Sponsors Link

Inilah 6 Ciri-Ciri Alergi Cat Rambut yang Wajib Anda Waspadai

Bagi setiap orang menjaga penampilan merupakan suatu hal yang penting. Salah satu penampilan yang harus dijaga adalah rambut. Karena rambut dapat menunjang penampilan kita. Untuk itu banyak orang mengubah gaya rambut mereka demi mendapatkan penampilan sempurna yang mereka inginkan. Salah satu gaya rambut yang populer saat ini adalah dengan mengubah warna rambut. Bagi beberapa orang dengan mengubah warna rambut mereka akan lebih cantik atau tampan.

ads

Mengubah warna rambut juga bertujuan untuk memberikan kesan fresh dan tidak monoton pada setiap gaya rambut kita shampo bayi untuk rambut berminyak. Perubahan warna rambut bisa dilakukan menggunakan semir rambut. Banyak produk semir rambut yang dijual bebas di pasaran dan banyak pilihan warna sesuai yang kita inginkan. Namun penggunaan semir rambut sendiri harus diwaspadai karena tak jarang kulit rambut kita tidak cocok dengan produk cat rambut tersebut.

Ciri ciri alergi cat rambut

Cat rambut kebanyakan mengandung bahan kimia sedangkan kulit kita belum tentu dapat menerima bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut tersebut sehingga kulit kepala kita dapat terjadi iritasi bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk itu sebelum menggunakan cat rambut sebaiknya pilih cat rambut yang lebih aman untuk digunakan pada jenis kulit kita.

Perlu bagi kita untuk mengaplikasikan sedikit cat rambut pada belakang telinga kita dan biarkan selama 3 hari untuk mengetahui reaksinya. Apabila terjadi reaksi alergi sebaiknya jangan gunakan cat rambut tersebut khasiat daun bayam untuk rambut. Untuk mengetahui ciri reaksi alergi akibat cat rambut antara lain sebagai berikut:

1. Kulit kemerahan

Reaksi yang mungkin terjadi dalam waktu singkat adalah kulit kemerahan. Kondisi ini dikarenakan zat kimia yang ada dalam pewarna rambut tidak cocok dengan kulit kepala kita sehingga pada 1-6 jam pertama akan muncul kemerahan pada kulit. Yang mana hal ini merupakan ciri ciri kita alergi terhadap cat rambut yang dipakai.

2. Kulit gatal

Selain kulit kemerahan, reaksi awal yang lain yang dapat muncul adalah kulit terasa gatal. Kulit kemerahan yang disebabkan karena alergi juga dapat menimbulkan efek gatal pada area kemerahan. Hal ini juga menandakan bahwa terjadi ciri alergi yang kita alami akibat memakai cat rambut yang tidak cocok pada kulit kepala kita.

3. Bengkak

Untuk ciri selanjutnya yang dapat terjadi adalah bengkak pada area disekitar kulit kepala bahkan wajah cara mewarnai rambut dengan jeruk nipis. Hal ini disebabkan karena zat kimia yang ada pada cat rambut sudah menyebar ke jaringan kulit sedangkan tubuh kita melawan zat kimia tersebut secara alami sehingga akan menyebabkan bengkak pada area kepala. Jika hal ini tidak kunjung membaik dalam beberapa jam sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat.

4. Melepuh atau mengelupas

Jika kulit sudah ke tahap mengelupas atau melepuh, tanda terjadinya alergi sudah benar benar parah dan harus segera ditangani dokter. Kondisi ini juga menyebabkan kulit kepala terasa seperti terbakar. Dan zat kimia yang terkandung dalam cat rambut merupakan zat yang tergolong keras atau kulit kepala kita memang sensitif terhadap kandungan tertentu yang ada dalam cat rambut tersebut khasiat minyak firdaus untuk rambut.

5. Dermatitis

Dermatitis merupakan peradangan kulit yang disertai ruam dan kemerahan pada kulit. Dan dermatitis bisa terjadi salah satunya dikarenakan tidak cocok terhadap suatu produk tertentu antara lain adalah cat rambut. Cat rambut yang tidak cocok pada kulit kepala kita akan menyebabkan dermatitis ini, dan kulit kita akan terhilat ruam dan kemerahan yang merupakan tanda adanya dermatitis karena alergi cat rambut.

Sponsors Link

6. Demam dan sulit bernapas

Jika kita sudah mengalami demam atau sesak dan sulit bernapas setelah menggunakan cat rambut tandanya kita sudah mengalami alergi yang cukup parah dan segera memerlukan penanganan dokter. Karena apabila hal ini sudah terjadi penyebaran zat kimia sudah menyebar ke jaringan tubuh lainnya sehingga menyebabkan reaksi alergi seperti ini kondisioner untuk rambut berminyak. Penanganan yang harus segera dilakukan adalah menghentikan pemakaian dan segera periksakan diri ke dokter.

Oleh karena beberapa ciri terjadinya alergi karena pemakaian cat rambut yang telah disebutkan diatas. Perlu kita mewaspadai penggunaan produk cat rambut. Dan sebaiknya apabila kita ingin mewarnai rambut kita sendiri harus memperhatikan produk cat rambut serta kandungan didalamnya agar aman untuk kita gunakan. Dan segera periksakan diri apabila terjadi salah satu ciri seperti yang sudah disebutkan untuk menghindari reaksi alergi yang lebih parah lagi. Pentingnya kita untuk mencoba produk cat rambut terlebih dahulu sebelum digunakan adalah untuk mencegah alergi akibat pemakaian cat rambut.

Mencoba produk cat rambut dapat dilakukan dengan cara mengaplikasikan sedikit produk cat rambut ke belakang telinga kita dan tunggu reaksi selama 3 hari untuk mengetahui apakah produk tersebut aman. Apabila dalam 3 hari kita tidak terjadi reaksi apapun kita bisa menggunakan produk cat rambut untuk mewarnai rambut kita. Sedangkan apabila dalam 3 hari tersebut terjadi salah satu ciri yang telah disebutkan jangan lanjutkan penggunaan untuk rambut dan kulit kepala. Sekian dan semoga bermanfaat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut