Sponsors Link

9 Efek Samping Memakai Wig Setiap Hari yang Perlu Diwaspadai

Wig merupakan sebuah rambut palsu yang menggunakan model rambut yang berbeda-beda dan langsung di pasang berdasarkan selera pemakai. Umumnya penggunaan wig adalah salah satu cara instan agar mendapatkan odel rambut yang lebih cepat dibandingkan harus melakukan model rambut pada rambut asli. Dibeberapa kota besar, khususnya untuk karyawati, penggunaa wig cukup banyak dipakai. Bahkan, beberapa pria pun juga mulai menggunakan wig sebagai salah satu gaya hidup. Hal ini uga merupakan tuntutan dari gaya hidup yang harus dilakukan. Khususnya di kota-kota besar. Sayangya, sebagian orang belum sadar bahwa penggunaan wig dalam kehidupan sehari-hari tidaklah selalu menguntungkan. Jika pemakaian wig dilakukan setiap hari, masalah rambut akan datang cepat ataupun lambat. Untuk mengetahui apa saja efek samping menggunakan wig jika dilakukan setiap hari, berikut ulasannya.

ads
  • Sakit Kepala

Efek buruk yang pertama adalah sakit kepala. Seperti halnya menggunakan topi sepanjang hari, tentunya ada sesuatu yang mengganjal ketika Anda terus-menerus menggunakan wig. Wig yang menutupi kulit kepala dan rambut asli Anda akan membuat lapisan kulit kesulitan bernafas. Akibatnya, sakit kepala dan rambut rontok bisa jadi akan Anda alami.

  • Rambut Rontok

Menyambungkan poin sebelumnya bahwa penggunaan wig yang dilakukan terus-menerus dapat membuat rambut Anda akan mengalami kerontokan. Gejalanya pun hampir mirip dengan penyebab rambut bayi rontok atau rambut rontok setelah disemir. Rambut yang sering rontok bisa terjadi karena rambut dan kulit kepala tidak diberikan udara segar selama ditutupi oleh wig. Apalagi jika wig digunakan terus-menerus, maka rambut dan kulit kepala akan terus merasakan kepanasan dan kedap udara. Akibatnya, masalah rambut akan terus bermunculan. Selain itu, karena rambut terus menerus ditekuk, maka hal tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas rambut itu sendiri. Akibatnya, kerontokan rambut pun tidak bisa dihindari.

  • Ketombe

Penyebab ketombe basah tidak hanya karena faktor uadara panas maupun debu atau jarang melakukan keramas. Penggunaan wig yang dilakukan terus-menerus juga dapat membuat ketombe di rambut semakin banyak. Hal tersebut juga disebabkan kurangnya udara segar yang diterima kulit kepala dan rambut. ditambah lagi, kualitas buruk dari wig pun bisa memperparah keadaan kulit kepala. Contohnya saja ketombe berkerak.

  • Gatal dan bentol

Kulit kepala gatal dan bentol bisa menjadi efek samping lainnya. Hal ini juga berhubungan dengan poin ketombe sebelumnya. Penyebab kulit kepala gatal yang terjadi pada kulit terjadi karena iritasi yang  terdapat pada wig. Selain itu, kulit kepala dan rabut yang sebelumnya tidak pernah dicuci pun bisa menjadi penyebab lainnya. Padahal kita tahu bahwa kesehatan rambut dan kulit kepala harus dijaga dengan baik.

  • Rambut Kering

Efek lainnya adalah rambut bisa mengalami kekeringan. Tidak jauh beda dengan poin-poin sebelumnya bahwa akibat rambut dan kulit kepala kurang mendapatkan sirkulasi udara, maka kesehatan rambut pun bisa menjadi korbannya. Salah satunya adalah rambut mengalami kekeringan. Jika keadaan tersebut terus-menerus dipaksakan, maka bukan tidak mungkin rambut akan mengalami kerontokan.

  • Pertumbuhan Rambut Menjadi Lebih Terhambat

Ternyata penggunaan wig yang terus-menerus dilakukan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih berkurang. Hal ini juga akibat dar sirkulasi udara yang tidak sempurna ditambah dengan kulit kepala yang jarang terkena sinar matahari langsung. Perlu kamu ketahui bahwa sinar matahari pada saat matahari baru muncul dapat memberikan manfaat yang sangat baik pada pertumbuhan rambut itu sendiri. Perlambatan tumbuhnya rambut akan semakin parah jika Anda juga jarang melakukan perawatan rambut secara berkala. Bukan tidak mungkin rambut akan semakin buruk dikemudian hari jika tidak dicegah.

  • Berkurangnya Minyak Alami Pada Kulit Kepala

Semakin Anda sering menggunakan wig setiap hari, maka produksi minyak rambut alami akan semakin berkurang. Padahal minyak alami pada rambut sangat bermanfaat. Contohnya untuk memberikan kelembaban pada rambut agar rambut tidak kering. Begitu juga pada kulit kepala agar tidka merasakan panas saat sinar matahari datang. Jika minyak alami berkurang, otomatis kelembaban pada rambut akan semakin berkurang. Jika hal ini terus terjadi, rambut akan mudah patah dan rontok.


  • Infeksi

Kejadian seperti ini memang cukup jarang terjadi. Meskipun begitu, infeksi yang terjadi karena wig bukan berarti mustahil. Infeksi bisa terjadi karena wig bekas orang lain, wig tidak pernah dicuci atau menggunakan wig saat kepala Anda terdapat luka. Hal semacam itu bisa membuat kepala Anda akan mengalami infeksi yang cukup parah. Bila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya hentikan penggunaan wig.

  • Kutu Rambut

Selain infeksi yang dapat mengancam kulit kepala dan rambut Anda, kutu rambut bisa menjadi ancaman selanjutnya. Kutu rambut yang terdapat pada wig bisa terjadi karena wig tidka pernah dicuci atau merupakan bekas wig orang lain yang juga mengalami banyak kutu. Meskipun kejadian orang terkena banyak kutu karena penggunaan wig yang tidak higienis, namun hal tersebut bisa terjadi.

Itulah 9 efek saping memakai wig setiap hari yang perlu diwaspadai. pada dasarnya boleh-boleh saja Anda menggunakan wig untuk mempercantik atau memberikan tampilan menarik di depan umum. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah kualitas wig dan lama pemakaian. Pastikan wig benar-benar steril dari orang lain dan anda juga sering melakukan perawatan rambut.  

, , ,