Sponsors Link

4 Takar Dosis Biotin Yang Tepat Untuk Rambut Rontok Sesuai Umur Penggunanya

Masalah rambut yang mudah rontok dan menjadi tipis menjadikan penampilan seseorang menjadi tidak percaya diri. Tidak hanya itu, rambut rontok menyebabkan terganggunya penampilan karena berserakannya rambut di baju kita. Sehingga rambut menjadi terlihat tidak sehat. Salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu biotin. Biotin merupakan vitamin B kompleks yang biasa disebut sebagai vitamin B7 yang memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku.

Biotin banyak ditemukan pada makanan-makanan jenis kacang-kacangan, kuning telur, ikan, roti gandum utuh, keju, alpukat, rasberry dan kembang kol. Biotin memiliki peran dalam pembentukan sel. Di dalam tubuh biotin akan bereaksi dengan enzim dan membentuk suatu asam amino pembentuk protein. Sedangkan rambut sendiri terbentuk karena adanya protein keratin. Sehingga dengan mengonsumsi suplemen biotin ini dipercaya mampu mengatasi kerontokan rambut.

Dosis yang disarankan untuk dikonsumsi belumlah ada batas yang standar. karena menurut penelitian, belum pernah ditemukan adanya seseorang yang kekurangan biotin ini. Namun, berdasarkan pengalaman para ahli gizi yang meneliti bidang biotin ini, dosis biotin yang tepat untuk rambut rontok dapat tergantung dari jenis kelamin, usia dan keadaan kesehatan secara keseluruhannya. Dosis biotin yang tepat untuk rambut rontok yaitu:

  • Untuk usia 10 tahun atau lebih, dapat mengonsumsi biotin sebanyak 30-100 mikrogram (mcg) per hari.
  • Untuk usia 7-10 tahun, dapat mengonsumsi biotin sebanyak 30 mcg per hari.
  • Untuk usia 4-6 tahun, dapat mengonsumsi biotin sebanyak 25 mcg per hari.
  • Untuk usia 0-3 tahun, dapat mengonsumsi biotin sebanyak 10-20 mcg per hari.

Khasiat biotin untuk rambut selain dapat mengatasi kerontokan rambut ini juga dapat membuat rambut menjadi lebih indah, mempercepat regenerasi rambut sehingga rambut cepat panjang, meningkatkan volume rambut sehingga rambut tebal, menjaga rambut tetap berkilau, mengobati kulit kepala yang bermasalah karena kerontokan rambut, memperbaiki rambut kering dengan melembabkan rambut, melindungi rambut dari paparan sinar matahari,

Rambut dapat mengalami masalah rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab rambut sering rontok sebagian besar disebabkan oleh stress karena banyaknya tuntutan dalam hidup yang dirasakan. Sehingga kepala menjadi terlalu panas, akibatnya rambut menjadi rontok. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan sepele yang tidak sengaja kita lakukan yang dapat membuat rambut rontok. Misalnya mengikat rambut terlalu kencang, meluruskan rambut sebagai akibat terkena obat pelurus rambut, rambut rontok setelah disemir dan rambut rontok setelah kemoterapi.

Cara mengatasi rambut rontok tidak hanya dapat menggunakan biotin sebagai suplemen kesehatan rambut, namun juga dapat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya kalian keramas dengan air kelapa. Manfaat keramas dengan air kelapa ini dapat mengurangi masalah rambut rontok kalian. Selain itu, menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat dapat mengurangi dan mencegah rambut rontok.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut