karena takut adanya efek samping dari penggunaan bahan kimia akan melakukan berbagai perawatan rambut yang berbahan dasar bahan alami. Salah satu contoh bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut adalah daun seledri. (Baca juga: khasiat serai untuk rambut )

Daun seledri atau dalam bahasa latinnya Apium graveolens L. merupakan salah satu jenis dedaunan yang banyak digunakan dalam beberapa masakan. Dalam memanfaatkan tanaman seledri, daun seledri merupakan bagian yang sering digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia. Daun seledri sudah dikenal sebagai salah bahan untuk pengobatan alami karena khasiatnya pada kesehatan. Ternyata, daun seledri juga dapat menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan rambut. Berikut beberapa khasiat daun seledri untuk rambut yang perlu diketahui.

  1. Membantu menghitamkan rambut secara alami

Semakin tuanya umur manusia dan semakin banyaknya paparan lingkungan yang menyebabkan kerusakan pada rambut dapat menyebabkan kilau serta warna hilam pada rambut menghilang. Kadang kala kondisi seperti ini diatasi dengan melakukan pengecata atau penyemiran pada rambut yang sebenarnya bila terus dilakukan malah dapat merusak rambut. Daun seledri adalah salah satu cara menghitamkan rambut secara alami melalui kandungan vitamin, mineral yang ada didalam daun tersebut.

  1. Membuat rambut subur

Kandungan nutrisi pada daun seledri yang melimpah dapat memberikan khasiat untuk membantu membuat rambut menjadi subur. Daun seledi adalah tanaman penyubur rambut yang cukup efektif dan juga mudah dalam penggunaanya. Untuk mendapatkan rambut yang subur, olehkan hasil tumbukan halus daun seledri pada rambut dengan waktu tertentu secara rutin.

  1. Menghilangkan ketombe

Kulit kepala yang berketombe dapat membuat penurunan penampilan sesorang yang menjadikannya kurang percaya diri. salah satu cara menghilangkan ketombe yang sangat menganggu tersebut adalah menggunkan darun seledri. Mengoleskan daun seledri pada rambut dapat membantu menghilangkan kotoran di rambut agar tidak mengendap terutama untuk kotoran sel kulit kepala yang mati.

  1. Membantu meluruskan rambut secara alami

Rambut yang lurus merupakan salah satu kondisi rambut yang diangap orang paling cantik dibandingkan rambtu yang keriting. Oleh karena anggapan itu banyak sekali orang yang melakukan perawatan salon untuk meluruskan rambut yang disebut rebounding. Namun sebenarnya ada bahan alami yang dapat meluruskan rambut secara alami yakni daun seledri.

  1. Mencegah rambut rontok

Khasiat daun seledri untuk rambut lainnya adalah membantu mencegah rambut menjadi rontok. Menggunakan daun seledri dalam perawatan rambut merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami dan efektif serta mudah digunakan.

Sponsors Link

  1. Menutrisi rambut

Daun seledri merupakan dedaunan dari tanaman seledri yang memiliki kandungan seperti vitamin K, kalium, folat, serat, kalsium, dan zat antioksidan yang dapat membantu menutrisi rambu sehingga menyebabkan rambut selalu tampak lebih sehat dan terawat.

  1. Membantu mengatasi rambut berminyak

Daun seledri dapat memberikan manfaat untuk kesehatan rambut dengan cara membantu mengatasi rambut berminyak secara alami. Kondisi rambut berminyak merupakan hal yang harus dihindari karena rambut yang berminyak dapat menyebabkan rambut menjadi lepek sehingga susah diatur serta menjadi salah satu penyebab terjadinya ketombe pada rambut yang sangat menganggu.

  1. Menghilangkan bau pada rambut

Daun seledri memiliki kandungan minyak atsiri dengan bau khas dedaunan yang menyegarkan. Khasiat daun seledri dari kandungan minyak atsirinya tersebut untuk rambut adalah mampu membantu menghilangkan bau pada rambut. Kondisi bau pada rambut adalah salah satu hal yang dapat menimbulkan gangguan baik bagi pemilik rambut maupun orang lain disekitarnya.

Sponsors Link

  1. Melembabkan rambut

Selain manfaat dan khasiat yang disebutkan diatas, daun seledri juga dapat berfungsi sebagai pelembab rambut yang alami. Menggunakan daun seledri sebagai alternatif perawatan rambut dapat membuat kelembaban rambut menjadi terjaga sehingga terhindar dari kondisi rambut yang kering. Kondisi rambut yang kering dapat membuat rambut sudah diatur ataupun ditata sehingga membuat penampilan menjadi terlihat acak acakan dan terkesan tidak terawat dengan baik.

  1. Membantu menyegarkan kulit kepala

Menggunakan daun seledri yang sudah ditumbuk halus dan diambil minyaknya sebagai perawatan rambut secara rutin dapat membantu menyegarkan kondisi kulit kepala. Kulit kepala yang segar memberikan kondisi yang nyaman dan dapat membuat mood selalu baik.

Beberapa khasiat daun seledri untuk rambut yang memberikan berbagai macam manfaat untuk membantu mengatasi maupun mencegah terjadinya permasalahan pada rambut diatas merupakan salah satu fungsi kesehatan dari tanaman seledri. Mulai saat ini, cobalah menggunakan seledri sebagai salah satu pilihan perawatan rambut dari bahan alami yang aman dan bebas efek samping serta hanya memerlukan dana yang minim dibandingkan perawatan di salon.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut