Sponsors Link

9 Efek Samping Minyak Zaitun untuk Rambut yang Wajib Anda Waspadai

Semua orang pasti mengenal minyak zaitun dengan berbagai macam manfaatnya. Tidak hanya untuk kebaikan kulit tubuh dan rambut tapi bahkan untuk mengobati sembelit, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, masalah pembuluh darah yang terkait dengan diabetes, dan sakit yang berhubungan dengan infeksi telinga, radang sendi, dan penyakit kandung empedu.

ads

Akan tetapi, adakah dari anda yang tahu efek samping dari penggunaan minyak zaitun? Terutama jika berlebihan, digunakan dengan cara yang tepat, dan minyak zaitun pun juga bisa memberikan efek buruk pada tipe-tipe kulit tertentu? Berikut adalah beberapa efek samping minyak zaitun untuk rambut

1. Tidak dapat Mengurangi Rambut Rontok Karena Stress

Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa minyak zaitun adalah makanan terbaik dengan vitamin-e yang diperkaya dengan nutrisi lain sehingga dapat memperbaiki ciri-ciri rambut rusak parah. Akan tetapi, ada kondisi di mana minyak zaitun akan berfungsi sebaliknya ketika diterapkan pada rambut rontok yang disebabkan oleh stress.

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya ialah karena akar rambut rapuh yang disebabkan oleh polusi. Hal ini bisa diatasi dengan minyak zaitun karena minyak zaitun dapat mengembalikan kekuatan akar rambut. akan tetapi, jika alasan rontok ini disebabkan oleh stress sehingga menimbulkan ketombe, minyak zaitun yang digunakan untuk perawatan akan memperburuk keadaan. Kulit kepala bisa semakin berminyak dan semakin memperbanyak masalah rambut.

2. Tidak Dapat Membantu Pertumbuhan Rambut Baru

Efek samping penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut memang berbeda-beda. Tergantung pada kondisi rambut dan jumlah pemakaian. Akan tetapi, satu hal yang pasti, berdasarkan pengalaman minyak zaitun tidak dapat membantu pertumbuhan rambut baru. Minyak zaitun mungkin tepat untuk merawat kelembaban rambut, ketika diterapkan mulai dari tengah rambut sampai  ujung rambut, namun kalau memanfaatkan minyak zaitun untuk menumbuhkan rambut maka ini adalah pilihan yang tidak tepat. Meskipun demikian, minyak zaitun adalah solusi, di mana menjadi cara menghilangkan rambut bercabang dengan minyak zaitun.

3. Menimbulkan Jerawat di Kulit Kepala

Efek samping minyak zaitun untuk rambut berikutnya ialah berkaitan dengan kulit kepala, di mana pengunaan minyak zaitun yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala. Seseorang yang memiliki kulit kepala sensitif, ketika memakai minyak zaitun untuk perawatan rambut bisa menimbulkan jerawat di kulit kepala. Sekalipun anda ingin menjadikannya solusi untuk mengatasi penyebab rambut rontok pada pria, namun jika tidak cocok, hasilnya akan sebaliknya.

4. Dapat Merusak Kelembutan Alami Rambut

Penggunaan minyak zaitun yang berlebihan juga dapat merusak kelembutan dan kelembaban alami pada rambut. Penggunaan yang berlebihan bisa meningkatkan risiko rambut berminyak sampai berketombe.

5. Menyebabkan Pusing Berlebihan

Ketika seseorang menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut atau sebagai kondisioner, aroma dan senyawa dari minyak zaitun  bisa menyebabkan pusing berlebihan. Efek ini tentu saja tidak terjadi pada semua orang. sebab reaksi tertentu bisa terjadi hanya pada orang-orang tertentu yang tidak cocok dengan minyak zaitun. Oleh karenanya, sangat penting untuk memahami terlebih dahulu keadaan fisik anda, apakah cocok untuk menggunakan minyak zaitun sebagai cara mencegah rambut berminyak ataupun untuk perawatan tubuh.

Sponsors Link

6. Dapat Menyebabkan Alergi di Kulit Kepala

Masih berhubungan dengan kondisi seseorang. Efek samping minyak zaitun untuk rambut bisa meluas sampai menyebabkan alergi pada orang yang memiliki reaksi akut terhadap minyak zaitun. Jika anda adalah salah satunya maka kami sarankan untuk menghindarinya, tidak hanya untuk perawatan rambut tapi juga untuk jenis perawatan lainnya. Jika anda memang tidak cocok dengan minyak zaitun, pilih kondisioner atau cara penggunaan masker rambut dari bahan lainnya.

Alergi yang dapat dipicu oleh minyak zaitun antara lain seperti dermatitis kontak, eksim, dan alergi pernapasan. Mereka yang rentan terhadap alergi akan lebih baik jika mengetahui manfaat minyak zaitun dan efek samping untuk tubuh sebelum menggunakannya secara teratur.

7. Menyebabkan Ruam Kulit

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, efek samping minyak zaitun untuk rambut selama penggunaannya dapat menyebabkan ruam kulit di sekitar kulit kepala dan bagian tubuh lainnya. Khasiat masker rambut dari zaitun mungkin tidak dapat anda peroleh jika anda alergi terhadap zaitun. Ketika anda memiliki rambut panjang dan menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner, minyak juga akan menempel ke tubuh anda.

Sponsors Link

Pada saat itu, kulit tubuh pun akan bereaksi. Ketika anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan sensitif, anda harus menghindari minyak zaitun sama sekali. Kulit berminyak merupakan sekresi sebum yang tidak terkontrol, hal ini akan bereaksi dengan minyak zaitun yang berkontak langsung dengan tubuh anda. pada saat itu bisa terjadi iritasi yang parah, ruam, dan kemerahan pada kulit Anda.

8. Tidak Cocok Untuk Kulit Kepala Kering dan Rambut Kering

Minyak zaitun bukan pilihan yang baik bagi mereka yang kulit kepalanya sangat kering. Banyak penelitian menyimpulkan bahwa asam oleat yang ada dalam minyak zaitun bertanggung jawab untuk menghancurkan kemampuan pelembab alami yang ada di kulit kepala jika kulit kepala sangat kering. Hal ini sudah pasti akan berdampak buruk pada kondisi rambut anda. rambut anda bisa kehilangan pelembab alaminya.

9. Mudah Bereaksi dengan Radikal bebas

Tujuan anda menggunakan masker atau kondisioner dari bahan manapun ialah untuk melindungi rambut dari radikal bebas bukan? Namun ternyata jika anda menggunakan minyak zaitun anda malah sedang tidak melindungi rambut anda dari radikal bebas, sebab minyak zaitun dapta bereaksi dengan mudah dengan radikal bebas. Karena struktur lemak tak jenuh tunggal, minyak bergabung dengan radikal bebas dan membentuk minyak terhidrogenasi. Hal ini menghalangi rehidrasi pada rambut. rambut jadi terlihat kusam.

Demikian efek samping minyak zaitun untuk rambut, sekali lagi efek samping tersebut dapat terjadi hanya pada orang-orang yang memang tidak cocok dengan minyak zaitun atau sejak awal sudah memiliki alergi akut dengan minyak zaitun.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut