Sponsors Link

20 Khasiat Cuka Apel Untuk Rambut Tetap Berkilau dan Halus

Dewasa ini, perawatan kesehatan menggunakan bahan alami dan traditional merupkan alternatif pilihan yang banyak dilakukan oleh orang. Tingginya minat orang untuk menggunakan bahan alam didasarkan pada fakta mahalnya pengobatan modern serta efek samping dan resiko bahan kimia yang bisa saja terjadi pada tubuh. Naiknya pamor bahan alam untuk kesehatan terjadi untuk semua perawatan kesehatan diri termasuk juga untuk perawatan kesehatan rambut.

ads

Rambut merupakan bagian tubuh yang juga harus dirawat karena merupakan mahkota kepala yang banyak memberikan pengaruh terhadap penampilan seseorang. Kondisi rambut yang tidak sehat dan tidak terawat bukan saja menurunkan penampilan seseorang namun juga dapat menimbulkan beberapa masalah rambut bahkan masalah kesehatan yang terjadi dikepala. Beberapa bahan alami yang digunakan untuk perawatan rambut memiliki macam yang banyak, salah satunya adalah cuka apel.

Cuka apel merupakan hasil fermentasi sari apel selama waktu tertentu yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Cuka apel merupakan salah satu pengolahan bahan alam yang sudah dikenal lama memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa khasiat cuka apel untuk rambut dan kesehatan pada umumnya.

  1. Membuat rambut berkilau

Khasiat yang pertama dari penggunaan cuka apel sebagai bahan alami untuk perawatan rambut adalah membuat rambut menjadi tampak lebih berkilau. Gunakan gelas air cuka apel pada rambut setelah mencuci rambut lalu tunggu beberapa saat dan kemudian bilaslah, maka anda akan mendapati kondisi rambut yang lebih berkilau.

  1. Membuat rambut menjadi halus

Rambut yang halus merupakan idaman bagi setiap orang terutama wanita. Kondisi rambut yang halus akan tampak lebih sehat dan mudah diatur. Untuk mendapatkan rambut yang halus, menggunakan cairan cuka apel yang mengandung asam cuka dapat membuat kondisi rambut lebih halus dari biasanya.

  1. Membantu menumbuhkan rambut

Kondisi rambut yang sulit tumbuh terkadang dihadapi oleh beberapa orang dan bayi yang masih dalam masa pertumbuhan. Menggunakan cuka apel dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu menumbuhkan rambut dan salah satu cara melebatkan rambut bayi.

  1. Mengurangi terjadinya rambut rontok

Kandungan alkohol dan nutrisi cuka apel lainnya mampu memperkuat rambut hingga ke akarnya sehingga resiko terjadinya rambut rontok dapat dihindari. Kondisi rambut yang rontok merupakan permasalahan serius dan menunjukan rambut yang tidak sehat. Cuka apel digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan ketombe secara alami.

  1. Menghilangkan ketombe

Ketombe bagi sebagaian orang adalah permasalahan rambut yang sangat menganggu sehingga perlu upaya untuk menghilangkannya. Merawat rambut dengan cuka apel dapat membantu khasiat cuka apel untuk rambut sebagai menghilangkan ketombe dari kulit kepala.

  1. Mengatasi rambut berminyak

Kondisi rambut yang berminyak dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan bahkan berbau yang tidak sedap. Menggunakan cuka apel setelah keramas sebagai salah satu cara mengatasi rambut berminyak. Kandungan asam cuka yang ada pada cuka apel mampu membuat produksi minyak pada kulit kepala menurun.

Sponsors Link

  1. Membasmi kutu rambut

Kutu rambut adalah permasalahan lain yang banyak terjadi pada orang akibat kurangnya kebersihan pada rambut. Cuka apel yang mengandung alkohol dan asam cuka sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut dan mengusirnya dari kepala.

  1. Membersihkan rambut

Berbagai kandungan yang ada pada cuka apel dapat membersihkan berbagai kotoran mulai dari ketombe hingga kutu rambut yang ada pada rambut. Menggunakan cuka apel secara rutin akan memberikan manfaat untuk membersihkan rambut.

  1. Membuat rambut berkilau

Kandungan asam cuka pada cuka apel mampu membuat rambut tampak lebih indah dan berkilau. Campurkan setengah sendok makan cuka apel dengan segelas air lalu bilaskan pada rambut yang sudah dicuci kemudian tunggu beberapa saat dan bersihkan, maka rambut akan lebih berkilau.

  1. Konditioner alami
ads

Cuka apel yang di campurkan dengan air dapat berfungsi sebagai konditioner alami dengan berbagai manfaat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan dan kebersihan rambut.

  1. Membuat rambut mengembang

Rambut yang mengembang dapat membuatnya terlihat lebih berisi, kuat, dan sehat, serta mudah untuk ditata. Kondisi tersebut diinginkan oleh hampir semua orang. Merawat rambut menggunakan campuran air dan cuka apel sebagai salah satu cara merawat rambut kering dan mengembang.

  1. Menutrisi rambut

Seperti pada bahan alami lainnya, cuka apel juga memiliki banyak macam nutrisi yang terkandung didalamnya. kandungan kandungan tersebut berkhasiat untuk menutrisi rambut sehingga dapat menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

  1. Mengembalikan kelembaban rambut

Rambut yang lembab akan terlihat lebih indah, sehat, dan mudah diatur sehingga dapat meningkatakan penampilan dan penilaian seseorang. Merawat rambut secara rutin menggunakan cuka apel, dapat mengembalikan dan menjaga kelembaban rambut.

  1. Memperbaiki kerusakan kutikula rambut

Kutikula rambut merupakan bagian terluar dari dinding batang rambut yang berfungsi untuk melindungi rambut. Kerusakan pada kutikula rambut dapat menyebabkan terjadinya berbagai masalah pada rambut sehingga harus segera di atasi. Menggunakan cuka apel dapat membantu memperbaiki kerusakan kutikula rambut serta mencegahnya.

  1. Menguatkan rambut

Kandungan alkohol yang terdapat dalam cuka apel dapat membantu memupuk atau menutrisi folikel rambut. Folikel merupakan akar tempat berdirinya helai demi helai rambut. Sehingga apabila folikel dipupuk dengan baik dapat membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Selain berbagai khasiat diatas, ada beberapa khasiat lain yang tidak terlalu menonjol pada penggunaan cuka apel untuk perawatan rambut namun masih berguna. Khasiat cuka apel untuk rambut lainnya antara lain :

  1. Mengatasi rambut yang bercabang
  2. Mengatasi rambut yang kusam
  3. Mengatasi rambut kering
  4. Menghilangkan rambut yang berbau
  5. Menyegarkan rambut

Berbagai khasiat yang diberikan dari bahan alami cuka apel terhadap rambut dapat terus digunakan secara teratur dan benar tanpa perlu mengkhawatirkan adanya efek samping yang dapat terjadi seperti penggunaan bahan kimia pada produk perawatan rambut.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut