Sponsors Link

Bolehkah Habis Smoothing Langsung Keramas? Bagaimana Perawatannya?

Saat ini, memiliki rambut halus dan lembut bukanlah hal yang sulit. Rambut halus, lembut, dan mudah diatur dapat Anda dapatkan dalam waktu yang cepat dengan melakukan smoothing. Perawatan rambut berupa smoothing sangat cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki masalah rambut kusut, rambut kasar, rambut bercabang, dan ujung rambut keriting. Namun, sama seperti perawatan rambut lainnya, terkadang ada kondisi tertentu dimana proses smoothing ini justru menjadi kurang maksimal. Salah satu kondisi tersebut adalah keramas pertama setelah melakukan smoothing.

ads

Habis Smoothing Langsung Keramas, Bolehkah?

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar bahwa keramas langsung setelah smoothing merupakan hal yang sangat tidak boleh untuk dilakukan dan dapat merusak rambut smoothing. Namun, benarkah demikian? Bolehkah habis smoothing langsung keramas? Apakah merusak?

Setiap orang memiliki rambut yang mengandung keratin protein. Namun pada orang yang berambut keriting jumlah protein keratin pada rambutnya lebih sedikit dibandingkan orang yang memiliki rambut lurus. Perawatan rambut seperti smoothing bekerja dengan cara mengunci protein keratin pada rambut, sehingga menjadikannya lebih licin, rapi, halus, dan lurus.

  • Tunggu 3 – 4 Hari Sebelum Melakukan Keramas Pertama

Proses smoothing sendiri menggunakan obat berbahan kimia keras yang diaplikasikan langsung pada rambut. Obat tersebut membutuhkan waktu selama tiga sampai empat hari untuk meresap dan bekerja pada rambut. Oleh karena itu, Anda harus menunggu tiga sampai empat hari sebelum melakukan keramas pertama setelah smoothing. Jika Anda keramas sebelum waktu tunggu tersebut, maka obat smoothing akan terbuang sebelum sempat meresap pada rambut, sehingga Anda akan kehilangan manfaat dari proses smoothing tersebut dan menyebabkan proses smoothing menjadi gagal.

  • Hindari Membuat Rambut Basah dan Tertekuk

Tidak hanya keramas yang dapat menghilangkan efek smoothing, namun berbagai hal dan kegiatan yang dapat menyebabkan rambut menjadi basah juga dapat merusak rambut setelah smoothing. Penting sekali untuk menjaga rambut agar tetap kering. Hindari rambut terkena air dan minimalisir aktivitas yang membuat Anda menjadi berkeringat. Selain itu, usahakan untuk tidak menyentuh rambut terlalu sering. Berbagai sentuhan atau lipatan pada rambut akan menyebabkan lekukan yang tidak hilang pada rambut. Rambut akan terkunci pada posisi demikian. Oleh karena itu, hindari membuat rambut tertekuk. Jangan ikat rambut, jangan kaitkan rambut ke belakang telinga, dan biarkan rambut tergerai natural. Selain itu, hati-hatilah saat tidur, usahakan agar rambut tetap dalam kondisi lurus saat tertidur.

Perawatan Setelah 3 Hari

Setelah menunggu 3 – 4 hari saatnya Anda melakukan perawatan rambut smoothing selanjutnya. Efek treatment smoothing biasanya dapat bertahan selama kurang lebih 8 – 12 minggu. Namun perawatan yang kurang baik dapat mempercepat hilangnya efek treatment, sehingga menjadi sangat penting untuk merawat rambut secara hati-hati agar efek smoothing dapat bertahan maksimal. Beberapa tips perawatan rambut smoothing setelah 3 hari di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Mencuci Rambut

Setelah tiga sampai empat hari tidak keramas, sekarang saatnya Anda mencuci rambut Anda. Meskipun keramas diperbolehkan setelah melakukan smoothing, namun terdapat beberapa produk shamphoo yang dapat mengurangi waktu bertahannya efek smoothing.

Sponsors Link

Disarankan untuk menggunakan shampoo yang ringan dan tidak mengandung sodium sulfat untuk mencegah hilangnya keratin pada rambut. Kemudian Anda juga disarankan untuk menggunakan kondisioner. Diamkan kondisioner dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Kemudian bilas hingga bersih. Hindari juga penggunaan air hangat pada rambut karena dapat menghilangkan kelembaban rambut.

2. Jangan Gunakan Pengering Rambut atau Catokan

Jangan gunakan pengering rambut atau blower setelah keramas. Meskipun terdapat manfaat cuci blow rambut, namun bahaya pengering rambut lebih dominan pada jenis rambut smoothing. Panas dan temperatur tinggi dapat merusak minyak alami rambut dan menyebabkan rambut kering. Pada umumnya setelah penggunaan bahan kimia keras rambut akan sedikit lebih kering, jika kemudian ditambah oleh penggunaan pengering rambut atau catokan maka rambut akan benar-benar kering dan rusak.

3. Gunakan Leave-In Conditioner

Leave-in conditioner dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga rambut agar tidak kering dan kusam. Leave-In conditioner dapat menjaga kehalusan dan kelembaban rambut. Penggunaan leave-in pada rambut smoothing dapat menjaga rambut agar tetap lembut dan tidak rusak.

Sponsors Link

4. Gunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut merupakan satu hal wajib bagi rambut smoothing. Vitamin rambut setelah smoothing dapat memberikan nutrisi lebih pada rambut dan menjaganya dari kerusakan. Penggunaan obat bahan kimia dari proses smoothing dapat merusak rambut dan vitamin rambut berfungsi untuk mencegah rambut mengalami kerusakan yang lebih parah.

5. Gunakan Hair Mask

Hair mask dapat menjadi pilihan lainnya untuk menambah nutrisi pada rambut smoothing. Hair mask dapat menyediakan nutrien rambut yang mungkin hilang setelah proses smoothing dengan bahan kimia. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan hair mask ke salon, Anda dapat membeli produk hair mask yang telah banyak dijual dan melakukan cara hair mask sendiri di rumah.

6. Trimming Rambut Secara Rutin

Lakukan trimming rambut secara rutin. Cara memotong rambut bercabang sendiri pada bagian ujung rambut ini dapat menjaga kondisi rambut agar tetap baik dan dapat menghilangkan rambut bercabang. Lakukan minimal setiap dua sampai tiga bulan sekali untuk mendapatkan manfaat memotong rambut secara rutin.

Perawatan rambut smoothing memang tidak mudah. Diperlukan ketekunan dan kehati-hatian dalam merawat rambut smoothing. Hal paling penting setelah Anda melakukan proses smoothing adalah menghindari keramas selama tiga sampai empat hari agar proses smoothing tidak gagal. Setelah tiga hari lakukan keramas dan perawatan lainnya untuk menjaga agar efek smoothing dapat bertahan lama dan maksimal.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut