Sponsors Link

Inilah 5 Efek Rambut Bayi Tidak Dicukur yang Wajib Bunda Waspadai

Bayi baru lahir memang akan mendapatkan perhatian khusus dari orang tua. Namun adanya perawatan bayi baru lahir akan menjadi hal serius yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi jika dikaitkan dengan adat atau tradisi suatu daerah. Oleh karena itu mengetahui efek dari rambut bayi tidak dicukur perlu anda ketahui secara jelas. Karena perawatan pada bayi juga akan mempengaruhi kondisi bayi terlebih bayi masih pertahanan tubuhnya masih belum sekuat orang dewasa.

Cukur rambut ini juga sampai saat ini masih melekat di masyarakat Indonesia. Dan bahkan seringkali cukur rambut dikaitkan dengan adat dan budaya dari daerah. Di samping tradisi dari masyarakat sendiri ternyata cukur bayi telah menjadi hal penting. Hal penting dengan alasan apa? Lalu efeknya akan seperti apa jika benar-benar dilakukan. Untuk penjelasannya silahkan simak informasi di bawah ini:

Alasan rambut bayi tidak dicukur

Dalam dunia ini alasan adalah suatu hal yang sangat luas dan terkadang memiliki jangkauan yang tidak bisa dibatasi. Untuk itulah terkadang sebelum melakukan kegiatan anda tentu akan membutuhkan alasan. Tak terkecuali saat rambut bayi tidak tumbuh setelah dicukur. Bila kegiatan ini benar-benar dilaksanakan tentu pertimbangannya pun sudah sangat jelas terjadi. Oleh sebab itu seharusnya masing- masing individu memiliki alasan.

Alasana seperti apa yang akan di paparkan ketika menghadapi berbagai pertanyaan dari orang lain maupun tetanggan inilah juga harus perlu disediakan. Nah, untuk itu saya sudah merangkum beberapa alasan yang seringkali diucapkan saat ada orang menanyakan mengapa bayi harus mengetahui manfaat mencukur rambut bayi:

  1. Rambut bayi tidak dicukur karena ingin rambutnya tumbuh alami saja
  2. Rambut bayi tidak dicukur karena belum diizinkan oleh keluarga
  3. Rambut bayi tidak dicukur karena masih belum waktunya untuk mencukur rambutnya biarkan tumbuh dahulu.

Tiga alasan diatas merupakan alasan yang seringkali muncul walaupun kata-katanya tidak mirip persis namun inti dari pembahasan masih tetap ada. Alasan inilah yang kadang mendasari seseorang untuk tidak mencukur rambut bayinya apalagi yang baru lahir. Tentu bayi baru lahir masih belum disarankan untuk cara cukur rambut bayi yang benar dengan caranya.

Efek rambut bayi tidak dicukur

Adanya masalah rambut bayi yang tidak dicukur memang membawa beberapa efek  tentunya. Namun efek ini juga tetap disesuaikan kondisi dari masing-masing bayinya. Kira-kira pengaruhanya seperti apa ya. Pengaruh atau efek ini akan saya jelaskan sebagai berikut:

  1. Penumpukan lemak di kepala

Bayi ketika lahir memang memiliki fase-fase tertentu. Apalagi sudah memasuki umur 40 hari seharusnya rambut bayi mulai di potong. Hal ini dilakukan karena bila rambut bayi tidak cukur akan menimbulkan adanya noda berupa sisik berlemak yang diakibatkan oleh peningkatan aktivitas kelenjar sebasea.

  1. Rambut rentan akan patah

Selain efek pertama, ternyata jika anda para orangtua tidak mencukur rambut bayi maka rambut bayi akan mengalami efek lainnya. Efek kedua ini adalah rambuut mudah rontok bahkan dapat rontok walau hanya dengan disisir. Sehingga memotong rmabut bayi tidak bisa diabaikan begitu saja

  1. Bayi akan mudah gerah

Bayi akan mengalami beberapa respon pada tubuhnya. Respon ini bisa anda lihat pada tingkah laku dari bayi itu sendiri. Seperti ketika bayi yang sedang menunjukkan rasa gerahnya bisa jadi bayi anda akan menangis. Hal ini disebabakan karena apabila rambuut bayi tidak dicukur maka aka nada penumpukan lemak yang dapat menyumbat pori-pori.

  1. Kemungkinan terjadinya iritasi

Terkadang bila anda tidak melakukan pemotongan atau mencukur rambut bayi dapat menimbulkan iritasi pada bayi. Hal ini terjadi karena ketika rambut tidak dipotong maka pori-pori dikepala akan tersumbat sehingga pori-pori diatas tidak lagi berfungsi dengan baik. Pori-pori yang tersumbat ini dapat menyebabkan bayi merasa gatal dan kemerahan sebab ternyata keringat sulit untuk keluar.

  1. Kulit kepala menjadi sulit dibersihkan

Perawatan bayi itu akan lebih lengkap, perawatan ini meliputi rambut yang di keramasi. Ketika anda mencuci rambut bayi. Perlu anda ketahui bahwa saat anda mencuci rambutnya seharusnya tidak hanya rambutnya namun juga kult kepalanya juga. Karena apabila ada bagian kulit kepala yang tidak dijangkau dapat menimbulkan penumpkam lemak pada kulit yang tidak bersih.

Manfaat mencukur rambut bayi

Bayi yang pernah dicukur rambutnya tentu akan mendapatkan manfaatnya juga dari adanya cara memakai baby oil untuk rambut. Dari dulu masyarakat Indonesia mempercayai akan tradisi ini karena percaya akan nada manfaat dengan mencukur rambut bayi. Namun manfaat inilah kebanyakan orang tidak mengetahuinya secara jelas. Manfaat mencukur rambut bayi yaitu seperti dibawah ini:

  1. Mengatasi gerah pada bayi
  2. Kulit kepala bayi lebih mudah dibersihkan
  3. Rambut akan tumbuh lebih kuat dan tidak mudah rontok
  4. Memudahkan perawatan rambut bayi
  5. Membersihkan zat sisa dari Rahim ibu
  6. Menjaga kesehatan bayi
  7. Menghindari penumpukan lemak

Dari manfaat mencukur rambut bayi itu terlihat bahwa ada banyak manfaat yang bisa diambil. Terlebih jika anda telah memahami efek dari tidak mencukur rambut bayi tentu akan semakin anda mengerti bahwa bayi sangat membutuhkan perawatan khusus. Dari efek dan penjelasan diatas semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan perawatan terbaik bagi bayinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut