Sponsors Link

15 Ciri-Ciri Smoothing Gagal Beserta Pantangannya

Merubah penampilan merupakan cara yang tepat apabila dirasa bosan dengan style rambut sebelumnya. Ataupun ingin mengikuti trend style rambut masa kiniuntuk memberikan kesan keren di kalangan sekitar. Tidak ada yang salah dengan mengganti style rambut, salah satunya dengan cara meluruskan rambut dengan smoothing. Hampir sama dengan rebounding, perbedaannya terletak pada jenis bahan pelurus rambut yang digunakan. Smoothing lebih bersifat sementara dibanding dengan rebounding yang akan lebih permanent. Tidak betah dengan rambut ikal atau bergelombang merupakan salah satu faktor mengganti gaya rambut. Smoothing yang dilakukan paling lama akan bertahan selama 5-6 bulan setelah proses smoothing dilakukan. Dalam hasil yang dimiliki di akhir proses smoothing tidak semuanya lancar dan tidak semua sesuai dengan apa yang diinginkan untuk ciri-ciri rambut mati. Ada beberapa ciri-ciri smoothing yang gagal dilakukan, pasti ada faktor-faktor lain yang menyebabkan kenapa smooting tidak menghasilkan sesuai dengan keinginan. Artikel ini akan menjelaskan tentang ciri-ciri smothing gagal yang berlum anda ketahui.

ads
  1. Rambut akan terlihat mengembang

Apabila hasil smoothing rambut anda masih terlihat mengembang mungkin stylist yang mengaplikasikan kurang memberikan cream pelurusan sehingga hasilnya obat yang terdapat dalam cream tidak bekerja maksimal. Atau bisa juga disebabkan karena peralatan yang digunakan saat smoothing tidak memiliki kualitas yang bagus atau kurang memadai seperti catok misalnya. Cream pelurus yang digunakan juga harus sesuai dengan kondisi rambut anda agar dapat menghasilkan rambut lurus sesuai dengan apa yang diinginkan. Solusi yang dapat disarankan adalah dengan cara meluruskan kembali rambut anda dengan memilih salon yang lebih kompeten.

  1. Rambut menjadi rontok dan patah-patah

hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang dilakukan pada saat smoothing, salah satunya adalah dengan terlalu banyak melakukan aplikasi di bagian pangkal rambut yang membuat rambut rapuh lalu terjadi kerontokan, sehingga harus mengerti cara mencegah kebotakan. Bisa juga dikarenakan catok yang digunakan terlalu panas dan terlalu banyak diaplikasikan pada pangkal rambut, serta penggunaan cream yang digunakan terlalu kuat dan tidak sesuai dengan kondisi rambut anda dan mengakibatkan rambut anda tidak kuat untuk menerima bahan yang terlalu kuat dan merusak rambut dan merupakan tips rambut botak bisa tumbuh lagi. Solusi dari masalah rambut tersebut adalah dengan cara treatment rambut seperti hair spa menggunakan hair tonic.

  1. Rambut terlihat kering, rusak dan pecah-pecah

Hal ini bisa terjadi karena catok yang digunakan terlalu panas dan cream yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi rambut anda dan rambut mengalami penuaan. Terlebih apabila rambut anda sudah pernah diluruskan lalu melakukan pelurusan rambut kembali, hal itu akan membuat rambut anda terlalu banyak terkena bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut seperti yang sudah dijelaskan diatas. Solusi yang dapat diberikan atas masalah rambut diatas adalah treatment rambut seperti hair mask, lakukan paling tidak seminggu dalam sebulan secara rutin, setelahnya dapat dilakukan lebih jarang lagi paling tidak 2 kali dalam sebulan. Dapat juga dibantu dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut anda.

  1. Rambut kembali keriting setelah diluruskan

Rambut kembali keriting setelah smoothing dapat disebabkan oleh karena anda mencuci rambut sebelum 48 jam setelah proses smoothing. Hal ini sangat mempengaruhi karena dalam 48 jam pertama obat pelurus rambut sedang bekerja dan apabila dikeramas akan membuat rambut keriting kembali. Bisa juga karena stylist yang membantu proses smoothing dan salah memprediksikan dan mendiagnosa untuk mengaplikasikan bahan smoothing rambut anda. Solusi paling tepat untuk hal ini adalah paling tidak menunggu sampai seminggu untuk melakukan pelurusan rambut kembali.

Hal-hal yang harus dihindari setelah smoothing

  • Hindari penumpukan obat yang dilakukan saat pengolesan obat smoothing yang membuat rambut anda putus terutama pada bagian akar.
  • Hindari pengulangan menggunakan obat karena rambut akan menjadi kering dan mudah putus.
  • Hindari untuk mencampur merk-merk pelurus rambut karena bahan yang terkandung akan membuat rambut semakin rusak karena kandungannya sudah tidak sesuai pembuatan.
  • Hindari obat-obatan yang digunakan terkena kulit kepala anda.
  • Jangan terlalu sering disisir agar tidak banyak rambut yang rontok dalam proses pengobatan.
  • Jangan menggunakan obat yang tidak sesuai dengan kondisi rambut anda.
  • Proses pengerjaan dalam memberikan obat harus diberikan dengan cepat, jangan ditunda terlalu lama agar tidak terjadi pengeringan di rambut dan akan berdampak berbahaya bagi kesehatan rambut.
  • Proses pemberian obat paling tidak 15-20 menit setelah dioleskan ke rambut anda.
  • Jangan menggosok rambut ketika rambut sedang dicuci dengan air hangat.
  • Jangan mencatok rambut dengan temperatur diatas 180 derajat.
  • Hindari untuk mencatok rambut berulang-ulang untuk menghindari masalah rambut.

Itulah penjelasan tentang bagaimana ciri-ciri smoothing yang gagal, pasti memikir apakah sudah sesuai prosedur yang telah ditentukan atau belum. Sebelum memulai smoothing pastikan juga beberapa faktor yang akan menjadi penghambat dari hasil dari smoothing yang akan dilakukan agar biaya dan waktu yang diberikan untuk smoothing rambut tidak sia-sia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut