Sponsors Link

Benarkah Cukur Botak dapat Meluruskan Rambut? Mitos atau Fakta?

Keindahan rambut merupakan sebuah keinginan hampir setiap orang di dunia. Baik pria maupun wanita menginginkan keindahan rambut dan juga perawatan rambut yang baik. Maka dari itu, sebagian orang lebih memilih melakukan perawatan rambut di salon. Ada juga beberapa orang yang meyakini bahwa rambut dapat tumbuh lebih baik dengan melakukan cukur rambut sampai botak. Sampai saat ini masih ada yang memercayai hal tersebut. Meskipun begitu apakah cukur rambut sampai botak dapat membuat rambut lurus merupakan mitos ataukah dapat dibuktikan secara ilmiah?

  • Penjelasan Mengenai Bentuk Rambut

Rambut lurus, keriting, tipis, tebal dan lain-lain merupakan bentuk-bentuk rambut yang dipengaruhi oleh struktur anatomi rambut seseorang. Pada dasarnya seseorang yang memiliki rambut lurus memiliki struktur rambut yang berbentuk bulat. Apabila struktur rambut semakin lonjong, maka bentuk rambut pun akan semakin berubah menjadi lebih keriting dari biasanya. Perubahan struktur rambut sendiri sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Artinya gen orang tua sangat berpengaruh terhadap jenis rambut anaknya. Jika orang tua memiliki riwayat rambut keriting, maka anaknya pun kemungkinan besar memiliki rambut keriting seperti orang tuanya.

  • Perubahan Bentuk Rambut

Pastinya banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa saat kecil rambutnya keriting namun saat dewasa rambutnya berubah menjadi lurus? Mengenai hal itu, para ahli menjelaskan bahwa selama manusia masih hidup, mereka akan selalu mengalami berbagai perubahan ketika menjelang lima hingga tujuh tahun. Perubahan tersebut juga dianggap sangat wajar. Perubahan rambut yang terjadi di kepala manusia memiliki berbagai macam faktor. faktor tersebut antara lain:

1. Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan yang pernah kita konsumsi ternyata berpengaruh juga terhadap perkembangan rambut Anda. Meskipun obat-obatan tersebut dikonsumsi karena faktor sakit, vitamin, dan lain sebagainya, tetap dapat memengaruhi sistem yang terdapat pada rambut. obat-obatan di sini tidak hanya karena dari sisi dalam, dari faktor luar pun juga bisa berpengaruh seperti obat ketombe, obat penumbuh rambut, obat pelurus rambut, dan lain-lain.

2. Stress

Stress, apalagi jika stres yang dialami berkepanjangan juga dapat memengaruhi perubahan bentuk rambut. Jika pada kondisi normal rambut tampak sehat, segar, dan menawan, maka pada saat stress melanda, rambut menjadi lebih kusam, kusut, tidak segar, bahkan bisa menjadi penyebab rambut sering rontok.

3. Adanya Penyakit Tertentu

Pada kasus-kasus tertentu, perubahan rambut juga dipengaruhi oleh adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Hal ini juga kembali lagi ke poin pertama mengenai obat-obatan. Beberapa penyakit tertentu ternyata dapat memengaruhi perubahan bentuk rambut.

4. Pengaruh Hormon

Pengaruh hormon juga sangat berpengaruh terhadap perubahan bentuk rambut. manusia. Ini jugalah yang memengaruhi perbedaan bentuk rambut saat masih kecil, remaja, hingga dewasa. Perubahan hormon ini termasuk masih dalam tahap wajar dan hal yang lumrah terjadi pada diri manusia.

5. Pascakemoterapi

Buat beberapa orang yang melakukan kemoterapi, maka rambut akan menjadi “korban” yang pertama dialami oleh tubuh manusia. Rambut rontok setelah Kemoterapi juga merupakan salah satu akibat dari proses kemoterapi. Maka dari itu,  kalaupun rambutnya tumbuh, maka rambutnya akan mudah rontok dan itu juga berpengaruh besar pada pertumbuhan rambutnya.

6. Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Siapa yang menyangka jika penggunaan produk perawatan rambut juga dapat berpengaruh pada bentuk rambut. penggunaan shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut dapat memberikan pengaruh buruk pada pertumbuhan rambut itu sendiri.

  • Kepercayaan Cukur Botak Dapat Meluruskan Rambut

Nah, kembali lagi mengenai kepercayaan cukur botak dapat meluruskan rambut, faktanya hal itu tidak memengaruhi perubahan bentuk rambut. Sebab, mencukur habis rambut tidak mempengaruhi jenis folikEl rambut. seperti yang sudah dijelaskan di awal, yakni sel-sel didalam tubuhlah yang dapat memengaruhi kualitas rambut manusia. Jika kamu memiliki rambut keriting lalu mencukurnya hingga botak, maka saat rambut baru tumbuh, jenis rambut tetap keriting. Maka dari itu, bisa kita simpulkan bahwa mencukur rambut hingga botak dapat meluruskan rambut merupakan mitos belaka.

  • Perawatan Rambut yang Baik

Setelah mengetahui penjelasannya di atas, maka kita tidak perlu mempertanyakan kembali mengenai hal tersebut masih mitos atau fakta. Sebetulnya, jika Anda menginginkan rambut dapat lurus sesuai dengan keinginan, Anda dapat berbagai perawatan rambut dengan baik. Akan tetapi perawatan rambut yang dilakukan harus bertahap dan tidak bisa berubah sekaligus. Cara merawat rambut yang baik agar sesuai dengan keinginan adalah sebagai berikut.

  • Gunakan Obat-obatan Sesuai Resep Dokter

Anda boleh-boleh saja menggunakan obat-obatan seperti obat pelurus rambut dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. Dengan penggunaan obat yang teratur Anda bisa mendapatkan kualitas rambut yang sesuai dengan keinginan.

  • Perbanyak Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi juga dapat memengaruhi kualitas rambut Anda. Usahakan perbanyaklah sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut dapat memberikan gizi yang cukup pada tubuh serta rambut Anda.

  • Gunakan Produk Perawatan Rambut Sesuai Dengan Jenis Rambut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut dapat berpengaruh terhadap kualitas rambut itu sendiri. Contohnya saja shampo untuk menipiskan rambut, shampo untuk menghitamkan rambut, shampo untuk rambut bercabang, dan lain-lain. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda serta menjadi salah satu referensi terpercaya untuk semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Rambut