Sponsors Link

4 Efek Kapur Sirih Untuk Rambut yang Paling Berbahaya

Rambut merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar penampilan tetap terlihat menarik. Pada dasarnya jika rambut ingin terlihat menarik, orang – orang akan melakukan perawatan terhadap rambutnya seperti di salon ataupun merawatnya sendiri baik secara alami ataupun menggunakan obat – obatan. Pada jaman sekarang orang – orang banyak yang menghalalkan berbagai cara agar rambutnya dapat terlihat menarik secara instant, namun seringnya hal tersebut malah akan memberikan efek buruk terhadap rambut. Penggunaan berbagai macam obat – obatan akan memberi dampak buruk dalam jangka panjang. Penumpukan bahan kimia yang terdapat dalam obat akan menumpuk di kulit kepala dan memiliki efek buruk ketika sudah berlangsung dalam waktu lama. Baca cara merawat rambut dengan santan.

ads

Jika anda beranggapan akan lebih baik memilih perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami maka itu benar, karena pada dasarnya bahan alami tidak mengandung unsur senyawa kimia yang dapat merusak ataupun mengganggu kesehatan kita, namun yang perlu dipahami adalah tidak semua bahan alami cocok untuk digunakan perawatan. Pemilihan bahan alami untuk digunakan dalam perawatan harus benar – benar cocok dengan medianya, yang dimaksud media disini adalah seperti kulit, rambut, atau gigi, dll. Pemanfaatan bahan alami untuk perawatan akan lebih cocok jika kita kita mengetahui kandungan didalamnya apakah nantinya cocok dan tidak membahayakan ketika di aplikasikan terhadap media tersebut.

Kandungan Kapur Sirih 

Sebagai contoh kapur sirih, kapur sirih memiliki kandungan senyawa zat samak, kadinen, karvanol, dan sineol. Bagaimana jika kapur sirih di aplikasikan untuk merawat luka gores yang masih terdapat bagian yang berlendir, tentu tidak cocok karena malah akan membahayakan bagi kulit dan luka kita, meskipun di dalam kapur sirih memiliki kandungan untuk mengeringkan secara cepat, namun kapur sirih justru berbahaya bila digunakan dalam luka gores yang masih berlendir karena kandungan panasnya.

Beda halnya jika yang digunakan untuk merawat luka gores yang masih berlendir adalah bahan alami lainya, yaitu semisal sebagai contoh adalah getah daun benahong. Terbukti dari salah satu contoh diatas adalah kita perlu mempertimbangkan penggunaan bahan – bahan alami untuk tubuh kita, tergantung dari apa yang diderita dan dibutuhkan. Baca masker rambut untuk rambut berminyak.

Efek Kapur Sirih Untuk Rambut

Pada akhir – akhir ini banyak terdengar bahwa kapur sirih dapat digunakan untuk meluruskan rambut, sehingga banyak orang – orang yang beralih menjadikan kapur sirih sebagai obat mujarab untuk meluruskan. Penggunaan bahan kapur sirih terbukti dapat meluruskan rambut bahkan jika rambut tersebut adalah tipe keriting karena bawaan dari gen sejak lahir, akpur sihir dapat menyulapnya menjadi lurus.

Banyak diantara orang – orang yang menggunakan kapur sirih sebagai pelurus rambut yang tidak mengetahui efek kapur sirih untuk rambut. Memang tidak terlihat secara langsung ketika pemakaian pertama, tapi akan dirasakan ketika pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

  • Mengakibatkan kulit kepala menjadi iritasi

Kapur sirih digunakan untuk hair mask dengan cara mencampur kapur sirih dengan air. Ketika penggunaan hair mask itu dioleskan ke rambut, otomatis pasti ada beberapa tetes yang mengenai kulit kepala, hal tersebut akan menyebabkan panas dan perih pada kulit kepala, hal tersebut akan membuat iritasi kulit kepala jika sering terjadi.

  • Mengakibatkan rambut mudah rontok

Efek dari kapur sirih untuk rambut yang lain adalah menyebabkan rambut mudah rontok, hal tersebut dikarenakan kapur sirih memiliki kandungan zat samak. Apakah anda pernah mendengar bahwa jika orang yang menjual kulit sapi yang akan diolah menjadi kerupuk kulit sebelumnya kulit yang masih dilengkapi dengan bulu – bulu akan direndam terlebih dahulu sabelum dijadikan untuk kerupuk, istilahnya adalah kapur sirih digunakan sebagai perontok bulu – bulu yang menempel di kulit sapi. Hal ini berlaku sama jika diaplikasikan terhadap rambut kita, hanya saja kita tidak merendam rambut kita ke dalam air kapur sirih, hanya dioleskan saja, meskipun begitu efek yang didapatkan jika pemakaian dilakukan terlalu sering. Baca cara mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Sponsors Link

  • Mengakibatkan rambut bercabang

Kapur sirih memberi efek panas terhadap media yang diolesi. Jika pemakaian hair mask ini tidak terlalu sering mungkin masih bisa dikatakan aman, namun jika anda terlalu sering memakainya maka tidak menjamin bahwa rambut anda tidak cepat bercabang, bayangkan saja jika rambut anda terlalu sering mendapatkan efek panas, maka rambut tidak akan bertahan lama dan pada akhirnya rambut tersebut akan bercabang, sepeti halnya dengan pemakaian ion atau rebonding pada rambut, dalam jangka waktu yang lama rambut akan menjadi bercabang. Baca cara tradisional merawat rambut bercabang.

  • Mengakibatkan rambut menjadi rapuh

Rambut rapuh itu seperti apa sih, rambut rapuh adalah rambut yang mudah sekali patah, jika kita menarik satu helai secara perlahan saja, rambut akan patah. Dengan pemakaian hair mask yang terbuat dari kapur sirih akan membuat rambut menjadi rapuh karena efek panas tadi, tentunya resiko ini akan muncul ketika pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Dapat disimpulkan bahwa efek-efek akibat hair mask yang terbuat dari kapur sirih akan muncul ketika pemakaian terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama. Akan lebih baik jika anda menggunakan sesekali saja dan yang perlu diingat bahwa sebaiknya anda mensyukuri jenis rambut yang sudah kalian miliki. Baca juga cara meluruskan rambut dengan kulit semangka.

, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut