Sponsors Link

3 Jangka Waktu Rambut Boleh di Smoothing Lagi Agar Rambut Tetap Lurus

Kapan jangka waktu rambut boleh di smoothing lagi? Jawabanya adalah tergantung dari berapa lama rambut smoothing kamu bertahan untuk tetap lurus alami. Smoothing rambut adalah suatu teknik kecantikan rambut, untuk menjadikan rambut yang keriting menjadi lurus atau rambut yang sudah lurus menjadi semakin lurus alami. dengan cara smoothing rambut yang sering disamakan dengan rebonding, namun keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan bahan kimia yang digunakan, dimana smoothing lebih sedikit menggunakan bahan kimia untuk rambut.

ads

Rambut yang di smoothing akan menjadi lebih lurus dan tampak alami. Selain penggunaan bahan kimia yang tidak sebanyak rebonding, hasil lurus rambut smoothing memang lebih lembut di bagian ujungnya, seperti lurus alami. Meski begitu, rambut smoothing umumnya tidak akan bertahan lama, terutama bagi kamu yang berambut keriting awalnya. Berbicara mengenai jangka waktu rambut smoothing memang tergantung dari jenis rambut yang dimiliki, serta perawatan masker rambut yang bagus untuk rambut smoothing yang dilakukan pasca smoothing pertama.

Jangka Waktu Rambut Boleh di Smoothing Lagi

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan smoothing rambut, baik itu di salon maupun smoothing mandiri (oleh sendiri), sebaiknya kamu mengetahui bahwa jangka waktu smoothing tersebut dapat membuat rambut kamu lurus hanya hingga beberapa bulan. Hal tersebut sangat tergantung dengan perawatan yang dilakukan setelah rambut di smoothing, hingga perawatan harianya. Jika dirawat dengan maksimal, tentunya rambut smoothing kamu akan lebih tahan lama, sehingga waktu untuk kembali melakukan smoothing bisa cukup lama.

Berikut ini beberapa perawatan yang perlu dilakukan, agar jangka waktu rambut lurus karena di smoothing bisa bertahan lama:

  1. Untuk Jangka Waktu Rambut Boleh di Smoothing Setelah 1 Tahun

Perlu kamu ketahui, bahwa perawatan rambut smoothing ini tidak hanya sebatas keramas dan menggunakan kondisioner saja. Perawatan rambut smoothing harus lebih dari itu, masalahnya rambut smoothing ini sangat rentan rusak jika tidak diberikan nutrisi rambut dalam paket yang lengkap. Berikut ini beberapa perawatan rambut smoothing agar bisa tahan hingga 1 tahun:

  • Tidak langsung dikeramas

Ingat, untuk yang rambutnya di smoothing sebaiknya tidak langsung berkeramas dengan shampoo. Setidaknya, perlu waktu 3 hari hingga obat smoothing ini meresap hingga ke dalam rambut. Pastikan selama 3 hari ini rambut smoothing kamu tidak terkena air, jika terkena air dikhawatirkan obat yang sedang meresap ini malah akan terbuang bersama air yang disiramkan ke kepala tersebut.

  • Gunakan Masker Rambut

Setelah membiarkan rambut tidak dibasahi selama 3 hari, hari selanjutnya kamu baru bisa mencuci rambut seperti biasa. Jika bisa, gunakan shampoo yang cocok untuk rambut smoothing. Selain itu, gunakan juga masker rambut dengan kandungan nutrisi lengkap, yang akan membuat efek halus dan lembut pada rambut smoothing kamu.

  • Hindari Penggunaan Sisir dari bahan Plastik

Saat ini, begitu banyak dijual sisir rambut yang terbuat dari plastic dengan berbagai bentuk yang unik. Namun, sisir ini kurang baik digunakan untuk rambut smoothing. Sebaiknya gunakan sisir dengan bentuk bergerigi yang biasanya terbuat dari bahan kayu serta terlihat renggang. Hal ini untuk menghindari efek rambut yang bergelombang saat disisir plastic.

  • Potong Rambut

Ini juga harus dilakukan secara rutin, yaitu memotong rambut yang rusak karena efek dari penggunaan bahan kimia saat smoothing rambut. Beberapa jenis kerusakan rambut yang sering terjadi seperti patah rambut, rambut bercabang dan kering untuk hindari rambut mengembang setelah smoothing serta dapat diatasi dengan melakukan pemotongan rambut setidaknya satu bulan sekali.

   2.  Untuk Jangka Waktu Rambut Boleh di Smoothing Setelah 6 Bulan

Saat rambut sudah di smoothing, setidaknya rambut kita harus tahan hingga 6 bulan kedepan atau bahkan mencapai satu tahun. Namun, jika rambut kamu memiliki tekstur keriting, biasanya jangka waktu 6 bulan adalah paling maksimal untuk mempertahankan rambut lurus alami setelah di smoothing. Berikut ini perawatan rambut smoothing agar tahan hingga jangka waktu 6 bulan:

Sponsors Link

  • Hindari Penggunaan Hairdrayer

Rambut smoothing yang sudah dikeramas, biasanya ingin cepat dikeringkan dengan menggunakan hairdryer. Namun, tahukah kamu, penggunaan alat pemanas rambut ini memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan rambut smoothing kamu. Rambut akan cepat kering dan mengalami masalah rambut lainya.Sebaiknya hindari penggunaan alat pengering ini dan biarkan rambut mengering dengan alami.

  • Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Jika rambut kamu sudah di smoothing, sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu sering. Efeknya, rambut kamu bisa bergelombang dan cepat rusak.Jangan biarkan rambut tergulung atau rambut tertekan dengan aksesoris rambut.

  • Menggunakan Sarung Bantal Bahan Sutra

Tidak hanya perawatan rambut langsung, tapi juga akan berpengaruh dengan posisi kita saat akan tidur. Sarung bantal yang terbuat dari bahan lembut seperti sutra dan satin, biasanya dapat menghindarkan rambut smoothing kamu dari keluhan seperti rambut mekar dan cepat bergelombang.

  • Keramas dengan Shampo Khusus Rambut Smoothing

Tidak memiliki waktu untuk perawatan rambut smoothing yang maksimal hingga jangka waktu 1 tahun, kamu bisa menggunakan shampoo khusus rambut smoothing yang diperkaya dengan vitamin dan nutrisi penting untuk lindungi rambut smoothing kamu agar tetap lembut dan lurus alami. Jangan lupa gunakan kondisioner secara berkala.

   3. Untuk Jangka Waktu Rambut Boleh di Smoothing Setelah 3 Bulan

Kamu juga sudah bisa melakukan smoothing lagi, jika penyebab rambut bercabang setelah smoothing mengharuskan rambut smoothing kembali. Tunggu hingga waktu maksimal 3 bulan dengan melakukan perawatan rambut smoothing seperti biasa. Akan tetapi, pada tahap smoothing setelah 3 bulan ini, sebaiknya tidak menggunakan bahan kimia yang terlalu berlebihan, seperti hal nya smoothing pertama kali. Rambutmu hanya perlu sedikit sentuhan cream pelurus rambut agar kembali lurus dengan sempurna dan alami.

Dengan mengetahui dan menjalankan beberapa langkah perawatan rambut smoothing di atas, dengan jangka waktu 1 tahun , 3 bulan atau  6 bulan, kamu bisa melakukan smoothing lagi setelah jangka waktu tersebut habis atau setelah kondisi rambut smoothing kamu kembali normal. Untuk waktu yang tepat, kamu bisa menanyakan hal ini dengan ahli kecantikan rambut di salon sekitar, agar perawatan rambut di smoothing lagi bisa lebih maksimal.

Sponsors Link

Efek Samping Rambut di Smoothing Lagi

Apakah rambut yang sudah pernah di smoothing, kemudian di smoothing lagi akan rentan rusak? Jawabnya memang tidak langsung rusak, tapi bisa menyebabkan beberapa efek samping tertentu. Berikut ini efek samping rambut boleh di smoothing lagi yang bisa terjadi:

  • Kulit kepala teriritasi, resiko kulit kepala terkena iritasi bisa terjadi, sebab rambut yang belum berisitirahat dari zat kimia karena smoothing pertama, sudah kembali mendapat efek zat kimia tersebut sehingga rambut terasa lebih cepat kering
  • Mengalami sakit kepala, sebagian orang yang kembali melakukan smoothing di rambutnya, bisa saja mengalami sakit kepala. Hal ini terjadi karena selama proses smoothing, mungkin orang tersebut mencium bau cairan smoothing yang membuat di akhirnya merasa sakit kepala
  • Rambut mengalami rontok parah, salah satu masalah rambut yang cukup dikhawatirkan adalah masalah rambut rontok. Rambut yang terus menerus rontok juga bisa disebabkan ole hormon.
  • Rambut menjadi beruban, lakukan pengecekan apakah rambut kamu sudah beruban, jika iya, segera ganti gaya rambut dan memotong bagian yang terkena uban tersebut
  • Rambut bercabang, selain rambut patah, rambut bercabang juga akan mengancam rambut kamu setelah smoothing mulai habis. Jika langsung di smoothing lagi, dikhawatirkan rambut kamu akan mengalami rambut bercabang dan cenderung kering
  • Terkena bahan kimia, dengan melakukan jangka waktu rambut boleh di smoothing lagi, maka rambut kamu akan kembali terkena bahan kimia yang memang berisiko untuk membuat rambut menjadi lebih rusak, terlebih jika perawatanya kurang maksimal

Bahan Alami Pelurus Rambut

Smoothing atau pelurusan rambut menggunakan bahan kimia ini, tentunya tidak akan bertahan untuk jangka waktu yang lama, seperti hal nya rambut yang lurus alami. Selain itu, resiko kerusakan rambut karena bahan kimia tersebut bisa terjadi, sekalipun perawatan yang cukup maksimal sudah dilakukan untuk merawat rambut smoothing. Solusinya, lebih baik kita menggunakan bahan alami sebagai pelurus rambut yang jauh lebih aman untuk rambut kita. Berikut ini beberapa rekomendasi bahan alami untuk meluruskan rambut ala smoothing rambut :

  • Minyak Zaitun dan Telur, campurkan 2 butir telur serta 3 sendok minyak zaitun, lalu oleskan ke rambut dan biarkan hingga 60 menit. Cuci rambut dengan air dingin dan shampoo setidaknya seminggu sekali
  • Susu, masukan cairan susu ke botol semprotan, lalu semprotka ke seluruh rambut dengan merata dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih untuk rambut lebih kuat.
  • Campuran Susu dan Madu, selain itu susu juga dapat dicampur dengan 2 sendok makan madu. Setelah tercampur oleskan ke rambut dan diamkan sebagai masker untuk waktu hingga 2 jam. Setelahnya, cuci rambut dengan shampoo hingga bersih
  • Cuka Apel, campurkan 2 sendok asam cuka apel ini dengan secangkir air, gunakan air ini sebagai bilasan terakhir setelah keramas dengan shampoo dan dibilas air dingin. Cuka apel dapat membuat rambut kamu lurus alami

Sebelum melakukan smoothing lagi pada rambut kamu, sebaiknya kamu petimbangkan mengenai efek samping yang akan dialami, mengingat kesehatan rambut kamu bisa berkurang. Adapun jangka waktu rambut boleh di smoothing lagi memang tergantung dari perawatan rambut yang kamu lakukan. Semakin jarang melakukan perawatan rambut, jangka waktu rambut di smoothing lagi akan lebih cepat.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut