Sponsors Link

11 Ciri-Ciri Rambut Rusak Parah dan Cara Mengatasinya

Permasalahan rambut yang tidak segera diobati akan mendatangkan permasalahan rambut yang lainnya. Dimana berikutnya, permasalahan rambut akan terakumulasi dan rambut menjadi rusak. Seperti contoh: rambut berminyak. Ketika rambut berminyak tidak ditangani dengan segera, bisa jadi akan muncul permasalahan rambut baru lainnya seperti rambut berketombe, rontok, kusam yang nantinya akan terakumulasi sehingga dapat merusak rambut. Rambut yang rusak bisa jadi sementara, namun ada pula yang permanen. Lalu bagaimana solusi mengobati permasalahan rambut yang rusak seperti ini? Sembari mengetahui ciri-ciri rambut rusak parah, di bawah ini adalah cara mengatasi rambut yang rusak parah:

ads

1. Rambut memiliki struktur yang tidak rata

Rambut yang rusak pasti memiliki struktur rambut yang bisa dikatakan ‘amburadul’. Rambut yang rusak parah pastinya telah merusak rambut dari dalam, dengan mengambil nutrisi rambut, menghambat pertumbuhan rambut, menghambat produksi minyak dan vitamin rambut dan lain sebagainya. Ketika rambut telah rusak dari dalam, tentunya juga akan terlihat kerusakannya dari bentuk fisik (bagian luar rambut). Seperti misalnya, rambut tiba-tiba menjadi ikal (dari yang awalnya lurus), menjadi lebih kering dan lain sebagainya.

Anda dapat memperbaiki struktur tidak merata pada masalah rambut dengan mulai menutrisi rambut dari dalam terlebih dahulu. Yakni dengan memberikan vitamin rambut dan asupan yang cukup untuk rambut agar dapat tumbuh kuat dan sehat. Untuk pengobatan dari luar, Anda dapat melakukannya dengan sering menggunakan masker rambut alami (yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya) dan menghindari penggunaan alat pemanas rambut (seperti hair dryer, blower, catok, dan lain sebagainya) yang dapat merusak rambut lebih parah.

2. Rambut seperti bercabang

Ada beberapa tanda dari ciri-ciri rambut rusak parah, dan salah satunya ialah munculnya atau terdapatnya penyebab rambut bercabang. Rambut bercabang adalah sebenarnya merupakan folikel rambut mati yang tidak bisa tumbuh lagi. Sehingga akan ada rambut baru yang akan tumbuh menggantikannya, itulah mengapa terlihat seperti bercabang. Namun jangan berpikir bahwa masalah ini sepele.

Hindari pemakaian alat pemanas rambut untuk sementara. Gunakan shampoo yang sesuai untuk rambut kering, rusak dan bercabang. Penggunaan shampo yang cocok akan membantu mengatasi permasalahan rambut Anda secara khusus. Cobalah memotong rambut setiap kali tumbuh rambut yang bercabang. Membiarkan rambut bercabang akan memperhambat pertumbuhan rambut yang lainnya. Ubah gaya rambut yang sesuai dan sering merawat rambut Anda baik dengan melakukan terapi sendiri di rumah maupun dengan pergi ke salon atau tempat perawatan rambut.

3. Rambut menjadi kering

Rambut yang kering menandakan bahwa rambut Anda juga telah rusak parah. Rambut kering menunjukkan bahwa hormon produksi minyak pada rambut sedang tidak bekerja secara optimal. Hormon tidak bekerja seperti biasanya, sehingga rambut kekurangan kadar minyak. Hal itulah yang menyebabkan rambut menjadi kering. Pada dasarnya, penyebab dari rambut kering ini sendiri terdapat berbagai macam.

Luangkan banyak waktu untuk memberikan rambut nutrisi yang cukup. Seperti memberi minyak rambut dan memijat-mijat kulit kepala secara perlahan. Minyak rambut bisa menjadi pelumas rambut kering Anda. Untuk menghindari permasalahan rambut kering seperti ini, hindari kontak panas langsung dengan rambut dan gunakan alat pelindung atau penutup rambut ketika berada di luar ruangan. Hal ini akan melindungi wilayah rambut Anda dari berbagai kontaminan seperti debu, udara kotor, polusi dan seterusnya.

Sponsors Link

4. Rambut memiliki struktur yang kasar

Tidak hanya struktur rambut yang tidak rata, cara mengatasi rambut kering dan juga kasar bisa menjadi sebuah tanda bahwa rambut Anda telah rusak parah. Gunakan conditioner setiap kali selesai keramas. Menggunakan conditioner akan melembutkan folikel rambut Anda. Conditioner tidak bisa digunakan pada kulit kepala. Penggunaan conditioner pada kulit kepala akan mengakibatkan daerah rambut menjadi rusak. Oleh karena itu, cukup oleskan saja conditioner pada daerah rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut secara merata pada saat rambut masih basah.

5. Rambut memiliki warna kusam dan memerah

Terpapar pada sinar terik matahari tidak hanya mengakibatkan rambut menjadi cara merawat rambut kering dan mengembang, namun juga berwarna kusam dan bahkan berwarna merah. Jika perlu, gunakan pula krim pelindung panas untuk rambut sehingga rambut Anda akan terlindungi dari sinar terik matahari untuk sementara. Anda juga dapat mengembalikan rambut normal Anda dengan sering menggunakan masker rambut alami secara rutin. Masker rambut alami ini dapat menghilangkan rambut Anda yang berwarna kusam dan mengembalikan rambut Anda pada kondisi yang semula. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat masker rambut alami: alpukat, minyak zaitun, mentega, telur dan lainnya.

ads

6. Rambut menyatu (menggumpal)

Rambut yang berminyak juga memiliki tanda-tanda rambut yang menggumpal atau menyatu menjadi satu. Kandungan minyak berlebih pada rambut boleh jadi menyebabkan folikel – folikel rambut antara satu perawatan rambut sebelum dicatok dengan yang lainnya saling menyatu dan menempel. Atau Anda juga dapat menggunakan baby powder atau dry shampoo untuk dioleskan pada rambut agar kandungan minyak pada rambut berkurang. Daripada harus bolak-balik kamar mandi dan keramas menggunakan shampoo dan air, Anda cukup menggunakan dry shampoo atau baby powder pada rambut. Berikutnya, rambut Anda tidak akan terlihat sangat berminyak dan menjadi lebih mudah ditata daripada sebelumnya.

7. Rambut cenderung mengkilap

Setiap orang mungkin memang menginginkan rambut yang mengkilap dan berkilau. Tetapi bagaimana jika yang mengkilap adalah bagian minyaknya? Justru menjadi menjijikkan, bukan? Anda harus keramas dengan rutin dan secara teratur. Minyak berlebih pada rambut justru membutuhkan air (kekurangan air), sehingga keramas akan mengurangi kadar minyak pada rambut. Cuci rambut Anda secara teratur kurang lebih dua hari sekali. Namun jika Anda mempunyai jadwal kegiatan/aktifitas di luar yang banyak, Anda dapat mencuci rambut Anda lebih sering. Namun Anda juga harus memperhatikan kuantitas atau rutinitas keramas pula, dimana tidak boleh terlalu sering dan juga tidak jarang. Keramas dengan terlalu sering (misal setiap kali mandi) akan menyebabkan baha-bahan kimia pada shampoo terakumulasi pada rambut dan menyebabkan kerusakan rambut.

Hal ini juga menyebabkan kerusakan rambut dan menjadi penyebab kulit kepala serta rambut menjadi berminyak. Dan masih banyak lagi ciri-ciri rambut rusak parah:

1. Rambut sering rontok.

2. Rambut sering kusut dan susah disisir.

3. Rambut sering berketombe.

4. Rambut lebih keriting.

Demikian itulah beberapa ulasan tentang ciri-ciri dari rambut rusak yang sangat parah yang dengan lengkap juga ada cara mengatasinya dengan mudah untuk diikutin.

, ,




Oleh :
Kategori : Perawatan Rambut